Apa Itu Agnostik dan Atheis? Mari Mengenal Istilah dan Perbedaannya

0
322

Penulis: Brigitta | Editor: Agnes

Tahukah Ladies tentang perbedaan agnostik dan atheis? Kata atheis dan agnostik menimbulkan berbagai persepsi dan arti yang berbeda. Saat ini banyak orang mengaku bahwa dirinya agnostik dan menolak label atheis, meskipun secara praktik keseharian berbeda. 

Sebagai tambahan, ada kesalahpahaman bahwa agnostik dianggap lebih rasional sementara atheis lebih dogmatik. Ada juga yang beranggapan keduanya tidak dapat dibedakan kecuali pada praktiknya. Nah, bagi Ladies yang ingin tahu perbedaan atheis dan agnostik, keep scroll sampai habis ya. 

Apa itu Atheis?

perbedaan atheis dan agonstik

Atheis adalah orang yang tidak percaya dengan Tuhan atau dewa manapun. Atheisme memiliki beberapa arti yaitu:

  • kurang percayanya akan keberadaan Tuhan
  • tidak adanya kepercayaan akan Tuhan
  • ketidakpercayaan akan Tuhan
  • tidak percaya kepada Tuhan.

 Inilah konsep sederhananya, namun seringkali disalahpahami. Menjadi seorang atheis tidak membutuhkan aktivitas atau bahkan kesadaran bahwa dirinya tergabung dalam atheisme.

Atheis sendiri terbagi menjadi dua bentuk, yaitu atheis gnostik dan atheis agnostik. Atheis gnostik adalah pandangan bahwa Tuhan itu tidak ada yang dapat dibuktikan secara ilmiah. Sementara atheis agnostik adalah pandangan yang menolak keberadaan Tuhan, namun tidak dapat membuktikannya secara ilmiah.

Apa itu Agnostik?

perbedaan atheis dan agonstik

Agnostik berasal dari kata Yunani yaitu a yang berarti ‘tidak’ dan gnostik yang berarti ‘mengetahui atau pengetahuan’. Secara umum dapat diartikan bahwa agnostik adalah pandangan yang menunjukkan bahwa keberadaan Tuhan itu tidak dapat diketahui. 

Para penganut agnostik masih mempercayai kekuatan besar yang melebihi manusia. Sehingga agnostik akan mempercayai dan mengetahui keberadaan Tuhan dengan pasti jika dapat dibuktikan secara ilmiah. 

Perbedaan Agnostik dan Atheis

perbedaan atheis dan agonstik

Atheisme dan agnostik sama-sama mempertanyakan keberadaan Tuhan. Perbedaannya adalah dalam atheisme, muncul pertanyaan “apakah seseorang percaya atau tidak percaya.” Sementara itu dalam agnostik muncul pertanyaan “apakah seseorang itu tahu atau tidak tahu Tuhan itu ada?” 

Ada cara mudah untuk mengetahui apakah kita agnostik atau bukan. Apakah kita tahu dengan pasti Tuhan itu ada? Jika jawabannya iya, namun kita menyangkal adanya Tuhan, maka kita bukanlah agnostik, tetapi seorang atheis.

Sementara itu, jika kita mengakui ada kekuatan besar di luar kehendak manusia, namun tidak tahu keberadaan Tuhan di mana, maka disebut sebagai agnostik. Bagi kaum agnostik, keberadaan Tuhan harus dibuktikan secara ilmiah. 

Demikian Ladies, penjelasan tentang perbedaan agnostik dengan atheis. Semoga bermanfaat penjelasan Ladies Corner kali ini bermanfaat, ya.

Baca Juga:

Ingin Dimudahkan dalam Berkarir? Berikut Kumpulan Doa Meminta Rezeki

Kumpulan Doa Meminta Keselamatan, Pengampunan, dan Perlindungan

Kumpulan Doa Islam untuk Pengantin Baru Agar Rumah Tangga Awet