Mengenal Malaikat Izrail, Sang Malaikat Maut Pencabut Nyawa 

0
7

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Sebagai makhluk ciptaan Allah, keberadaan kita di dunia tidak berlangsung lama. Kita semua memiliki batas waktu sebelum akhirnya menjalani kehidupan di akhirat. Namun tidak ada satu pun manusia yang mengetahui kapan ajal akan menjemput.

Salah satu malaikat yang ditugaskan Allah SWT untuk menarik ruh adalah Malaikat Izrail. Ingin tahu fakta seputar Malaikat Izrail? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, Ladies!

Fakta Mengenai Malaikat Izrail

tugas-Malaikat-Izrail

Malaikat adalah salah satu makhluk ciptaan Allah SWT yang diciptakan dari cahaya atau nur. Mempercayai keberadaan malaikat merupakan salah satu dari rukun iman Islam. Setiap malaikat memiliki tugas yang ditetapkan oleh Allah SWT, salah satunya adalah  malaikat Izrail. 

1. Bertugas sebagai malaikat pencabut nyawa

Sejatinya, setiap malaikat Allah memiliki tugasnya masing-masing, termasuk dengan malaikat Izrail. Ketika mendengar nama malaikat Izrail, sebagian besar orang pasti akan merasakan takut dan merinding.

Bukan tanpa sebab, pasalnya dalam Islam beliau dijuluki sebagai malaikat maut. Malaikat Izrail bertugas untuk mencabut nyawa makhluk yang sudah tiba ajalnya.

Hal tersebut juga tertuang dalam firman Allah SWT di Al-Qur’an Surat Al-Ankabut ayat 57:

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ ثُمَّ اِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ 

Artinya: “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan.” (QS. Al-Ankabut: 57)

2. Memiliki wujud yang sama dengan malaikat Mikail

Hal kedua yang perlu diketahui mengenai malaikat Izrail adalah wujudnya yang serupa dengan malaikat Mikail. Kemiripan ini terlihat dari wajah, ukuran tubuhnya, kemampuannya, lisannya. dan sebagainya.

Dilansir dari berbagai sumber, malaikat Izrail memiliki wujud berwajah empat yaitu di muka, kepala, punggung, dan telapak kaki. Ketika mencabut nyawa para nabi, malaikat Izrail mencabutnya dari wajah di kepalanya.

Selain itu, orang mukmin akan dicabut nyawanya melalui wajah di terlebih dahulu. Sementara itu, malaikat Izrail akan mencabut nyawa orang kafir dengan wajah di punggung.

3. Dapat menjangkau semua wilayah

Sebagai malaikat yang bertugas untuk mencabut nyawa setiap makhluk, Izrail diberikan kemampuan luar biasa oleh Allah yaitu bisa menjangkau semua wilayah di muka bumi dan tidak terhalang oleh waktu. Beliau dapat menjemput ajal makhluk di mana pun dan kapan pun. Dikatakan juga bahwa Izrail mampu mengelilingi seluruh dunia secepat kilat. 

4. Mencabut nyawa dengan bantuan dari malaikat lain

Meski ditugaskan sebagai malaikat pencabut nyawa, namun faktanya malaikat Izrail tidak bekerja sendirian, Ladies. Beliau dibantu oleh malaikat-malaikat lain dalam menjalankan tugasnya. Seperti apa yang disebutkan dalam Q.S Al An’am ayat 61 yang berbunyi:

وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهِ ۖ وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ حَفَظَةً حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُونَ

Artinya: “Dan Dia-lah penguasa mutlak atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila kematian datang kepada salah seorang di antara kamu, malaikat-malaikat Kami mencabut nyawanya, dan mereka tidak melalaikan tugasnya.”

5. Akan mati juga

Walaupun bertugas mencabut nyawa semua makhluk ciptaan Allah, bukan berarti malaikat Izrail hidup kekal abadi. Satu fakta lainnya, bahwa malaikat Izrail juga akan menemui kematiannya. 

Malaikat Izrail ditakdirkan mati di hari saat semua makhluk merasakan kebinasaan yakni pada Hari Kiamat. Saat seluruh makhluk hidup di dunia sudah dicabut nyawanya, maka Malaikat Izrail akan mencabut nyawanya sendiri. 

Hal ini dijelaskan dalam kitab Al-Bidayah Wan-Nihayah (19:313) yang berbunyi:

“Dari Muhammad bin Ka’b Al Qirodzi berkata: ‘Telah sampai kepadaku bahwa orang yang meninggal paling akhir dari makhluk adalah malaikat maut’. Dikatakan kepada malaikat maut: ‘Wahai malaikat maut, matilah kamu dengan mati yang tidak akan hidup lagi setelahnya selamanya’. Muhammad bin Ka’b berkata: ‘Lalu, malaikat maut menjerit dengan jeritan yang jika penduduk langit dan bumi mendengarnya maka mereka meninggal dunia sebab kaget, kemudian malaikat maut mati.'”

Dalam hadis lain juga diceritakan, Allah SWT pernah mengatakan bahwa malaikat maut juga termasuk makhluk Allah SWT, sehingga akan mengalami kematian:

“Wahai malaikat maut, engkau adalah bagian dari makhluk-Ku, Ku-ciptakan kamu ketika Aku melihatmu, maka matilah, kemudian malaikat maut tidak hidup selamanya,” (HR Al Madini).

Itulah penjelasan mengenai fakta dan tugas malaikat Izrail, Semoga dengan mengetahui informasi ini bisa menambah keimanan kita ya, Ladies. 

Baca Juga:

Nama-Nama Malaikat dalam Islam Beserta Tugasnya

Wajib Tahu! Inilah 10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Ajaran Islam

Kumpulan Ayat Al-Qur’an tentang Sabar dalam Menjalani Hidup