Mengenal Bunga Kupu-Kupu, Tanaman Hias Penuh Manfaat

0
13

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Banyak orang berpikir bahwa tanaman hias hanya sebatas daun-daunan seperti janda bolong, aglonema, dan mostera saja. Padahal masih banyak tanaman hias yang tak kalah memesona dan unik, lho. Salah satu tanaman hias yang bisa dijadikan koleksi yaitu bunga kupu-kupu. 

Tanaman hias dengan nama ilmiah oxalis triangularis ini mudah untuk dirawat sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan. Tertarik untuk menanam bunga kupu-kupu? Simak penjelasannya di bawah ini, Ladies!

Bentuk Bunga Kupu-Kupu

bunga-kupu-kupu

Bunga kupu-kupu tumbuh menjalar ke berbagai sisi belum daunnya berubah warna menjadi ungu. Warna bunga ini memberikan kesan elegan dan misterius.

Jika dilihat secara sekilas, daun tanaman ini memiliki bentuk seperti sayap kupu-kupu. Sementara itu, bunganya tampak seperti anggrek yang berbentuk terompet kecil dan menjuntai ke bawah. Aroma bunganya juga harum dan menyegarkan. 

Uniknya, daun tanaman ini bisa menutup sendiri saat malam hari, Ladies. Bunga kupu-kupu membutuhkan cahaya matahari untuk mekar. So, ketika malam datang, daun dari bunga ini akan menutup dengan sendirinya. 

Cara Merawat Bunga Kupu-Kupu

bunga-kupu-kupu

Cara merawat tanaman hias ini cukup mudah lho, Ladies. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

a. Memperhatikan pencahayaan

Cahaya matahari adalah salah satu hal penting yang mampu menyuburkan tanaman. Bunga kupu-kupu yang mendapatkan sinar matahari cukup akan tumbuh dengan baik. 

Namun jika terlalu lama terpapar sinar matahari yang panas, daunnya bisa mengering. So, lebih baik kamu meletakkan tanaman ini di tempat yang terbuka dan teduh. Dengan begitu bunga kupu-kupu tetap mendapatkan cahaya matahari yang cukup tanpa membuat daun mengering.

b. Memperhatikan suhu ruangan

Faktor selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah suhu ruangan. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di suhu 15-24 derajat celcius. Jika terlalu panas, daun tanaman ini akan lebih cepat layu, Ladies.

c. Jangan terlalu sering disiram

Sebaiknya kamu jangan terlalu terlalu sering menyiram tanaman ini. Hal ini bisa membuat tanaman kamu mudah busuk. So, kamu ncukup menyiramnya ketika tanah di pot sudah mulai mengering atau satu kali dalam sehari. Terakhir, gunakan pupuk minimal 2-4 bulan sekali, Ladies.

Manfaat Bunga Kupu-Kupu Bagi Kesehatan

bunga-kupu-kupu

Bunga kupu-kupu memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kamu, lho. Untuk merasakan manfaatnya, kamu bisa mengolah bunga kupu-kupu menjadi teh herbal. Hal ini berkat kandungan mineral, tanin, serta karbohidrat dalam bunga tersebut.

Perpaduan senyawa tersebut efektif mengencerkan dahak kamu, Ladies. So, kamu bisa konsumsi teh bunga kupu-kupu ketika mengalami batuk.

Cara meraciknya juga cukup mudah yaitu dengan menyiapkan akar bunga secukupnya. Setelah itu, hancurkan, rendam dalam air untuk menghilangkan kotoran, lalu rebus sampai mendidih. Konsumsi racikan ini saat hangat untuk menghilangkan dahak penyebab batuk.

Demikianlah penjelasan mengenai oxalis triangularis atau bunga kupu-kupu yang elegan dan unik. Selain indah, perawatannya pun cukup mudah dan bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Apakah kamu tertarik untuk merawat tanaman ini di rumah, Ladies?

Baca Juga: 5 Mitos Bunga Sedap Malam, Lekat dengan Nuansa Horor