Jangan Salah Pilih! Ini 5 Deretan Masker Kesehatan buat Cegah Corona

0
147

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Tak terasa sudah hampir dua tahun lamanya pandemi corona menghampiri Indonesia ya, Ladies. Kini, pemakaian masker kesehatan sudah menjadi hal yang normal dijumpai. 

Pertanyaannya, masker kesehatan seperti apa yang efektif untuk melindungi kita dari virus corona? Daripada bingung, simak yuk penjelasan jenis-jenis masker berikut ini. Coba cek, sudahkah masker yang kita pakai cukup efektif mencegah penularan virus?

Masker Bedah

Masker bedah merupakan jenis masker kesehatan yang paling sering dijumpai sekaligus dipakai orang. Pasalnya, masker jenis ini memang jauh lebih nyaman dipakai dibandingkan masker medis lainnya. Masker bedah dapat menahan droplet dalam rentang 80% hingga 90%.

Meskipun paling nyaman dikenakan, penggunaan masker ini sangat terbatas, Ladies. Untuk mencegah virus corona, kita hanya bisa memakainya selama maksimal empat jam saja. Masker juga mesti langsung dibuang setelah dipakai ya. Ingat, jangan dipakai lagi ya Ladies.

Masker KN95

Masker kesehatan selanjutnya cukup familier dipakai oleh para tenaga medis. Demi pencegahan akan virus corona, masker KN95 kini juga mulai dikenakan orang-orang. Masker ini sendiri dapat memblokir 95% partikel polutan di udara.

Dibandingkan dengan masker bedah, masker KN95 memberikan proteksi lebih tinggi untuk mencegah virus corona. Tidak hanya virus, masker ini juga mampu melindungi diri kita dari bakteri, kuman, hingga polusi udara. Hanya saja, tidak semua orang betah mengenakan masker ini terlalu lama karena terasa sesak karena sangat rapat.

Masker N95

Hampir sama dengan masker KN95, masker kesehatan berikutnya juga punya kemampuan menahan debu sekaligus polutan kecil hingga 95%. Selain itu, masker N95 sangat efektif mencegah virus corona. Sejauh ini belum banyak orang menggunakan masker ini karena dinilai kurang nyaman.

Secara khusus, masker N95 tidak berfungsi maksimal jika dipakai oleh anak-anak dan orang berjenggot tebal. Pasalnya, masker ini tidak menutupi wajah secara sempurna. Masker N95 sebenarnya didesain khusus untuk orang-orang dengan penyakit pernapasan, misalnya asma dan penyakit paru obstruktif kronis.

Masker KF94

Nah, masker asal Korea Selatan ini belakangan paling digemari oleh orang Indonesia. Dilansir dari Alodokter, masker KF94 disebut mempunyai perlindungan tinggi, hampir menyamai KN95 dan N95. Hal ini membuat masker kesehatan ini dinilai efektif buat mencegah penyebaran virus corona.

Dibandingkan masker kesehatan lain, masker KF94 juga paling nyaman digunakan seharian. Bentuknya menyerupai perahu dengan bagian penutup di bagian samping. Alhasil, celah antara wajah dan masker pun dapat makin diperkecil.

Masker Kain + Masker Bedah (Double Mask)

Ketika varian Delta mulai masuk ke Indonesia, pemerintah menghimbau orang-orang untuk mengenakan double mask. Maksudnya adalah penggunaan masker bedah dan masker kain secara bersamaan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan proteksi ganda atas virus corona.

Masker bedah harus dipakai terlebih dahulu, baru kemudian ditutupi dengan masker kain. Andai belum terbiasa memang rasanya cukup pengap. Penggunaan double mask sendiri dianggap cukup efektif menahan virus ketika Indonesia sedang berada di puncak pandemi beberapa bulan lalu.

Di masa pandemi yang belum usai, sudah semestinya kita disiplin mengenakan masker kesehatan saat di luar rumah. Ingat untuk terus taat protokol kesehatan dan jaga badan sebaik mungkin ya! 

Baca Juga:

Atasi Rambut Rontok dengan 5 Rekomendasi Vitamin Berikut!

Biar Tetap Sehat, Ini Daftar Suplemen Vitamin C yang Bagus

5 Merk Vitamin Lokal untuk Jaga Kesehatan Mata Keluarga