Memahami Arti Komitmen dalam Hubungan Percintaan

0
214

Penulis: Feyberesia | Editor: Agnes

Komitmen merupakan bentuk dedikasi dan kewajiban yang mengikat kepada seseorang. Komitmen juga dapat diartikan sebagai kesepakatan atau perjanjian untuk melakukan sesuai aturan yang telah disepakati sebelumnya.

Dalam hubungan percintaan, komitmen serat kaitannya dengan kesetiaan. Komitmen dalam menjalani hubungan berarti Ladies rela mendedikasikan diri, waktu, dan cinta kepada pasangan dan hubungan dalam jangka waktu yang lama. Dalam menjalin suatu hubungan komitmen harus dilakukan, terlebih dalam ikatan pernikahan.

Bentuk Komitmen dalam Hubungan Percintaan

arti komitmen dalam hubungan

Bagaimana bentuk komitmen yang benar dalam hubungan asmara? Ada banyak! Untuk lebih lengkapnya, berikut Ladies Corner jelaskan beberapa bukti nyata komitmen dalam hubungan asmara. Langsung simak saja, ya!

1. Jalin Hubungan Serius

Jika Ladies dengan pasangan menyatakan akan menjalani hubungan yang serius, itu berarti Ladies telah berkomitmen dalam hubungan. Kendati demikian, bukan berarti orang yang ingin menjalani hubungan dengan santai tidak bisa berkomitmen, ya. Mereka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa berkomitmen dalam suatu hubungan dan tergolong santai.

2. Sesering Mungkin Habiskan Waktu Bersama

Ciri utama komitmen dalam hubungan adalah sering menghabiskan waktu bersama. Tidak melulu harus bertemu secara fisik, kok.

Bisa juga dengan komunikasi virtual atau melalui telepon. Jika sering menghabiskan waktu secara bersamaan, secara tidak langsung kalian sudah meluangkan waktu satu sama lain untuk menjaga hubungan asmara kalian.

3. Percaya, Setia, dan Terbuka

Kata lain dari komitmen adalah keterikatan. Jadi, kesetiaan merupakan komponen penting dalam komitmen berhubungan. Jika Ladies memutuskan untuk berkomitmen dalam satu hubungan, terbukalah tentang perasaan, baik terkait hal-hal yang umum atau yang bersifat pribadi. Dengan begitu, hubungan Ladies akan dilandasi dengan rasa percaya satu sama lain.

4. Mau Berkorban

Jika Ladies sudah mulai berkorban pada suatu hubungan, Si Dia juga akan berani berkorban demi hubungan kalian. Pengorbanan di sini tidak selalu tentang hal-hal besar, ya. Bisa juga hal-hal kecil yang tidak Ladies sadari, seperti mengubah jadwalnya khusus untuk Ladies atau rela menemani Ladies melakukan hobi, meskipun Si Dia tidak menyukai hal tersebut.

Cara Mempertahankan Komitmen dalam Hubungan Percintaan

arti komitmen dalam hubungan

Kunci utama mempertahankan komitmen dalam hubungan adalah percaya diri untuk menjadi diri sendiri apa adanya. Memaksakan diri menjadi orang lain justru akan meretakkan hubungan. Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa Ladies lakukan untuk menjaga komitmen dalam suatu hubungan, yaitu:

1. Berkompromi

Ladies pasti akan menemukan perbedaan-perbedaan, mulai dari pendapat hingga idealisme. Oleh sebab itu, Ladies dan pasangan dituntut untuk bisa berkompromi satu sama lain. Ingat, hubungan tanpa kompromi akan mudah dipenuhi dengan konflik.

2. Perbanyak Kenangan Bersama

Menjaga komitemen juga dapat dilakukan dengan memperbanyak kenangan bersama pasangan. Kenangan indah bersama Si Dia dapat membantu kalian melewati masa-masa sulit.

3. Selesaikan Konflik dengan Kepala Dingin

Jika Ladies dan pasangan sedang memiliki konflik, selesaikanlah dengan kepala dingin. Jangan pernah berteriak dan menuduh satu sama lain, apalagi berkata kasar. Terakhir, Ladies juga harus ikhlas menerima kritik, tidak keras kepala, saling memaafkan, dan bekerja sama untuk menemukan solusi terbaik.

Tanpa komitmen, Ladies dan pasangan mungkin akan kesulitan dalam menyatukan berbagai perbedaan untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, jagalah komitmen Ladies dengan pasangan, ya.

Baca Juga:

Kumpulan Kata-Kata Bijak untuk Sahabat yang Penuh Makna

Dijamin Ampuh! Ini 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Gatal

Sangat Indah, Yuk Berwisata ke 5 Negara Terkecil di Dunia!