Mempelajari Keutamaan Tafakur Menurut Ajaran Islam, Bikin Hati Tenang

0
27

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Pernahkah Ladies merenung atau memikirkan tentang bagaimana sesuatu yang ada di bumi ini bisa tercipta? Selain itu, mungkin kamu pernah merenungkan segala perbuatan yang dilakukan selama ini apakah sudah benar atau belum? 

Nah, ternyata kebiasaan merenung, berpikir, atau instropeksi diri ini dijelaskan di dalam Islam, loh. Dalam pandangan Islam, kebiasaan tersebut disebut dengan istilah tafakur.

Nah, kira-kira penjelasan tafakur itu seperti apa? Lalu bagaimana bentuk dan keutamaan tafakur? So, buat Ladies yang penasaran dan ingin mengenal tafakur lebih dalam, simak artikel ini sampai habis!

Pengertian Tafakur

keutamaan-tafakur-dalam-Islam

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tafakur berarti ‘merenung’, ‘memikirkan’, ‘menimbang’, dan ‘mengheningkan cipta.’ Sedangkan dalam Islam, tafakur merupakan salah satu bentuk atau cara merenungi kebesaran Allah SWT. Selain untuk beribadah, tafakur juga membuat kita mempelajari berbagai kejadian atau masalah yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. 

Bentuk-Bentuk Tafakur

keutamaan-tafakur-dalam-Islam

Para ulama mengatakan bahwa tafakur dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ibnu Hajr Al-Asqalani dalam buku Penuntun: Al Quran Itu Mudah mengemukakan bahwa ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam tafakur, yaitu: 

1. Tafakur tentang kekuasaan-kekuasaan Allah SWT

Yang pertama adalah tafakur tentang kekuasaan Allah. Makna dari tafakur ini adalah merenungkan segala ciptaan-Nya yang ada di langit dan di bumi. Hal ini membuat kita lebih mengenal keagungan Alla SWT sekaligus meningkatkan keimanan umat Islam.

2. Tafakur terhadap nikmat-nikmat Allah SWT

Yang kedua adalah tafakur terhadap kenikmatan yang telah Allah berikan. Caranya dengan mensyukuri segala bentuk kenikmatan yang telah Allah SWT berikan selama hidup di dunia, seperti rezeki makanan, minum, tidur, bernapas, dan lain-lain.

3. Tafakur terhadap janji Allah SWT

Yang ketiga adalah merenungi janji-janji Allah kepada umatnya. Tafakur ini dilakukan dengan menjalankan amal kebaikan karena yakin terhadap janji-janji Allah SWT yang dijelaskan dalam Alquran. Segala amal perbuatan baik akan mendapatkan pahala, kemudahan dalam hidup, dan surga dari Allah SWT.

4. Tafakur terhadap ancaman Allah

Selanjutnya adalah tafakur terhadap ancaman Allah SWT. Bukan tanpa arti, tafakur dalam hal ini akan menimbulkan perasaan hati-hati dan membuat kita belajar untuk berperilaku baik. Hal ini karena kita tahu bahwa Allah SWT Maha Mengetahui dan segala perbuatan buruk yang dilakukan akan diminta pertanggungjawaban dan balasan di akhirat. 

5. Tafakur pada kekurangan diri

Tafakur jenis ini mirip dengan muhasabah diri, yaitu keinginan untuk memperbaiki diri lebih baik dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam ibadah maupun aktivitas dunia. Tafakur ini membuat kita menjadi manusia yang lebih baik dan positif.

Keutamaan dari Tafakur

keutamaan-tafakur-dalam-Islam

Selain ibadah, tafakur juga memiliki keutamaan lainnya, Ladies. Nah, kira-kira apa saja ya keutamaan dari tafakur? Berikut lima keutamaan dari tafakur yang Ladies wajib tahu, yaitu:

1. Tafakur dapat meningkatkan semangat agar kita beribadah lebih ikhlas tanpa meminta imbalan atau takut siksa neraka. Karena pada dasarnya, ibadah harus dilandasi dengan keikhlasan dan kecintaan kepada Sang Ilahi. 

2. Tafakur dapat menambah rasa syukur kepada Allah SWT.

3. Membangkitkan rasa hati-hati dalam setiap perilaku karena segala perbuatan akan dibalas di akhirat. Dengan begitu kita dapat menghindari perilaku maksiat dan perilaku tercela lain yang dilarang oleh Allah SWT.

4. Tafakur dapat mengajarkan kita untuk mengelola emosi negatif. Dengan begitu, kita menjadi sosok yang lebih baik dan tidak mudah menyerah.

5. Tafakur membantu melatih, membangun pola pikir, dan perbuatan yang positif. Hal ini karena tafakur mengajarkan manusia untuk melihat segala sesuatu dari sebab-akibat dan hikmah yang didapatkan.

Nah, itulah penjelasan seputar tafakur dalam pandangan Islam. Apakah Ladies sudah pernah melakukannya? So, nggak ada salahnya untuk membiasakan tafakur dalam kehidupan sehari-hari agar kita menjadi pribadi yang lebih bijak dan positif, Ladies!

Baca Juga:

Doa Pelunas Hutang Sesuai Ajaran Islam, Amalkan Setiap Hari

30 Motto Hidup Islami Menurut Al Quran, Khalifah, dan Hadist