Musyawarah: Pahami Pengertian dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

0
31

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Sebagai negara demokrasi, musyawarah menjadi hal yang sering dilakukan di Indonesia. Musyawarah identik dengan proses pengambilan atau penentuan keputusan. Nah, nggak dipungkiri dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan dengan permasalahan yang membutuhkan jalan keluar.

Terkadang, permasalahan tersebut bukan hanya melibatkan satu orang, mungkin bisa menyangkut banyak orang. Dengan begitu, musyawarah menjadi salah satu jalan keluar untuk memecahkan permasalahan dengan adil, Ladies.

Lantas, apakah Ladies sudah tahu arti dari musyawarah yang sebenarnya? Mari simak artikel lengkap tentang musyawarah dan manfaatnya berikut ini, yuk!

Pengertian Musyawarah

Musyawarah

Masyarakat di Indonesia identik dengan musyawarah mufakat. Tapi, apakah Ladies mengetahui apa itu arti dari musyawarah?

Musyawarah berasal dari bahasa Arab, syawara, yang memiliki makna ‘berunding.’ Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, musyawarah memiliki arti sebagai pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan atas penyelesaian masalah.

Kegiatan musyawarah dilakukan agar dapat mencapai keputusan bersama. Berbeda dengan proses voting atau pengambilan suara terbanyak, musyawarah lebih condong ke arah membahas setiap pendapat dari anggota.

Tujuannya untuk mencapai suatu kesepakatan yang disetujui oleh orang-orang yang terlibat di dalamnya. Sehingga, hasil dari musyawarah, yaitu keputusan (mufakat), bersifat adil karena merupakan hasil pembahasan dari semua pendapat.

Manfaat dari Musyawarah dalam Masyarakat

Musyawarah

Ladies, seperti yang sudah kita ketahui, musyawarah sering dijadikan jalan dalam menentukan keputusan dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Tentunya hal ini dilakukan karena memiliki manfaat yang dirasakan, baik secara kelompok atau individu. Berikut adalah beberapa manfaat yang dihasilkan dari terjadinya proses musyawarah:

1. Melatih Individu dalam Mengemukakan Pendapat

Seperti pengertiannya, musyawarah tentu dilakukan secara bersama-sama dengan suatu kelompok, baik di dalam rumah atau di lingkungan masyarakat. Dalam prosesnya, musyawarah membutuhkan perundingan untuk mencapai kesepakatan.

Oleh karena itu, masing-masing anggota berhak untuk mengemukakan pendapat masing-masing. Perbedaan pendapat, ide, atau pemikiran pasti terjadi dalam proses ini.

Namun itulah tujuan dari musyawarah, yaitu untuk merundingkan keputusan yang paling tepat dengan membahas dan menggabungkan gagasan dari anggota. Dengan proses ini, setiap orang menjadi terlatih dalam menyuarakan pikiran dan pendapatnya, Ladies.

2. Permasalahan dapat dengan cepat terpecahkan

Manfaat selanjutnya dari musyawarah adalah masalah dapat dipecahkan dengan lebih cepat. Menyelesaikan masalah bukanlah hal yang mudah, namun dengan membicarakannya secara bersama-sama akan muncul berbagai ide serta pendapat yang beragam. Hal ini dapat membuka pikiran kelompok dalam menemukan solusi terbaik.

Sudut pandang yang berbeda-beda dari setiap kepala juga menjadi salah satu hal yang dapat mempercepat penyelesaian masalah dalam proses musyawarah. Tentunya akan memudahkan semua orang, Ladies.

3. Hasil keputusan yang menguntungkan semua pihak

Salah satu unsur penting dalam musyawarah adalah keputusan bersama yang disepakati oleh semua anggota. Nah, untuk mencapai hal ini, kita harus merundingkan baik-buruk dari setiap jalan keluar yang dibicarakan.

Dalam prosesnya, musyawarah harus menghasilkan keputusan yang menguntungkan semua pihak. Tujuannya agar tidak ada orang yang merasa dirugikan atau tidak sepakat dengan hasil musyawarah.

4. Hasil keputusan memiliki nilai keadilan

Dalam proses perundingan (musyawarah) setiap anggota memiliki kesempatan untuk mengutarakan pendapat dan juga berkewajiban untuk saling mendengarkan dari anggota lain. Semua hal yang terjadi dalam musyawarah tidak boleh memiliki unsur paksaan ya, Ladies. Oleh karena itu, manfaat dari musyawarah adalah adanya nilai keadilan dalam keputusan akhir.

5. Menciptakan stabilitas emosi

Walaupun setiap anggota memiliki pemikiran yang berbeda, namun musyawarah bukanlah ajang untuk beradu pendapat. Melainkan, setiap anggota harus saling terbuka dan bisa menyampaikan pendapatnya dengan jelas dan beralasan. Stabilitas emosi dari individu juga terlatih karena harus bisa menghargai pendapat orang lain walaupun tidak sependapat.

Itulah pengertian lengkap serta manfaat dari musyawarah, Ladies! Jika kamu mengalami atau menghadapi permasalahan yang melibatkan banyak orang, ada baiknya jika diselesaikan dengan cara musyawarah, ya.

Baca Juga:

Wajib Tahu! Pengertian Syarat dan Hukum Rujuk Nikah

Cara Membuat Surat Keterangan Domisili, Sekaligus Contohnya

Inilah 5 Jenis Surat Kuasa dan Contohnya yang Baik dan Benar