Nama-Nama Malaikat dalam Islam Beserta Tugasnya

0
348

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Rukun iman yang kedua di dalam ajaran agama islam adalah iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT. Malaikat merupakan salah satu makhluk Allah SWT yang diciptakan dari nur dan memiliki tugas untuk membantu Allah SWT. Allah ciptakan malaikat sebagai makhluk yang taat dan selalu berzikir kepada-Nya.

Jumlah malaikat yang ada tidak dapat kita hitung dan hanya Allah yang Maha Mengetahui dengan pasti berapa jumlah malaikat. Namun, di dalam ajaran agama islam, kita hanya wajib mengetahui dan mengimani sepuluh malaikat Allah beserta tugas-tugasnya. Berikut ini adalah nama-nama malaikat dalam islam beserta tugasnya dalam membantu Allah SWT.

1. Malaikat Jibril Memiliki Tugas Menyampaikan Wahyu kepada Rasul-rasul Allah SWT

Malaikat jibril merupakan malaikat yang memiliki tugas untuk menyampaikan wahyu kepada rasul-rasul Allah SWT. Selain tugas itu, malaikat jibril juga memiliki tugas untuk meniupkan ruh kepada janin yang ada di dalam kandungan, mengatur angin, memenuhi dan menahan hajat yang dimiliki manusia, dan memberi rahmat bagi mereka yang menjaga kesuciannya saat sakaratul maut.

2. Malaikat Mikail Memiliki Tugas Memberikan Rezeki Kepada Seluruh Makhluk Hidup di Bumi

Malaikat Mikail merupakan malaikat yang memiliki tugas untuk memberikan rezeki dari Allah SWT kepada seluruh makhluk yang ada di bumi. Rezekinya pun tidak hanya berupa materi bagi kehidupan manusia, tetapi juga rezeki berupa menurunkan hujan, angin, dan menumbuhkan tanaman-tanaman dan memberi rezeki pada hewan.

3. Malaikat Israfil Memiliki Tugas Menjaga dan Meniup Sangkakala Saat Datangnya Hari Kiamat

Malaikat Israfil merupakan malaikat yang memiliki tugas untuk menjaga terompet sangkakala kemudian meniupkan sangkakala saat telah datangnya hari kiamat. Di dalam Al-qur’an dijelaskan bahwa malaikat israfil akan meniupkan terompet sangkakala sebanyak dua kali. Tiupan pertama untuk membuat seluruh makhluk yang ada di langit dan bumi mati, kemudian tiupan yang kedua untuk membangkitkan kembali seluruh makhluk di hari pengbangkitan untuk dihitung segala amal perbuatannya semasa hidup.

4. Malaikat Izrail Memiliki Tugas Mencabut Nyawa Makhluk Hidup

Malaikat Izrail merupakan malaikat yang memiliki tugas untuk mencabut nyawa makhluk hidup apabila tiba ajalnya. Jika seseorang beriman, maka malaikat izrail akan mencabut nyawanya dengan lembut dan perlahan.

5. Malaikat Munkar Memiliki Tugas Menanyai Orang di dalam Kubur Tentang Perbuatan Buruknya

Malaikat Munkar merupakan malaikat yang memiliki tugas menanyai manusia di dalam kubur tentang tuhan, agama, nabi, kitab suci, ibadah, pedoman hidup, dan perbuatan buruknya selama hidup di dunia.

6. Malaikat Nakir Memiliki Tugas Menanyai Orang di dalam Kubur Tentang Perbuatan Baiknya

Malaikat Nakir merupakan malaikat yang memiliki tugas menanyai manusia bersama malaikat nakir di dalam kubur tentang tuhan, agama, nabi, kitab suci, ibadah, pedoman hidup, dan perbuatan baiknya selama hidup di dunia.

7. Malaikat  Raqib Memiliki Tugas Mencatat Seluruh Amal Baik Manusia Selama Hidup di Dunia

Malaikat  Raqib merupakan malaikat yang memiliki tugas mencatat seluruh amal dan perbuatan baik manusia selama hidup di dunia

8. Malaikat Atid Memiliki Tugas Mencatat Seluruh Amal Buruk Manusia Selama Hidup di Dunia

Malaikat  Atid merupakan malaikat yang memiliki tugas mencatat seluruh amal dan perbuatan buruk manusia selama hidup di dunia.

9. Malaikat Malik, Penjaga Pintu Neraka

Malaikat yang memiliki tugas untuk menjaga pintu neraka adalah malaikat malik. Malaikat Malik memiliki sifat keras, tegas, dan tidak memiliki rasa belas kasihan kepada para penghuni neraka.

10. Malaikat Ridwan, Penjaga Pintu Surga

Malaikat yang memiliki tugas untuk menjaga pintu surga dan menyambut hamba Allah SWT yang masuk ke dalam surga adalah malaikat ridwan. Malaikat Ridwan memiliki sifat sangat ramah dan lemah lembut saat menyambut hamba Allah yang masuk ke dalam surga.

Demikianlah informasi tentang nama-nama malaikat dalam islam beserta tugasnya yang wajib kita ketahui dan imani. Semoga setelah mengetahui malaikat-malaikat Allah SWT akan membuat kita semakin mendekatkan diri pada-Nya dan menjadikan kita lebih mawas diri untuk tetap istikamah menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya.

Baca Jiga:

Kumpulan Doa Saat Turun Hujan Agar Dilimpahkan Berkah

Agar Cepat Dipertemukan, Inilah Doa Agar Mendapatkan Jodoh Terbaik