Ternyata Ini 5 Penyebab Bibir Hitam yang Jarang Diketahui

0
161

Penulis: Ester | Editor: Agnes

Umumnya warna bibir yang kita tahu adalah merah muda. Namun, beberapa faktor dapat membuat bibir hitam. Hal ini membuat sebagian Ladies merasa kurang percaya diri ketika bercermin. Apakah lipstik merah merona berhasil menutupi bibir yang gelap? 

Padahal bibir yang terlihat hitam itu juga bukan semata-mata karena merokok, loh! Seperti yang sudah dijelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan warna bibir berubah. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel ini sampai habis ya, Ladies!

1. Mengonsumsi Makanan atau Minuman Panas

Bukan lidah saja yang sakit, bibir pun ikut rusak apabila kamu memaksakan diri mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas. Bibir memiliki lapisan kulit yang tipis sehingga sensitif terhadap suhu panas. Inilah yang menyebabkan bibir seperti terbakar dan warnanya menjadi gelap ketika terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman yang masih panas.

2. Terpapar Sinar Matahari

Alasan mengapa menggunakan pelembab bibir yang mengandung SPF ini penting karena bibir butuh perlindungan dari paparan sinar matahari. Ketika produksi melanin terlalu banyak akibat bibir mengalami hiperpigmentasi dari sinar UVA & UVB, maka terjadilah perubahan warna bibir jadi gelap. American Academy of Dermatology menyarankan untuk menggunakan lip balm yang minimal mengandung SPF 30 dan mengoleskannya setiap 2 jam.

3. Mengonsumsi Kafein Terlalu Banyak

Are you tea or coffee lovers? Ternyata perubahan warna bibir juga bisa disebabkan karena sering mengonsumsi kafein, loh. Kafein dikenal sebagai zat diuretik yang jika dikonsumsi terlalu banyak mengakibatkan dehidrasi karena cairan terus keluar melalui urin. Dehidrasi inilah yang membuat bibir jadi kering, pecah-pecah, hingga menggelap. So, mulai kurangi konsumsi kafein ya, Ladies.

4. Kebiasaan Menjilat dan Menggigit Bibir

Siapa yang menyangka kalau menjilat dan menggigit bibir ternyata bisa merusak kesehatan bibir? Benar enggak sih, menjilat bibir adalah cara agar bibir tidak kering dan lembap? Eits, perlu diketahui bahwa kebiasaan ini justru membuat bibir semakin kering dan lama-kelamaan warna bibir jadi menggelap.

5. Tidak Membersihkan Sisa Lipstik Secara Maksimal

Menggunakan lipstik single layer atau bahkan ombre menjadi hal yang biasa dilakukan oleh kaum hawa. Sayangnya, sisa-sisa lipstik yang tidak dibersihkan secara maksumal bisa jadi boomerang untuk bibir. Bahan kimia dalam lipstik dapat mengubah pigmen bibir menjadi gelap.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan bibir berwarna gelap. Jadi, mulai sekarang berusahalah untuk mengonsumsi makanan sehat dan jangan lupa pakai pelembap bibir ber-SPF agar bibir tidak hitam.

Baca Juga:

Hindari! Ini 7 Ciri-Ciri Lipstik yang Mengandung Bahan Berbahaya

Rekomendasi 5 Hair Tonic untuk Rambut Rontok Berlebih

Ingin Ganti Warna Rambut? Ini 7 Warna Rambut Hits di 2021