Ini Dia Penyebab Jaringan 4G Lemot dan Cara Mengatasinya

0
112

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Peran internet dalam kehidupan kita sehari-hari sangat besar. Makanya kita perlu memiliki jaringan yang lancar supaya mudah saat harus berselancar di dunia maya ataupun melakukan pekerjaan.

Namun ada kalanya jaringan internet kita lemot, sehingga membuat pekerjaan jadi terhambat. Nah, untuk itu Ladies perlu tahu penyebab jaringan 4G lemot dan cara mengatasinya.

1. Terlalu Banyak Pengguna dalam Satu Waktu dan Wilayah

Tak dapat dipungkiri, jika operator seluler memiliki strategi pembagian bandwidth berbeda-beda di setiap daerah, sehingga ada beberapa daerah kita harus rebutan sinyal karena banyaknya pengguna. Untuk mengatasinya, sebaiknya ketahui terlebih dulu operator dengan sinyal bandwidth terbaik di daerah tersebut. Penggunaan WiFi juga bisa diperhitungkan sebagai alternatif lain.

2. Kekuatan Perangkat atau Processor di Ponsel

Setiap ponsel memiliki perangkat, seperti processor, RAM, dan adapter jaringan yang berfungsi untuk menangkap sinyal. Maka sangat penting untuk memiliki adapter yang bagus agar tarik menarik sinyal dengan perangkat lain dapat kita menangkan.

Solusinya, cari tahu perangkat yang Ladies miliki apakah sudah cukup mumpuni untuk bersaing dengan perangkat-perangkat orang lain. Jadi jangan asal dalam membeli gadget baru, ya.

3. Ada Aplikasi atau Widget yang Tak Terpakai

Banyaknya aplikasi yang terbuka dan berjalan di background ponsel, akan membebani RAM dan membuat internet lemot. Widget (jalan pintas untuk mengakses aplikasi yang biasanya ada di homescreen) juga dapat membuat koneksi internetmu lemot, loh !

Ada baiknya kita menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan secara berkala dan menghapus widget dari homescreen agar tidak terlalu banyak untuk mendapat kecepatan internet yang lebih optimal. Sstt, cara ini juga bisa menghemat umur pakai baterai.

4. Limit Bandwidth dari Paket yang Dibeli

Sebelum mengeluh soal susahnya mendapat sinyal 4G, ada baiknya cek kuota internet yang kita miliki terlebih dulu. Misalnya, Ladies membeli paket unlimited, yang kecepatan internetnya dibatasi oleh operator seluler.

Ada juga paket internet yang menyediakan jaringan 4G namun hanya di beberapa daerah tertentu. Oleh karena itu, pastikan kuota dan bandwidth dari paket internetmu sesuai dengan penggunaanmu.

5. Cek Pengaturan Jaringan

Ada beberapa menu yang harus dicek jika susah mendapat sinyal 4G. Pertama, APN (Access Point Name) di ponsel sudah sesuai apa belum. Jika ada yang salah isi, dapat berpengaruh pada internet.

Kedua, jika susah mendapat sinyal 4G, bisa turunkan ke 3G dengan cara buka Settings > SIM cards & mobile networks > Preferred network type pilih 3G. Ketiga, jika tetap susah mendapat sinyal 4G apalagi tersambung ke internet, bisa nyalakan Airplane Mode, tunggu beberapa saat, kemudian matikan. Langkah terakhir jika masih kesulitan mendapat sinyal internet, restart ponsel.

Nah, bagaimana Ladies? Dengan membaca penyebab jaringan 4G lemot dan cara mengatasinya, semoga Ladies tidak panik lagi saat kesulitan tersambung ke internet, ya. Tidak hanya itu, semoga semua operator seluler juga dapat mengembangkan layanannya agar bandwidth di setiap daerah di Indonesia dapat setara.

Baca Juga:

10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Terbaik dengan Budget Terjangkau

8 Aplikasi Rekam Layar Terbaik di iPhone Mudah untuk Pemula

Download Video YouTube Praktis Pakai 6 Aplikasi Gratis Ini!