Norma Agama: Kenali Pengertian, Tujuan, dan Ciri-Cirinya

0
11

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Ladies pasti sudah sering mendengar istilah norma dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu jenis dari norma yang berada di masyarakat adalah norma agama. Tentunya Ladies sudah mengetahui hal ini, bukan?

Tapi apakah Ladies sudah benar-benar memahami pengertian dari norma agama? So, simak pembahasan kali ini karena Ladies akan mendaoatkan informasi yang menarik!

Apa itu Norma?

Norma-Agama

Nah, sebelum membahas norma agama, ada baiknya jika kita menelisik kembali pengertian dari norma itu sendiri. Menurut Isworo Hadi Wiyono, norma adalah peraturan atau petunjuk hidup yang memberi tahu perbuatan mana yang boleh dilakukan dan perbuatan yang harus dihindari.

Berdasarkan buku Pendidikan Kewarganegaraan yang ditulis oleh A. T. Sugeng Priyanto dkk, norma memiliki beberapa peran dalam kehidupan masyarakat, yaitu:

  • Mewujudkan nilai-nilai yang barada di lingkungan masyarakat
  • Menjadi standar dari beragam kategori tingkah laku di lingkungan masyarakat
  • Membuat anggota masyarakat agar mematuhi aturan yang berlaku
  • Menjaminkan stabilitas, keteraturan, dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat

Nah, setelah mengetahui soal norma, ini saatnya Ladies mempelajari lebih lanjut tentang salah satu jenisnya, yaitu norma agama. So, keep scrolling!

Pengertian Norma Agama

Norma-Agama

Norma agama memiliki pengertian yang tidak jauh berbeda dari pengertian norma itu sendiri. Dikutip dari situs resmi Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, norma agama merupakan petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa agar kita selalu mematuhi perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Seperti namanya, norma agama tentunya berkaitan dengan agama dari masing-masing individu. Di negara Indonesia, kebebasan beragama bahkan dijamin di dalam pasal 29 ayat 2 UUD RI 1945 yang berbunyi: “Negara menjamin kemerdekaan setiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”

Oleh karena itu, norma agama menjadi salah satu norma yang dijunjung dan diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia, Ladies!

Ciri-Ciri Norma Agama

Norma-Agama

Lalu, apa saja yang disebut sebagai norma agama? Kita perlu mengetahui lebih lanjut ciri-ciri dari norma agama agar dapat mengidentifikasinya. Berikut adalah ciri-ciri dari norma agama yang perlu Ladies ketahui:

  • Bersumber atau berasal langsung dari Tuhan YME
  • Memiliki sifat yang universal dan berlaku selamanya atau abadi
  • Ketika dilakukan mendapatkan balasan pahala, ketika dilanggar mendapatkan dosa
  • Memiliki sifat yang komprehensif, luas, dan berlaku untuk semua umat manusia.

Ladies, norma agama lekat dengan pedoman hidup umat beragam di muka bumi. Lantas, dari mana kita bisa mengetahui norma-norma agama yang diatur?

Oleh karena berasal dari Tuhan YME, norma agama tentunya dituliskan atau disampaikan melalui perantaranya, yaitu kitab suci yang berbeda-beda sesuai dengan keyakinan masing-masing, seperti:

  • Norma agama Islam berasal dari kitab suci Al-Quran dan hadist-hadist tentang Rasulullah SAW.
  • Norma agama Kristen berasal dari Al-Kitab.
  • Norma agama Hindu berasal dari kitab suci Weda.
  • Norma agama Budha berasal dari kitab suci Tripitaka.
  • Norma agama Khonghucu berasal dari kitab suci Si Shu dan Wu Jing.

Oleh karena itu, norma dari masing-masing agama tentunya berbeda-beda. Tetapi, satu hal yang pasti adalah setiap norma agama menjunjung tinggi perdamaian dan kerukunan dalam kehidupan di dunia dan pedoman untuk bisa mencapai ketenangan di akhirat.

Begitulah pengertian lengkap tentang norma agama, Ladies! Setelah membaca artikel ini, Ladies pasti sudah lebih paham tentang norma agama dan dapat membantu anak, keponakan, atau saudara dalam mengerjakan tugas sekolah. So, spread useful knowledge to other people and be happy with that, Ladies!

Baca Juga:

Wajib Tahu! Pengertian Syarat dan Hukum Rujuk Nikah

6 Contoh Membuat Surat Penawaran Barang, Simak Cara Membuatnya

Catat! Ini 7 Contoh Cover Letter yang Mampu Menarik Perhatian HRD