Memiliki Wilayah Yang Sangat Besar, Ini 5 Daftar Negara Terluas di Dunia!

0
368

Penulis: Agnes

Tahukan kamu bahwa ada kurang lebih 200 negara di dunia ini? Masing-masing negara bahkan memiliki keunikannya masing-masing, mulai dari bahasa, budaya, dan sistem pemerintahan. Selain itu, luas wilayah setiap negara juga sangat beragam.

Beberapa negara bahkan memiliki luas wilayah yang sangat besar. Luas wilayah negara meliputi daratan, sungai, teluk, danau, dan sebagainya. Beberapa negara bahkan memiliki luas wilayah hingga berjuta-juta kilometer, loh. Wah, keren banget kan!

Ingin tahu negara apa saja yang memiliki luas wilayah paling besar? Simak penjelasan ini sampai habis ya, Ladies.

1. Rusia

negara terluas di dunia

Rusia adalah negara yang terkenal akan suhu dinginnya yang ekstrim. Luas wilayah Rusia juga sangat besar, yaitu sebesar 17,075 juta kilometer persegi. Negara Rusia membentang luas dari sebelah timur Eropa hingga utara Asia. Bahkan luasnya bisa mencakup seperdelapan luas daratan di bum, loh. Selain itu, negara ini menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Untuk menjelajah keindahan negeri Rusia, kamu bisa menaiki kereta Trans-Siberia yang merupakan kereta terpanjang di dunia. Jalur kereta ini membentang hingga sepanjang 9.289 kilometer. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen indahmu di negeri ini, Ladies.

2. Kanada

negara terluas di dunia

Negara dengan nama asli Dominion of Canada ini terletak di utara Kawasan Amerika Utara. Luas negara ini mencapai 9,970 juta kilometer persegi. Sama seperti Indonesia, negara ini memiliki keragaman etnis dan menjadi negara paling multikultural di dunia. Selain itu, negara ini memiliki daya tarik alam yang sangat indah, salah satunya Danau Morine. Danau ini merupakan danau glasial yang terletak di Taman Nasional Banff Kanada. Gletser yang ada di danau ini memberi warna biru pada air danau.

3. Cina

negara terluas di dunia

Negara Republik Rakyat Cina adalah negara terbesar di dunia setelah Kanada. Letaknya di Asia Timur dan mayoritas beretnis Han. Luas wilayah negara ini mmencakup daratan bekas Peradaban Lembah Sungai Kuning. Jika kamu suka dengan wisata sejarah, kamu bisa mengunjungi salah satu keajaiban di dunia yaitu Tembok Besar Cina. Konon, tembok ini sudah dibangun sejak Zaman Negara Perang yaitu sekitar 453-221 Sebelum Masehi. Ternyata tembok ini sudah sangat tua ya, Ladies.

4. Amerika Serikat

negara terluas di dunia

Menempati urutan pertama sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, Amerika juga meraih predikat sebagai negara terbesar di dunia setelah RRC. Negara ini memiliki luas 9,83 juta kilometer persegi. Wah, luas sekali ya Ladies. Jika kamu ingin berlibur ke Amerika, jangan lupa untuk mengunjungi Taman Nasional Yosemite. Taman nasional ini memiliki alam yang masih sangat terjaga dan menjadi habitat bagi berbagai macam satwa. Selain itu, taman ini juga terkenal dengan air terjunnya yang indah, seperti Air Terjun Sentinel, Ribbon, Horsetail, dan Bridalveil.

5. Brazil

negara terluas di dunia

Negara dengan luas wilayah terbesar kelima adalah Brazil. Negara ini terletak di paling timur Benua Amerika Selatan. Memiliki pemandangan yang sangat indah karena berbatasan langsung dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. Berlibur ke tempat ini rasanya tidak lengkap kalau belum ke kota Rio de Janeiro. Kota ini terletak di bagian tenggara Brazil, Rio de Janiero memiliki pemandangan yang sangat indah. Tidak hanya itu, kota ini juga sering menhadakan festival karnaval! Liburan ke tempat ini dijamin seru, Ladies.

Itulah lima daftar negara terluas di dunia. Tertarik untuk mengunjunginya, Ladies? Jangan lupa siapkan budget, kamera, dan pakaian paling nyaman. Momen petualangan ke lima negara ini pastinya sangat berharga dan tidak akan pernah terlupakan.

Baca Juga:

Yuk, Intip 7 Manfaat Susu Beruang untuk Kesehatanmu!

Sangat Indah, Yuk Berwisata ke 5 Negara Terkecil di Dunia!

Bernuansa Sakral, Ini Dia Jenis Rumah Adat Joglo Khas Budaya Jawa!