6 Fakta dan Mitos Kejatuhan Cicak, Benarkah Bikin Sial?

0
318

Penulis: Aufia | Editor: Agnes

Meskipun sudah di era milenial, namun masih banyak masyarakat Indonesia yang mempercayai mitos. Salah satu mitos yang sangat populer di masyarakat adalah “kejatuhan cicak”. Menurut Primbon Jawa, kejatuhan cicak berarti akan bernasib sial. Kesialan atau nasib buruk apa yang akan dialami tergantung pada bagian tubuh mana yang tertimpa cicak.

Lantas apa sajakah arti “kejatuhan cicak” yang populer di masyarakat? Yuk, simak 6 mitos dan fakta kejatuhan cicak di artikel ini! Keep reading, Ladies!

1. Cicak jatuh di atas kepala

Ladies, konon cicak jatuh di kepala memiliki beberapa arti. Mitos yang paling banyak dipercaya adalah rezeki terhambat, mengalami musibah serta ada anggota keluarga yang meninggal. Ngeri ya!

 2. Cicak jatuh di pundak

Ladies, menurut mitos kejatuhan cicak di pundak juga merupakan pertanda buruk. Nasib buruk tersebut akan menimpa keluarga atau orang yang kita sayang. Tak heran jika banyak orang yang buru-buru memperingatkan anggota keluarganya untuk berhati-hati, setelah kejatuhan cicak di pundak.

 3. Cicak jatuh di telapak tangan

Tak semua mitos “kejatuhan cicak” berarti buruk Ladies. Konon, cicak jatuh di telapak tangan merupakan pertanda baik. Bisa jadi dari segi kematangan finansial, pekerjaan atau percintaan.

Tak hanya orang Indonesia, di Eropa juga populer tentang mitos cicak dan tangan. Masyarakat Eropa percaya jika cicak merapa di tanggan seseorang, maka kelak orang tersebut akan menolong banyak orang.

 4. Cicak jatuh di kaki

Menurut kepercayaan Hindu, kejatuhan cicak di kaki merupakan pertanda akan mengalami nasib buruk. Bisa berupa kerugian finansial, kesehatan yang memburuk atau rencana hidup yang selalu gagal. Kepercayaan lain juga menyebutkan jika cicak merayap di kaki kita, maka akan ada orang yang mengganggu hidup kita.

 5. Cicak jatuh di dekat tubuh

Mitos yang satu ini juga positif loh Ladies! Jika cicak terjatuh dan hampir mengenai tubuh kita, konon kita akan dijauhkan dari masalah dan malapetaka. Bagus kan!

 6. Kejatuhan kotoran cicak

Ladies, mitos yang satu ini diyakini merupakan pertanda negatif yang dikaitkan dengan dukun santet yang mengirim teluh. Konon orang yang kejatuhan kotoran cicak akan menderita penyakit misterius. Maka tak heran jika banyak orang yang menghindari hewan yang satu ini.

Kabar baiknya, Ladies bisa menghindari kesialan tersebut, loh. Dengan cara membersihkan diri lalu mengganti pakaian yang terkena kotoran cicak serta menghentikan aktivitas di luar rumah.

7. Fakta cicak jatuh

Alasan cicak dapat merayap di dinding karena ia memiliki organ khusus berupa rambut-rambut halus yang disebut spatulae. Cicak memasukkan rambut-rambut tersebut ke dalam atom lapisan tembok, sehingga terlihat seperti menempel pada dinding.

Lalu kenapa cicak bisa terjatuh? Ini karena cicak tidak kuat menempel pada lapisan dinding yang terlalu kasar atau terlalu halus. Jika di permukaan kasar, ia akan mengangkat tubuhnya, jadi perekat pada kaki cicak tidak bisa menahan berat tubuhnya. Akhirnya jatuh deh Ladies!

Menghindari kontak langsung dengan cicak ada baiknya loh, Ladies. Bukan karena bisa mendatangkan kesialan, tetapi karena cicak membawa bakteri Salmonella yang bisa bikin diare.

 Nah itu dia Ladies, mitos dan fakta soal cicak jatuh. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga:

6 Mitos Bunga Wijaya Kusuma yang Bikin Merinding!

Mau Traveling? Inilah 10 Destinasi Wisata Indonesia Seindah Bali

Mudah dan Praktis! Ini 7 Langkah Mudah Melakukan Cangkok Tanaman