Makan Nanas Muda Bisa Membuat Keguguran, Mitos atau Fakta?

0
85

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Sejak dahulu, nanas muda sudah dicap berbahaya bagi ibu hamil. Konon, ibu hamil rentan mengalami keguguran jika mengonsumsi nanas muda. Mitos ini kemudian makin menyebar luas dan turun-temurun tanpa memberikan bukti ilmiah.

Maka dari itu, sebaiknya Ladies belajar mengenai mitos dan fakta nanas muda ini dari sisi medis. Berikut ini Ladies Corner sudah menyajikan informasi seputar nanas muda dan efeknya bagi ibu hamil. Keep scroll, Ladies!

Fakta Seputar Buah Nanas dan Ibu Hamil

Salah satu enzim yang berbahaya bagi kondisi ibu hamil adalah enzim bromelain. Enzim ini berfungsi memecah protein dalam tubuh yang justru membahayakan bagi janin di trimester awal kehamilan. Pasalnya, janin di usia tersebut membutuhkan protein lebih banyak untuk membetuk sel-sel jaringan tubuh. 

Asupan enzim bromelain pada ibu hamil dapat menghambat penyerapan protein ke bayi, loh. Akibatnya, bayi kekurangan protein sehingga tidak dapat tumbuh dan berkembang. Hal ini menyebabkan pendarahan hingga keguguran. Oleh sebab itu, segala makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil sangat penting untuk diperhatikan, Ladies.

Nah, nanas muda mengandung enzim bromelain yang sudah dijelaskan, Ladies. Jadi, wajar saja jika sejak dulu muncul mitos bahwa ibu hamil dilarang mengonsumsi nanas. Namun, kandungan bromelain dalam nanas muda tidak tinggi sehingga tidak akan membahayakan janin jika dikonsumsi sesuai porsinya, ya.

Batasi Konsumsi Nanas pada Kondisi Tertentu

Dilansir dari Halodoc, buah nanas muda dapat memicu keguguran jika dimakan sebanyak 7 hingga 10 buah sekaligus oleh ibu hamil. Enzim bromelain sendiri dapat rusak ketika buah nanas diolah menjadi jus atau minuman.

Maka, mengonsumsi buah nanas saat hamil sebenarnya masih aman selama jumlahnya tidak terlalu banyak. Itu artinya, ibu hamil hanya perlu mengontrol kebutuhan makan buah nanas jika ingin kondisi janin tetap selamat.

Meski begitu, ada pula beberapa kondisi yang menuntut ibu hamil harus menjauhi konsumsi buah nanas. Berikut beberapa di antaranya, Ladies.

 1. Asam Lambung Tinggi

Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat asam lambung cukup tinggi, sebaiknya hindari memakan buah nanas muda, ya. Nanas memiliki pH yang rendah (asam) yaitu sekitar buah 3 hingga 4 pH. Mengonsumsi buah nanas terlalu banyak akan menyebabkan perut mulas bagi penderita asam lambung.

Kandungan enzim bromelain pada nanas muda juga memberikan efek pencahar yang nantinya memicu diare pada ibu hamil. Jadi, sebisa mungkin batasi konsumsi buah nanas ya, cukup konsumsi 100 gram sehari atau hindari konsumsi nanas.

2. Diabetes Gestasional

Meski buah nanas muda lebih aman dikonsumsi dalam bentuk jus, hal ini tidak berlaku bagi ibu hamil penderita diabetes gestasional. Jus buah merupakan sumber gula alami yang cukup tinggi. Apalagi jika ditambah dengan bahan lain seperti gula, sirup, dan kental manis.

Alhasil, gula darah dalam tubuh dapat meningkat drastis dalam satu waktu. Ada baiknya meminum jus nanas dalam porsi sangat sedikit saja. Hindari pemanis tambahan seperti gula dan kental manis.

3. Alergi terhadap Buah Nanas

Hindari makan buah nanas muda jika Ladies  tersebut punya riwayat alergi nanas. Bagi penderita alergi, buah nanas dapat menyebabkan kulit gatal, gangguan pernapasan, konsumsi makan buah ini ya.

Manfaat Nanas buat Ibu Hamil

nanas-muda

Sekarang kita sudah tahu jika buah nanas mudah tidaklah berdampak langsung pada keguguran bagi ibu hamil. Selama dikonsumsi dalam batasan yang wajar dan tidak berlebihan, buah nanas tidak memberikan efek bahaya bagi kondisi Ladies dan janin.

Di sisi lain, memakan buah nanas dalam jumlah tepat saat hamil ternyata juga punya manfaat loh. Ingin tahu apa saja? Berikut ini manfaat buah nanas.

1. Mengurangi dan Mencegah Sembelit

Adanya perubahan hormon, kondisi rahim membesar, hingga pola makan yang tidak teratur menjadi penyebab sembelit pada kebanyakan ibu hamil. Untuk mengatasinya Ladies dapat mengonsumsi buah nanas. Ini karena nanas merupakan buah dengan kandungan air dan serat cukup tinggi.

Asalkan tidak dikonsumsi terlalu banyak, enzim bromelain pada nanas muda dapat membantu memecah protein agar pencernaan lebih lancar. Tak hanya itu, banyak nutrisi baik yang terkandung pada buah ini. Misalnya, vitamin A dan B6, folat, riboflavin, besi, kalium, dan lain-lain.

2. Baik untuk Tulang Janin

Tak hanya baik bagi sang ibu, buah nanas juga baik untuk tumbuh kembang janin, loh. Buah nanas punya kandungan vitamin C sebanyak 21 mg yang berguna untuk merangsang produksi kolagen. Kolagen sendiri punya peran pada pertumbuhan kulit dan tulang janin.

Ibu hamil sendiri sebenarnya membutuhkan vitamin C sebanyak 85 mg dalam sehari. Tapi, ingat ya, konsumsi buah nanasnya tidak boleh berlebihan. Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya mengenai dosis kondumsi buah nanas yang aman.

So, itulah penjelasan mengenai mitos dan fakta nanas muda bagi ibu hamil. Sebelum mengonsumsi buah nanas, lebih baik Ladies berkonsultasi dengan dokter terkait riwayat kesehatan dan kehamilan.

Baca Juga:

Menu Makanan Sehat dan Simpel, Cocok Buat Kamu yang Belajar Memasak!

5 Merek Madu Kesehatan yang Bagus buat Jaga Kesehatan

7 Rekomendasi Minuman Kolagen Terbaik, Dijamin Aman dan Sehat!