Inilah Pengertian Ujub dan Bahayanya dalam Ajaran Islam

0
157

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Dalam islam, perilaku atau sifat mengagumi serta membanggakan diri sendiri secara berlebihan itu termasuk sifat yang tercela. Sifat ini dikenal dengan sebutan ujub.

Di mana, setiap umat muslim diharuskan untuk menghilangkan sifat ini karena bisa membuat seseorang menjadi sombong dan riya. Berikut ada penjelasan dari beberapa ulama besar terkait sifat ujub.

Pengertian Ujub menurut Para Ulama

  • Ibnul Mubarok: ujub merupakan perasaan yang timbul saat seseorang merasa kalau dirinya mempunyai suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. 
  • Imam Al Ghazali: ujub adalah bentuk kecintaan seseorang terhadap suatu karunia yang ada dalam dirinya dan merasa memilikinya sendiri, sehingga lupa kalau karunia tersebut adalah pemberian dari sang pencipta, Allah SWT. Orang dengan sifat ini tidak akan pernah mengembalikan keutamaan tersebut kepada Allah SWT. 

Hukum Ujub dalam Ajaran Islam

Berdasarkan beberapa pengertian tentang sifat ujub di atas, maka bisa disimpulkan kembali bahwa memiliki sifat ujub hukumnya haram. Pasalnya sifat ini termasuk ke dalam golongan sifat yang tercela. Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, kita sebagai umat muslim seharusnya merasa rendah diri di hadapan-Nya dan hanya sang penciptalah yang pantas memiliki rasa bangga, yaitu Allah SWT. 

Seperti yang sudah disebutkan dalam Q.S Al Imran: 109, yaitu milik Allah lah semua yang ada di langit dan bumi, dan hanya pada-Nya lah semua urusan dikembalikan.

Bahaya Ujub dalam Ajaran Islam

1. Menghapuskan pahala

Sifat ujub bisa menghapuskan pahala yang kita miliki loh, Ladies. Sebagaimana yang telah disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam suatu hadist bahwa seseorang yang merasa bangga dan menceritakan semua perbuatan baiknya pada orang lain, maka pahala yang ia dapat dari perbuatan tersebut akan dihapuskan. 

2. Menjerumuskan kita pada sikap takabur

Sifat ujub atau membanggakan diri sendiri jelas bisa mengarah pada sikap takabur. Hal ini karena merasa dirinya lebih besar, lebih tinggi derajatnya, atau lebih hebat dari orang lain. Celakanya Ladies, orang-orang dengan sifat dan perilaku ini tidak akan masuk surga sebagaimana yang disebutkan Rasulullah SAW dalam HR. Nasa’i. 

3. Membuat Allah SWT murka

Ladies, Allah SWT sangat membenci sifat ujub karena bisa membuat seseorang tidak bersyukur dan merasa lebih baik dari orang lain di sekitarnya. Tidak hanya itu, bahkan sifat ini bisa mendatangkan murka dari Allah dan membuatnya terkena musibah baik di dunia maupun di akhirat. 

4. Tidak disukai orang lain

Tidak ada salahnya kok jika kita merasa bangga dengan diri sendiri atas semua pencapaian dan hal-hal yang kita miliki selama ini. Namun, hati-hati, jangan sampai dilakukan secara berlebihan dan malah mengarah pada perilaku ujub. Jika sifat ini masuk dalam diri kita, maka banyak orang yang tidak menyukai dan akan menjauh dari kita.

Itulah tadi informasi mengenai ujub, apa hukum dan bahayanya jika kita memiliki sifat tersebut. Semoga kita semua dijauhkan dari sifat tercela macam itu ya, Ladies!

Baca Juga:

Agar Terhindar dari Bahaya, Ini Doa Tolak Bala

Inilah Kumpulan Doa untuk Orang Tua Terkasih

Begini Hukum, Doa, dan Tata Cara Tayamum