Overthinking Ternyata Berbahaya! Kenali Ciri-Ciri dan Penyebabnya

0
18

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Istilah overthinking sering digunakan oleh para remaja untuk menggambarkan keadaan seseorang yang memikirkan banyak hal. Bukan hanya dialami remaja saja, overthinking juga terjadi banyak individu dengan berbagai latar belakang dan usia. Nah, kalau Ladies kira-kira pernah nggak, overthinking?

Tentu saja overthinking menjadi hal yang mungkin sering Ladies rasakan. Bisa saja Ladies overthinking soal masa depan, karier, atau pasangan. Makanya, jangan menyepelekan gejala overthinking bisa menjadi gejala gangguan kesehatan mental, loh! Sebenarnya, apa itu overthinking?

Tentang Overthinking

Overthinking

Overthinking adalah bahasa Inggris yang berasal dari kata over yang berarti ‘berlebihan’ dan thinking yang berarti ‘berpikir.’ Secara makna kata, overthinking dapat diartikan sebagai aktivitas memikirkan sesuatu secara berlebihan.

Seperti contohnya, mengasumsikan keadaan yang belum tentu akan terjadi, memikirkan kemungkinan terburuk dari suatu hal, atau mungkin memikirkan harus menggunakan baju apa ketika ingin bepergian.

Sebenarnya, overthinking merupakan hal yang cukup wajar jika terjadi sekali atau dua kali. Dilansir dari situs kesehatan, keadaan overthinking yang terjadi terlalu sering hingga memengaruhi kehidupan Ladies.

Hal itu memberikan dampak yang buruk, bahkan menjadi gejala gangguan mental yaitu gangguan kecemasan atau depresi. Yuk, simak ciri-ciri dari overthinking di bawah ini!

Ciri-Ciri Overthinking

Overthinking

Umumnya, orang-orang yang sering overthinking lama-kelamaan tidak menyadari kebiasaan tersebut. Kita bisa merasa overthinking sudah menjadi bagian dari sifat kita dan sebenarnya merupakan hal yang harus diatasi. Nah, untuk mengetahui apakah Ladies orang yang overthinker atau tidak. Mari simak ciri-ciri overthinking yang dilansir dari Forbes berikut ini.

1. Tidak bisa berhenti khawatir setiap saat, terutama terhadap hal yang tidak dapat dikendalikan

Rasa khawatir memang wajar dirasakan oleh manusia. Walaupun begitu, khawatir yang berlebihan setiap saat menjadi salah satu ciri overthinking.

Apakah Ladies pernah mengkhawatirkan sesuatu, hingga pikiran Ladies penuh dengan hal-hal yang sebenarnya perkara kecil? Atau Ladies pernah mengkhawatirkan hal yang tidak dapat dikontrol atau dikendalikan? Hati-hati bisa jadi itu ciri-ciri dari overthinking!

2. Memikirkan hal yang sama secara berulang-ulang

Berpikir secara repetitif atau merenungkan hal yang sama secara berulang kali merupakan salah satu ciri overthinking. Bukan hanya memikirkan hal kecil, tetapi kebiasaan pola pikir secara repetitif ini justru sering terjadi ketika kita memikirkan suatu kejadian. Misalnya, hal yang memalukan, hal ketika membuat kesalahan, kekurangan yang dimiliki, atau bahkan membayangkan sesuatu buruk yang belum terjadi.

3. Mengalami kesulitan tidur akibat rasa cemas

Memikirkan hal yang sama secara berulang kali akan menimbulkan rasa cemas yang berlebihan, sehingga membuat otak kita menjadi aktif secara terus-menerus. Oleh karena itu, kesulitan untuk tidur dengan nyenyak menjadi ciri dari overthinking. Apalagi, overthinking sering terjadi di malam hari sebelum tidur. Wah, sudah pasti akan mempengaruhi jam tidurmu, Ladies.

4. Kerap kali kesulitan dalam membuat keputusan

Seseorang yang sering mengalami overthinking pasti membutuhkan waktu dalam mengambil keputusan. Proses pengambilan keputusan memang sebaiknya tidak dilakukan secara terburu-buru.

Namun, jika Ladies terlalu memikirkan banyak hal di luar lingkup permasalahan, maka akan sulit mengambil keputusan sehingga membuang waktumu, Ladies. Ini menjadi salah satu ciri overthinking yang paling terlihat dalam kehidupan, loh!

Penyebab Overthinking

Overthinking

Penyebab overthinking tidak bisa ditentukan secara pasti, namun biasanya ada faktor yang memengaruhi terjadinya overthinking. Faktor penyebab utama adalah tingkat stres dan kecemasan yang tinggi. Selain itu, rendahnya kepercayaan diri seseorang juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan overthinking.

Berdasarkan penjelasan artikel kesehatan, overthinking biasanya ditujukan oleh seseorang yang memiliki gangguan atau penyakit mental, seperti gangguan kecemasan atau depresi. Kalau Ladies sering mengalami overthinking, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau psikolog agar bisa diatasi dengan cara yang tepat. 

Baca Juga:

Unik! Ternyata Begini Sifat Orang Golongan Darah B

7 Rekomendasi Merek Susu Ibu Hamil, Supaya Janin Sehat!

7 Rekomendasi Merek Susu Ibu Hamil, Supaya Janin Sehat!