Nggak Cuma Enak, Ini 5 Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan

0
43

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Jamur enoki sering dijumpai pada hidangan-hidangan berkuah yang menggoda selera. Bentuk jamur yang menyerupai sayuran tauge ini banyak disukai orang Indonesia karena teksturnya yang kenyal dan enak. 

Selain rasanya yang lezat, jamur enoki juga punya segudang manfaat. Simak ya manfaat jamur enoki berikut ini, siapa tahu Ladies jadi tertarik membuat masakan olahan jamur ini! 

Ragam Manfaat Jamur Enoki

manfaat jamur-enoki-untuk-kesehatan-tubuh

Jamur enoki memiliki bentuk yang berukuran panjang dengan ujung bulat kecil. Jamur ini merupakan tanaman asli asal China, Jepang, dan Korea. Di Asia, jamur enoki dihidangkan sebagai bahan campuran untuk daging, sup, dan tumisan.

Selain rasanya yang enak, jamur enoki mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena jamur enoki kaya akan vitamin B3, B5, B1, B2, fosfor, zat besi, asam amino, tryptophan, serat, dan nutrisi lainnya.

Ingin tahu apa saja manfaat jamur enoki? Berikut ini lima manfaat jamur enoki yang perlu Ladies tahu.

1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat yang tinggi pada jamur enoki ampuh menyerap kolesterol sehingga menurunkan lemak jahat dalam tubuh. Selain itu, senyawa polisakarida dan mikostreol dalam jamur ini juga bagus menurunkan kolesterol tubuh.

Dengan tiga kandungan tersebut, jamur enoki punya manfaat penting bagi kesehatan jantung. Jika Ladies ingin menjaga kesehatan jantung, ada baiknya mulai rutin mengonsumsi jamur enoki ini.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jamur enoki mengandung protein yang setara dengan sayur-sayuran berdaun hijau. Protein pada jamur inilah yang kemudian membantu meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah sakit. Tentu sangat berguna buat kita terlebih saat pandemi seperti sekarang.

Jamur enoki sendiri dapat diolah menjadi beragam masakan. Jika ingin lebih praktis, Ladies dapat memasukkannya saat membuat masakan berkuah seperti sup atau sapo tahu.

3. Mencegah munculnya kanker

Manfaat jamur enoki selanjutnya adalahmencegah kanker. Jamur enoki mengandungan antikanker flammulin dan proflamin yang efektif menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Jenis sel kanker yang dapat dicegah dari senyawa tersebut adalah kanker serviks dan kanker payudara.

Namun, sejauh ini jamur enoki bersifat menurunkan risiko kanker saja, bukan menyembuhkannya. Butuh penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh konsumsi jamur enoki pada penderita kanker.

4. Membantu melancarkan pencernaan

Ladies, sering mengalami masalah pencernaan? Nah, untuk mengatasinya kita perlu memenuhi kebutuhan serat tubuh dengan mengonsumsi jamur enoki.

Hal ini karena jamur enoki mengandung serat yang mampu menyeimbangkan pergerakan sekaligus menjaga kesehatan usus. Dengan mengonsumsinya dalam porsi dan rutin mampu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Selain itu, jamur enoki juga memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga sangat baik untuk Ladies yang sedang diet.

5. Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas

Seperti yang kita tahu, radikal bebas merupakan pemicu kerusakan sel tubuh. Untuk mengatasinya, kita perlu memenuhi kebutuhan antioksidan tubuh. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang mampu menetralkan radikal bebas, sehingga menurunkan berbagai risiko penyakit kronis.

Untuk memenuhi asupan antioksidan kita bisa mengonsumsi jamur enoki, Ladies. Senyawa catechin, asam caffeic, dan asam galat dalam jamur enoki bertugas sebagai antioksidan. Senyawa tersebut bekerja dengan menangkal radikal bebas dan mengganti sel-sel yang rusak dengan sel-sel baru. 

Mulai sekarang, jangan ragu untuk mengonsumsi jamur enoki karena banyak manfaat untuk kesehatan, Ladies. Supaya tambah nikmat, campurkan saja jamut enoki ke dalam tumisan sayur dan sup daging kesukaanmu.

Baca Juga:

Tak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

5 Ragam Senam Lantai dan Manfaatnya yang Wajib Diketahui

Benarkah Minyak Kayu Putih Punya Manfaat buat Kejantanan Pria?