6 Mitos Bunga Wijaya Kusuma yang Bikin Merinding!

0
295

Penulis: Aufia | Editor: Agnes

Meskipun “jadul”, namun tanaman hias dengan nama latin Epiphyllum anguliger ini masih menjadi favorit masyarakat. Selain karena memiliki bentuk yang cantik, bunga ini juga memiliki keunikan tersendiri. Bahkan sering dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Salah satu keunikannya bunga ini yaitu hanya mekar pada malam hari dengan bau semerbak harum sehingga dijuluki Night Queen (ratu malam). Tanaman ini juga dijuluki Zig-Zag Cactus karena pola daunnya berbentuk zig-zag. 

Di Indonesia bunga wijaya kusuma terkenal akan berbagai mitos yang sebagian dikaitkan dengan hal-hal gaib yang membuat bulu kuduk merinding. Kira-kira kalian sudah tahu belum apa saja mitosnya Ladies? Kalau belum, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Asli Indonesia?

Banyak yang mengira kalau bunga ini berasal dari Indonesia karena bernama wijaya kusuma. Faktanya, bunga ini berasal dari Venezuela, Amerika Selatan loh Ladies. Bisa tumbuh dan berkembang di Indonesia karena cocok dengan iklim tropis Indonesia.

Konon pada era Kerajaan Majapahit dahulu, pedagang Cina membawa bunga ini lewat jalur laut. Kemudian mulai dibudidayakan sebagai simbol kekuatan raja yang tengah memimpin tahtanya. 

2. Tanaman hias pembawa rezeki

Kalau mitos yang satu ini tak lepas dari makna nama bunga tersebut Ladies. Dalam Bahasa Jawa, wijaya bermakna kemenangan, sedangkan kusuma berarti tegak. Jika digabungkan bermakna “kemenangan mutlak seorang raja”.

Tak heran jika banyak yang mengoleksi bunga ini. Konon, barang siapa yang melihat bunga ini mekar di malam hari akan dianugerahi rezeki berupa keberuntungan layaknya seorang bangsawan.

Apakah Ladies sedang mencari tanaman pembawa hoki? Coba deh pertimbangkan untuk menanam bunga wijaya kusuma!

3. Bunga para raja dan ratu

Wijaya kusuma juga dipercaya sebagai bunga kesukaan raja dan ratu. Kemungkinan kecantikan warna kelopaknya dan bau harumnya yang membuat raja dan ratu menyukai bunga ini.

Pada zaman dahulu, bunga ini terkenal langka sehingga raja dan pengawalnya harus mencari bunga ini hingga ke dalam hutan, hanya untuk mempersembahkan kado romantis untuk ratu. Saking langkanya, kerajaan-kerajaan yang memiliki bunga ini digolongkan sebagai kerajaan makmur.

4. Dipercaya dapat mengangkat derajat seseorang

Selain membawa rezeki, bunga ini juga dipercaya dapat mengangkat derajat seseorang. Seperti yang kita tahu, kalau bunga ini merupakan favorit raja dan ratu, maka bagi yang menanam wijaya kusuma, derajatnya akan terangkat bak raja dan ratu. Bahkan aura pemiliknya akan lebih cemerlang. Maka tak heran jika bunga ini juga dikaitkan dengan jimat penarik jodoh.

5. Bunga mistis kesayangan Ratu Pantai Selatan

Kalau mitos yang satu ini pasti bikin merinding Ladies! Konon bunga wijaya kusuma merupakan kesukaan Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan. 

Bahkan di Cilacap, asal-usul bunga ini erat dengan ilmu supernatural. Berdasarkan cerita, dahulu ada seorang putri yang mengasingkan diri ke Pantai Selatan untuk menghindari pernikahan dengan orang yang tidak ia cintai. Kemudian ia melompat ke laut dan menikah dengan sosok gaib di sana. 

Dari pernikahan tersebut lahirlah anak yang cacat dan berwujud bunga yang saat ini kita kenal sebagai wijaya kusuma. Oleh karena itu, banyak yang mengaitkan bunga ini sebagai simbol dan sesajen Ratu Pantai Selatan.

6. Dapat menghidupkan orang mati

Dalam mitologi Jawa, bunga wijaya kusuma dianggap sebagai tanaman sakti yang dapat menghidupkan orang mati. Beberapa orang juga mempercayai bunga ini sebagai pusaka Batara Kresna, titisan Dewa Wisnu sang pelestari Alam. 

Itu dia 6 mitos bunga wijaya kusuma yang berkembang di masyarakat. Kalau Ladies percaya enggak?

Baca Juga:

Mau Liburan ke Demak? Simak 11 Fakta Unik Masjid Agung Demak Ini!

8 Jenis Masker Wajah Terbaik dan Fungsinya untuk Wajah

Kumpulan Doa Saat Turun Hujan Agar Dilimpahkan Berkah