Mengenal Apa Itu Sapioseksual dan Ciri-Cirinya

0
243

Penulis: Feyberesia | Editor: Agnes

Saat jatuh hati dengan Si Dia, apa yang Ladies lihat dari dirinya? Apakah penampilan fisik? Preferensi musik? Kesamaan hobi, sifat emosional, seksual, atau tingkat kecerdasannya?

Apakah Ladies mudah kagum dan tertarik dengan seseorang yang cerdas? Apakah Ladies senang saat diajak berdiskusi yang mengasah otak? Jika iya, mungkin saja Ladies seorang sapioseksual. Kali ini, Ladies Corner akan membahas lebih lanjut mengenai istilah yang sedang populer ini. Simak langsung, yuk!

Apa Itu Sapioseksual?

apa itu sapiosexual

Sejumlah orang berasumsi sapioseksual merupakan kelainan seksual seperti gay, transsexual, dan sebagainya. Padahal, bukan itu, loh! Sapioseksual berasal dari kata sapiens yang artinya ‘bijaksana’. Sapioseksual memiliki ketertarikan terhadap seseorang larena tingkat kecerdasan dan isi pikirannya.

“Sapioseksual adalah orientasi seksual yang ditandai dengan ketertarikan seksual dan erotis kepada calon pasangan yang, pertama dan terutama, cerdas,” jelas terapis seks dan hubungan Casey Tanner, LCPC.

Pengidap sapioseksual merasa tertantang dengan cara pikir orang lain karena mereka mencintai pikiran. Para sapioseksual berpikir bahwa kecerdasan adalah hal yang paling menarik dibandingkan penampilan. Biasanya, sapioseksual akan berkencan dengan sesama sapioseksual lainnya.

Penyebab Seseorang Menjadi Sapioseksual

Identitas manusia terbentuk sejak masa kecil, termasuk cara dia memandang hubungan asmara. Faktor-faktor yang mendasari Sapioseksual antara lain hubungan dengan orangtua, pengalaman cinta pertama, pengalaman intim pertama dengan pasangan, dan kemungkinan mencari pasangan dengan sifat atau kualitas diri yang tidak pernah dimiliki.

Sebagai contoh, sewaktu kecil, orang-orang di sekitar Ladies sering mengatakan bahwa diri kita kurang pintar. Atau mungkin, Ladies memiliki orangtua yang selalu menuntut mendapatkan ranking satu di sekolah. Itu sebabnya, setelah beranjak dewasa, Ladies selalu ingin menjadi pribadi yang lebih cerdas dan juga mencari kualitas tersebut pada calon pasangan. 

Aspek-aspek masa kecil inilah yang dapat berpengaruh pada preferensi asmara serta seksual Ladies. Namun, tidak menutup kemungkinan seorang sapioseksual mempertimbangkan kualitas lain, seperti penampilan fisik, selera humor, kebaikan hati, kejujuran, dan kesetiaan.

Apa Saja Ciri-Ciri Sapioseksual?

apa itu sapiosexual

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa Ladies ketahui mengenai sapioseksual, yaitu:

1. Menyukai Tantangan

Seorang sapioseksual sangat menyukai tantangan atau teka-teki rumit lainnya yang menyenangkan. Tantangan tersebut membuat para sapioseksual terangsang dan tertarik.

2. Komunikator Brilian

Biasanya, sapioseksual adalah komunikator brilian. Para sapioseksual akan tertarik dengan diskusi, teks, perspektif, dan jawaban orang cerdas. Mereka ingin tahu tingkat kecerdasan pria yang disukainya.

3. Hidup dengan Percakapan Intelektual

Pengidap sapioseksual merasa hidup dengan percakapan intelektual. Diskusi sastra, seni, perdebatan politik, maupun masalah lingkungan membuat mereka bersemangat untuk berhubungan secara seksual.

4. Tertarik dengan Empati

Tidak hanya kecerdasan, pengidap sapioseksual juga tertarik dengan seseorang yang penuh kasih, empati, dan rendah hati. Bagi mereka, kemampuan untuk memahami orang lain dengan baik adalah sebuah ciri kecerdasan.

5. Merasa Terganggu dengan Tata Bahasa yang Buruk 

Sapioseksual menjaga jarak dari orang yang menggunakan tata bahasa buruk. Sapioseksual akan tertarik jika bertemu seseorang yang memiliki tata Bahasa yang baik dan benar.

5. Tidak Percaya dengan Cinta Panadngan Pertama

Sapioseksual tidak percaya dengan cinta pada pandangan pertama. Mereka tidak dapat mencintai seseorang hanya karena penampilan. Para sapioseksual harus benar-benar terkesan dengan kecerdasan seseorang, baru mereka akan memberikan hatinya.

6. Pemilih

Sapioseksual biasanya sangat pemilih dalam menemukan seseorang yang ingin didekati. Mereka sulit menemukan pasangan karena mereka harus benar-benar mengenal seseorang.

Itulah penjelasan mengenai sapioseksual yang perlu Ladies ketahui. Nah, apakah Ladies merasa diri sendiri adalah seorang sapioseksual

Baca Juga:

Inilah Pengertian, Bacaan, dan Tata Cara Salat Dhuha

Proses Ngunduh Mantu dan Maknanya dalam Adat Jawa 

Bikin PDKT Sukses! Ini 5 Trik Ampuh Chattingan Sama Gebetan Sampai Pagi