Tertarik Memelihara Ikan Cupang? Ini 8 Cara Merawatnya!

0
131

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan cupang atau juga biasa disebut beta fish? Ladies tertarik untuk memelihara ikan cupang? Sebelum memelihara ikan cupang, sebaiknya Ladies mengetahui cara memelihara ikan cupang terlebih dahulu.

Habitat asli ikan cupang adalah negara Asia Tenggara seperti Vietnam, Thailand, Filipina, Indonesia. Ikan cupang terkenal dengan keindahan ekornya yang memiliki beragam warna, bentuk, dan jenis. 

Meskipun tergolong mudah, ikan kecil satu ini tetap memerlukan perawatan yang sesuai. Cara merawat yang tepat membuat ikan cupang hidup lebih lama dan keindahannya tetap tejaga. Berikut beberapa cara merawat ikan cupang yang bisa Ladies tiru, ready?

1. Tempatkan pada wadah yang tepat

Ada dua kriteria utama yang menjadi favorit tempat tinggal ikan cupang nih Ladies yaitu dangkal dan luas. Ikan ini sangat agresif sehingga disarankan untuk memilih wadah dengan diameter yang luas agar ikan bisa bergerak dengan leluasa. Jangan lupa, satu wadah hanya untuk satu ikan cupang dewasa saja ya! 

2. Beri daun ketapang kering dalam air

Tingkat pH air juga harus disesuaikan dengan menggunakan beberapa jenis bahan alami seperti daun ketapang. Daun kering ini bisa digunakan langsung dengan meletakkannya di tempat ikan. Selain itu, bisa menuangkan air rebusan daun ketapang ke dalam wadah ikan cupang. 

3. Ganti air secara rutin

Meskipun sudah menggunakan daun ketapang, ada baiknya Ladies tetap melakukan penggantian air setidaknya 3 hari sekali. Penggantian air ini penting untuk menjaga kebersihan. Salah satu tips menarik yang bisa dilakukan adalah tidak mengganti air secara keseluruhan, namun tetap menyisakan sedikit air sebelumnya agar ikan cupang lebih mudah beradaptasi.

4. Hias bagian kolam ikan cupang

Ekosistem ikan cupang sebenarnya cukup sederhana Ladies. Cukup meletakkan beberapa batu-batuan kecil untuk membuat ikan cupang merasa ada di habitat aslinya. Sudah siap berkreasi?

5. Air dan suhu itu penting!

Jangan lupakan suhu tempat penyimpanan! Suhu air yang terlalu dingin dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan membuat ikan lebih mudah sakit. Suhu ruang tanpa pendingin ruangan sudah cukup untuk membuat ikan cupang nyaman. Jangan tempatkan ikan pada suhu yang berbeda secara mendadak ya!

6. Kasih makan ikan secara rutin

Ikan cupang termasuk jenis ikan yang makan pada siang hari (diurnal). Ikan cupang bisa makan beberapa pakan seperti cacing darah, jentik nyamuk, pelet, dan kuning telur. Namun makanan yang paling ideal adalah cacing beku. Pastikan kebersihan makanannya agar ikan Ladies semakin lahap!

7. Ikan cupang perlu dijemur

Matahari sebagai sumber kehidupan juga sangat berguna untuk kejernihan air dan kesehatan ikan cupang itu sendiri Ladies. Jemur secara rutin setiap pagi agar air tidak tercemar jamur dan ikan cupang dapat memiliki warna yang jauh lebih indah.

8. Obati ikan cupang ketika lemas dan sakit

Tahukah Ladies kalau ikan cupang juga bisa sakit dan lemas? Ladies dapat mengenali ciri-cirinya mulai dari kehilangan nafsu makan, perut bengkak, perubahan warna pada sirip atau kulit, dan diam dalam waktu yang lama di dasar air.

Untuk mengatasinya, Ladies bisa teteskan metil biru atau garam ikan hias. Pastikan Ladies mengikuti dosis penggunaan yang tersedia pada label produk!

Setelah mengetahui beberapa cara memelihara ikan cupang di atas, apakah Ladies tertarik untuk memeliharanya?

Baca Juga:

Cocok Jadi Peliharaan, Berikut Jenis-Jenis Kelinci Populer  

7 Jenis Tanaman Anthurium Paling Populer dan Cantik

Mudah dan Murah! Begini Cara Stek Tanaman Bagi Pemula