Wajib Tahu! Inilah 10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Ajaran Islam

0
125

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Sebagai umat muslim, sudah menjadi kewajiban kita untuk mengetahui siapa saja nama malaikat dan tanggung jawabnya karena menjadi bagian dari Rukun Iman.

Jumlah malaikat yang sebenarnya pun tidak diketahui secara pasti karena cukup banyak. Namun, ada beberapa yang wajib kita ketahui. Inilah 10 Nama Malaikat dan tugasnya.

1. Malaikat Jibril

Malaikat pertama adalah Malaikat Jibril yang ditugaskan Allah SWT untuk menyampaikan wahyu kepada para Nabi dan Rasul, seperti yang disebutkan dalam ayat Al-Quran berikut:

قُلْ نَزَّلَهٗ رُوْحُ الْقُدُسِ مِنْ رَّبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهُدًى وَّبُشْرٰى لِلْمُسْلِمِيْنَ

Artinya: “Katakanlah, “Ruhulqudus (Jibril) menurunkan Al-Quran itu dari Tuhanmu dengan kebenaran, untuk meneguhkan (hati) orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang yang berserah diri (kepada Allah).” (Q.S An-Nahl: 102).

Selain itu, Malaikat Jibril juga memiliki tugas lainnya yaitu mengatur angin, salah satunya dengan meniupkan roh ke dalam janin seorang ibu.

2. Malaikat Mikail

Kedua, ada Malaikat Mikail yang dikenal sebagai teman umat manusia dan makhluk hidup bumi lainnya karena tugasnya sebagai pemberi rezeki. Rezeki yang ia bagikan bisa berupa banyak hal, tidak hanya berupa uang, melainkan juga cuaca seperti hujan atau makanan. 

Malaikat Mikail dipercaya untuk memberi penghargaan kepada orang yang melakukan perbuatan baik dan ia akan meminta Allah SWT untuk mengampuni dosa orang karena ia adalah Malaikat Pengasih. Malaikat Jibril dan Malaikat Mikail akan hadir di hari kiamat.

3. Malaikat Israfil

Ketiga yaitu Malaikat Israfil yang bertugas untuk meniup terompet sangkakala sebanyak dua kali. Tiupan pertama untuk menandakan kehancuran alam semesta atau kiamat kubra, dan tiupan kedua untuk kebangkitan semua makhluk yang bertanggung jawab untuk menghadapi hari penghakiman.

4. Malaikat Izrail

Selanjutnya ada Malaikat Izrail atau yang dikenal juga dengan Malaikat Maut yang tidak akan menunda atau mempercepat waktu untuk mengklaim jiwa makhluk hidup di bumi. Hal ini karena memang tugasnya yaitu mencabut nyawa jika ajalnya sudah tiba.

5. Malaikat Munkar

Ketika seorang makhluk sudah dimasukkan ke dalam kubur, bukan berarti kewajibannya sudah selesai loh. Ada Malaikat yang bertugas untuk menanyakan seluruh amal perbuatan kita selama hidup, seperti siapa Tuhan dan Nabi kita, apa agama dan kitab suci kita dan amal lainnya.

Untuk amal perbuatan buruk, maka ada Malaikat Munkar yang akan menanyakannya di alam kubur (alam barzah).

6. Malaikat Nakir

Saat menanyakan amal perbuatan seorang makhluk di alam kubur, Malaikat Munkar ditemani dengan Malaikat Nakir yang tugasnya khusus untuk menanyakan amalan baik apa saja yang sudah dilakukan selama hidup.

7. Malaikat Raqib

Sebelum bertemu dengan Malaikat Munkar dan Nakir di alam barzah, semua amal perbuatan kita selama di dunia sebenarnya sudah terangkum dalam sebuah catatan Ladies. Di mana, untuk catatan baik akan dicatat oleh Malaikat Raqib. 

8. Malaikat Atid

Sama halnya dengan Malaikat Munkar dan Nakir, maka Malaikat Raqib juga ditemani oleh satu Malaikat yang mencatat amal perbuatan sisi lainnya, yaitu amal buruk. Dia adalah Malaikat Atid. 

Untuk itu, penting bagi kita agar selalu ingat apa saja yang kita lakukan di dunia karena ada Malaikat yang bertugas untuk mencatat semuanya Ladies. Peringatan itu Allah SWT sebutkan dalam ayat berikut:

اِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيٰنِ عَنِ الْيَمِيْنِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيْ

Artinya: “(Ingatlah) ketika dua malaikat mencatat (perbuatannya), yang satu duduk di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri.” (Q.S Qaf: 17).

9. Malaikat Malik

Selanjutnya ada Malaikat Malik yang ditugaskan Allah SWT untuk menjaga pintu neraka seperti yang tertuang dalam ayat Al-Quran ini:

وَنَادَوْا يَا مَالِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَ ۖ قَالَ إِنَّكُمْ مَاكِثُونَ

Artinya: “Dan mereka berseru, “Wahai (Malaikat) Malik! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja.” Dia menjawab, “Sungguh, kamu akan tetap tinggal (di neraka ini).” (Q.S Az-Zukhruf: 77).

10. Malaikat Ridwan

Terakhir, ada Malaikat yang memiliki tugas mulia yaitu sebagai penjaga pintu surga yang menyambut para Nabi dan orang-orang saleh yang telah diberkati oleh Allah SWT.

Itulah tadi nama-nama malaikat Allah SWT beserta tugasnya. Jangan sampai kita tidak tahu, ya, Ladies!

Baca Juga:

Pengertian dan Hadis Tentang Wanita Salihah dalam Islam

Kumpulan Ucapan Selamat Ulang Tahun Pernikahan Islami

Kumpulan Hadis Tentang Kebersihan Islam dan Artinya