Mengenal Fungsi dan Cara Merawat Daun Telinga yang Benar

0
41

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, daun telinga merupakan bagian terluar telinga yang memiliki banyak suplai darah. Secara medis, daun telinga dapat berubah ukurannya sesuai pertambahan usia. Selain itu, daun telinga juga punya fungsi yang spesifik, yaitu menangkap gelombang suara.

Untuk menjaga kesehatan dan fungsi telinga, kita wajib merawat daun telinga dengan tepat dan benar. Tujuannya tentu saja untuk menjaga kesehatan telinga. Nah, yuk kita simak fungsi dan cara merawatnya berikut ini!

Berkenalan dengan Daun Telinga

Cara-Merawat-Daun-Telinga

Letak daun telinga ada di samping kepala dengan susunan tulang rawan dan kulit. Terdapat dua jenis daun telinga, yakni daun telinga menempel dan daun telinga bebas. Bentuk daun telinga dipengaruhi oleh faktor genetik yang diturunkan dari orang tua.

Nah, aliran darah yang banyak pada daun telinga menyebabkan telinga kita senantiasa hangat. Selain itu, daun telinga dapat membengkak atau terkena infeksi oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus menjaga kondisinya agar tidak cedera dan kotor.

Fungsi Daun Telinga

Cara-Merawat-Daun-Telinga

Selanjutnya, kita harus paham mengenai tiga fungsi daun telinga, Ladies. Tujuannya tentu agar kita bisa menjaga dan merawat daun telinga dengan lebih baik.

1. Menangkap Gelombang Suara

Gelombang suara akan diarahkan sekaligus ditangkap oleh daun telinga. Gelombang suara yang ditangkap kemudian diteruskan ke meatus auditorius (telinga bagian dalam) dan di sanalah suara akan diperkuat.

Gelombang itu lalu bergerak ke gendang telinga, lalu getarannya dikirimkan ke saraf pendengaran. Setelah itu, gelombang tersebut akan diterjemahkan sebagai bunyi oleh otak. Itulah keseluruhan proses mendengar yang biasa kita rasakan, Ladies.

2. Menjaga Keseimbangan dan Menjaga Telinga Hangat

Selain menangkap gelombang suara, daun telinga dikenal juga sebagai penjaga keseimbangan tubuh. Jika terjadi gangguan pada daun telinga, bisa dipastikan kita punya masalah pada keseimbangan.

Nah, tidak hanya itu, daun telinga juga berperan menjaga telinga tetap hangat. Adanya pasokan darah cukup pada daun telinga dapat menjaga kehangatan telinga, di cuaca dingin sekali pun.

3. Area Rangsangan Seksual

Selanjutnya, daun telinga ternyata juga menjadi titik terbaik dalam rangsangan seksual. Hal ini karena kulit daun telinga yang tipis, sehingga rangsangan akan langsung mengenai saraf. Hal inilah yang membuat Ladies semakin terangsang.

Kalau tidak percaya, coba deh Ladies goda pasangan dengan meniup atau mencium bagian belakang telinganya. Dijamin pasangan langsung merasakan rangsangan yang nikmat!

Cara Merawat Daun Telinga

Cara-Merawat-Daun-Telinga

Setelah mengetahui fungsinya, sebaiknya kita merawat telinga, Ladies. Jangan sampai muncul masalah telinga yang dapat mengganggu aktivitas dan kenyaman kita. Nah, berikut ini cara merawat daun telinga yang bisa Ladies lakukan di rumah.

1. Bersihkan dengan Cara Tepat

Ladies, sebenarnya telinga dapat membersihkan dirinya sendiri melalui cairan yang punya peran mencegah debu dan kotoran masuk. Jadi, jangan membersihkan daun telinga dengan alat yang mampu merusak telinga ya, misalnya seperti cottun bud.

Pasalnya, membersihkan telinga dengan cotton bud dapat mendorong kotoran telinga masuk semakin dalam, loh. Bahkan, kotoran ini bisa mengenai gendang telinga, sehingga menimbulkan iritasi. Jadi, lebih aman jika kita membersihkan telinga dengan meminta bantuan dokter dengan alat khusus.

2. Jaga Telinga Tetap Kering

Telinga yang basah dapat menjadi sarang nyaman buat para bakteri. Oleh sebab itu, sebisa mungkin jagalah kondisi telinga tetap kering. Ladies bisa mengeringkan telinga dengan handuk bersih setelah mandi, berenang, atau olahraga.

3. Lindungi dari Kebisingan

Ladies, ternyata telinga bisa rusak jika terus-menerus mendengar suara bising, loh. Jangan terlalu sering menyumbat telinga dengan headset. Biasakan menggunakan earplug jika Ladies bekerja atau berada di lingkungan yang terlalu bising.

4. Bijak dalam Memakai Headset

Menggunakan headset untuk mendengarkan musik tentu sah-sah saja. Namun, perhatikan frekuensi serta durasinya ya. Terlalu sering mendengarkan musik lewat headset, apalagi dengan volume terlalu keras, dapat merusak telinga.

5. Pemeriksaan Rutin ke Dokter

Terakhir, lakukan pemeriksaan rutin ke dokter untuk mengetahui bagus tidaknya kondisi telinga, Ladies. Kita juga dapat membersihkan telinga saat konsultasi ke dokter. Pemeriksaan ini sangat penting dilakukan terutama bagi para lansia yang kemampuan pendengarannya mulai menurun.

Semoga informasi ini berguna bagi Ladies dalam menjaga kebersihan serta kesehatan telinga ya. Jangan lupa rawat daun telinga dengan rutin memeriksanya ke dokter!

Baca Juga:

Hati-Hati, Ini 5 Bahaya Mandi di Malam Hari untuk Kesehatan

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Wajib Tahu! Inilah 5 Efek Samping Suntik Putih