Penyakit Hipertiroid: Ketahui Penyebab hingga Pengobatannya 

0
11

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, pernahkah mendengar tentang penyakit hipertiroid? Penyakit ini disebabkan karena kelenjar tiroid yang terlalu aktif sehingga membuat metabolisme tubuh bekerja lebih cepat. Bahkan, kadang gejalanya pun terjadi secara mendadak.

Beberapa gejala umum yang muncul seperti gugup, berkeringat banyak, hingga gemetar. Wah, lumayan ngeri juga ya, Ladies! Untuk lebih memahami seluk beluk dari penyakit hipertiroid, yuk kita pelajari sama-sama ulasannya berikut ini.

Ciri-Ciri Penyakit Hipertiroid

Penyakit-Hipertiroid

Pada penderita hipertiroid, produksi hormon tiroid meningkat tajam. Hal ini menyebabkan metabolisme tubuh pun naik drastis, sehingga menyebabkan tekanan darah naik, detak jantung tidak beraturan, dan tangan menjadi tremor.

Selain itu, ada beberapa gejala lainnya yang menandakan hipertiroid, seperti:

  • Berat badan turun secara tiba-tiba meskipun porsi makan terus bertambah
  • Mengalami kesulitan tidur dan mudah gelisah
  • Mudah marah (sensitif) 
  • Rentan mengalami gangguan menstruasi
  • Mudah merasa gerah dan berkeringat
  • Muncul benjolan di sekitar leher berbentuk seperti gondok akibat pembengkakan kelenjar tiroid
  • ruam pada kulit
  • bola mata agak menonjol
  • telapak tangan merah tanpa sebab.

Penyebab Hipertiroid

Penyakit-Hipertiroid

Dilansir dari Halodoc, beberapa kondisi tertentu dapat menyebabkan penyakit hipertiroid, lho. Adapun penyakit medis tersebut adalah sebagai berikut:

1. Penyakit Graves

Penyakit graves disebabkan oleh adanya gangguan pada kelenjar tiroid. Kondisi ini muncul ketika tubuh menghasilkan antibodi bernama thyroid-stimulating immunoglobulin. Antibodi tersebut memicu produksi hormon tiroid berlebihan.

2. Tumor

Beberapa jenis tumor dapat menyebabkan hipertiroid, seperti tumor ovarium dan tumor jinak pada kelenjar tiroid. Pasien dengan penyakit hipertiroid, yang disebabkan oleh tumor, biasanya mengalami pengeroposan tulang lebih cepat. 

3. Memiliki Yodium Terlalu Banyak

Terlalu banyak mengonsumsi makanan junk food dan makanan yang mengandung yodium tinggi juga dapat meningkatkan produksi hormon tiroid, lho. Inilah yang kemudian jadi penyebab utama munculnya hipertiroid. Beberapa makanan dengan yodium cukup tinggi antara lain garam, susu, telur, daging merah, dan lain-lain.

Pengobatan Hipertiroid

Penyakit-Hipertiroid

Untuk mengobati gangguan hipertiroid biasanya dokter akan memberikan obat-obatan yang dapat mengontrol kerja kelenjar tiroid. Obat yang biasanya diresepkan seperti methimazole, carbimazole, dan propylthiouracil. Saat kadar hormon tiroid mulai normal, pemberian dosis obat akan diturunkan.

Selain terapi obat, ada pula terapi iodium radioaktif yang bertujuan mengecilkan kelenjar tiroid agar jumlah hormon tiroid yang dihasilkan dapat berkurang. Dalam kasus tertentu, pasien mungkin akan disarankan melakukan operasi pengangkatan kelenjar tiroid jika pembengkakan yang terjadi sangat parah dan membahayakan.

Setiap pengobatan pastinya menyesuaikan kondisi penyakit hipertiroid itu sendiri. Oleh sebab itu, makin cepat melakukan pemeriksaan ke dokter tentu akan mempermudah proses pengobatannya. Jika tanda dari hipertiroid muncul, sebaiknya segera pergi ke dokter ya, Ladies.

Semoga penjelasan mengenai penyakit tiroid ini membuat kamu lebih berhati-hati ya, Ladies. Jika kamu mengalami  gejala hipertiroid, segera konsultasikan ke dokter sebelum terlambat, Ladies.

Baca Juga:

Ketahui Gejala Penyakit Herpes, Pengobatan, dan Pencegahannya

Hati-Hati! Kenali Gejala dan Penyebab BAB Berdarah, Ladies!

Waspada, Flu Singapura Bisa Menyerang Orang Dewasa Juga Loh!