Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing dan Cara Memberikannya

0
68

Penulis: Aniesa | Editor: Agnes 

Pasti Ladies sudah tak asing lagi dengan minyak ikan. Kapsul kecil berwarna kuning ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia dan hewan peliharaan kita, loh. Pasalnya, suplemen yang berasal dari ekstra lemak ikan ini mengandung omega dan berbagai macam vitamin yang mampu mencegah berbagai macam penyakit.

Nah, apakah Ladies penasaran, kira-kira apa saja ya manfaat minyak ikan untuk kucing tercinta? Untuk informasi selanjutnya, simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing

Manfaat-Minyak-Ikan-untuk-Kucing

1. Menjaga Kesehatan Jantung Kucing

Kandungan omega 3 dalam minyak ikan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sama seperti manusia, kucing juga berisiko mengalami plak di pembuluh darah dekat jantung, akibat penumpukan lemak jahat.

Nah, omega bermanfaat untuk menurunkan kadar lemak jahat tersebut, Ladies. Dengan begitu, aliran darah dan detaknya jantung jadi lebih teratur. Selain itu, minyak ikan juga berfungsi sebagai antikoagulan yang dapat mencegah penggumpalan darah pada jantung kucing.

2. Menyembuhkan Kulit Kering dan Bersisik

Salah satu penyakit yang sering menyerang kucing adalah penyakit kulit. Kulitnya akan tampak kering dan bersisik. Kucing pun akan merasa gatal dan tak nyaman. Untuk mengobatinya, Ladies bisa memberikan minyak ikan pada kucing. Minyak ikan mengandung sitokin yang mampu menyembuhkan alergi pada kulit.

3. Mencegah Penyakit Ginjal

Tak hanya manusia, penyakit ginjal juga bisa menyerang kucing. Untuk mencegah penyakit tersebut, Ladies bisa memberikan minyak ikan pada kucing. Kandungan dalam minyak ikan akan menurunkan darah tinggi dan mengurangi zat pro inflamasi yang bisa membahayakan ginjal kucing.

4. Menyembuhkan Reumatik

Kucing yang terlalu aktif bergerak berisiko mengalami reumatik, loh. Untuk menyembuhkannya, Ladies bisa memberikan minyak ikan pada si kucing. Minyak ikan memiliki kandungan prostaglandin yang dapat menyembuhkan peradangan dalam tubuh, salah satunya pada persendian.

5. Meningkatkan Fungsi Neurologis dan Kognitif

Studi dari A Hill’s Pet Nutrition pada 2012 menunjukkan bahwa senyawa DHA mampu meningkatkan fungsi neurologis dan kognitif pada anak kucing . Mereka terlihat lebih aktif dibanding anak kucing yang tidak mengonsumsi makanan yang mengandung DHA. Selain dari makanan, kandungan DHA bisa didapatkan dari minyak ikan, Ladies.

6. Mempercepat Proses Penyembuhan

Manfaat minyak ikan untuk kucing selanjutnya adalah mempercepat proses penyembuhan. Ini karena minyak ikan kaya akan omega dan vitamin E yang bersifat sebagai antiinflamasi, sehingga mempercepat proses penyembuhan hampir semua jenis penyakit. Selain itu, minyak ikan dapat menurunkan kadang trigliserida dalam darah yang jadi sumber berbagai penyakit berbahaya.

Cara Memberikan Minyak Ikan pada Kucing

Manfaat-Minyak-Ikan-untuk-Kucing

Minyak ikan biasanya dijual dalam bentuk kapsul yang berisi cairan minyak tersebut. Agar mudah mengonsumsinya, Ladies bisa mengeluarkan cairan dalam kapsul tersebut dengan mengguntingnya sedikit atau melubanginya dengan jarum. Setelah itu, tuangkan isinya ke dalam wadah lalu biarkan si kucing menjilatinya.

Selain memberikannya secara langsung, Ladies juga bisa mencampurkan minyak ikan pada makanan kucing. Pilihlah jenis makanan basah atau wet food agar lebih mudah mencampurkannya.

Jika kucing menolak, Ladies bisa sedikit memaksanya dengan menyuapkan minyak ikan menggunakan pipet atau mengoleskannya pada bibirnya agar ia menjilatinya sendiri. Untuk dosisnya, Ladies bisa memberikan minyak ikan sebanyak dua butir dalam seminggu. Jika ragu, Ladies bisa berkonsultasi dahulu pada dokter hewan.

Rekomendasi Minyak Ikan untuk Kucing

Manfaat-Minyak-Ikan-untuk-Kucing

Berikut ini rekomendasi merek minyak ikan yang murah untuk kucing beserta harganya.

  1. Squa-Oil – Rp18.500
  2. Fish O Plus – Rp20.000
  3. FO Booster Fish Liver Oil – Rp22.000
  4. Good Fish Oil – Rp25.000
  5. Raid All Fish Oil Plus – Rp37.000
  6. Om3 Heart – Rp35.000 s.d Rp47.000

Itu tadi penjelasan mengenai manfaat minyak ikan untuk kucing, cara memberikan, dan rekomendasi merek minyak ikan terbaik. Semoga bisa jadi inspirasi dalam merawat kucing kesayangan Ladies, ya.

Baca Juga:

5 Cara Memelihara Kucing di Rumah, Cat Lovers Wajib Tahu

Ciri, Karakter, dan Cara Merawat Kucing Persia, Menggemaskan Banget!

Rekomendasi 7 Vitamin Kucing yang Bagus, Bikin Kucing Tambah Sehat!