Doa Niat dan Tata Cara Mandi Junub Setelah Melakukan Hubungan Intim

0
265

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Dalam Islam, kita dianjurkan untuk melakukan mandi junub setelah berhubungan suami istri. Alasannya karena kita dalam keadaan junub (kotor karena keluar mani atau setelah berhubungan intim). Oleh karena itu, mandi junub sangat penting untuk menyucikan diri kita karena situasi junub membuat kita tidak bisa melaksanakan salat dan ibadah lainnya.

Hukum Mandi Junub

Menyucikan diri dari junub merupakan kewajiban. Hal ini dijelaskan dalam Al-qur’an surah Al-Maidah, ayat 6 berikut ini:

Mandi Junub

Bacaan Doa Niat Mandi Junub Setelah Berhubungan Suami Istri

Sebelum melaksanakan mandi junub, sebaiknya kita membaca berniat dengan membaca doa. Berikut ini adalah bacaan doa niat mandi wajib setelah berhubungan intim.

Mandi JunubTata Cara Mandi Junub Setelah Berhubungan Suami Istri           

Pada dasarnya tata cara mandi junub setelah berhubungan suami istri bagi perempuan maupun laki-laki tidak jauh berbeda. Pada laki-laki harus menyela pangkal rambut, sementara perempuan tidak perlu sampai membuka jalinan rambut dan menyela pangkalnya. Cukup mengguyurkan air ke kepala sebanyak tiga kali. Anjuran tata cara mandi wajib dijelaskan dalam hadis At-Tirmidzi dan Muslim.

Mandi Junub

Mandi Junub

Berikut ini adalah tata cara mandi wajib junub setelah berhubungan suami istri yang patut kita ketahui:

  1. Membaca Basmalah.
  2. Membaca bacaan doa niat mandi junub.
  3. Membasuh tangan dimulai dengan menuangkan air yang bersih dari tangan kiri ke tangan kanan, kemudian sebaliknya. Kemudian cuci tangan sebanyak tiga kali.
  4. Bersihkan kotoran yang menempel pada tubuh, khususnya di area kubul dan dubur dengan tangan kiri. Pastikan semua area itu sudah bersih dari kotoran.
  5. Setelah itu, cuci tangan kembali sebanyak tiga kali bisa menggunakan sabun mandi.
  6. Kemudian membaca doa niat wudu dan lalu berwudu seperti biasa.
  7. Siram air ke kepala. Bagi perempuan tidak perlu sampai mengurai rambut dan menyela pangkal rambut. Cukup dengan menyiramkan air ke kepala sebanyak tiga kali. Setelah itu, kita bisa menggunakan sampo untuk keramas agar semakin resik.
  8. Sementara bagi laki-laki memasukan jari-jari ke dalam air kemudian menggosokan air itu ke kulit kepala dan pangkal rambut. Kemudian menyiramkan air ke kepala sebanyak tiga kali. Setelah itu, bisa menggunakan shampo agar semakin bersih.
  9. Bilas tubuh dengan air air ke seluruh, selalu utamakan bagian kanan terlebih dahulu, kemudian lanjut ke bagian kiri.
  10. Gosok seluruh tubuh sebanyak tiga kali hingga tidak ada bagian yang terlewatkan, bisa menggunakan sabun mandi agar lebih bersih.
  11. Bersihkan dari bagian depan sampai ke belakang. Pastikan air yang membasuh seluruh bagian kulit, termasuk area lipatan tubuh.
  12. Perhatikan juga rambut dan bulu tebal yang tidak menghalangi air. Setelah membasuh seluruh tubuh, membasuh kedua kaki. Lakukan kembali wudu untuk menutup mandi wajib. 

Itulah bacaan doa dan tata cara mandi junub yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat bagi kita dan pasangan agar bisa menjalankan ibadah kepada Allah SWT dengan khusyuk.

Baca Juga:

Gaya Hubungan Intim yang Dilarang dalam Hukum Islam

Inilah Kumpulan Kata-Kata Rindu Islami Menyentuh

Agar Cepat Dipertemukan, Inilah Doa Agar Mendapatkan Jodoh Terbaik