Hobi Travelling? Yuk Wisata ke 10 Masjid Terindah di Dunia Ini!

0
138

Penulis: Aufia | Editor: Agnes

Keindahan desain arsitektur bangunan bisa kita temukan di mana saja, tak terkecuali bangunan masjid, Ladies. Selain untuk kenyamanan beribadah, masjid juga bertujuan untuk menunjukkan keagungan dan kemuliaan Islam.

Nah, jika Ladies tertarik untuk wisata religi, yuk simak 10 masjid terindah di dunia berikut! Siapa tahu bisa jadi referensi liburan, Ladies.

1. Blue Mosque – Istanbul, Turki

Penasaran kenapa dinamakan Blue Mosque, Ladies? Sang pendiri, Sultan Ahmed I, memberikan warna biru pada kubahnya. Kubah tersebut dilengkapi 20 ribu ubin Iznik bermotif pohon, bunga dan pola abstrak. Didirikan pada tahun 1609, masjid ini mengusung konsep arsitektur indah dengan 6 menara sedangkan dindingnya dihiasi kaligrafi, corak bunga-bunga dan mozaik.

2. Masjid Sheikh Lotfollah – Isfahan, Iran

Robert Byron, seorang travel journal mengatakan bahwa Kota Isfahan, Iran tak kalah indahnya dengan Athena dan Roma. Di kota ini jugalah berdiri masjid indah bernama Sheikh Lotfollah yang dibangun pada tahun 1602 hingga 1619 pada era pemerintahan Shah Abbas.

Kubah masjid dilengkapi ubin berwarna krem dan dapat berubah menjadi merah muda pada saat sunset. Panel eksteriornya menampilkan seni ornamen Islam dengan desain bunga. Sementara ceruk jendelanya dihiasi ukiran batu dengan warna biru dan kuning.

3. Masjid Aqsunqur – Cairo, Mesir

Arsitektur Masjid Aqsunqur merefleksikan gaya Ottoman dilengkapi ubin Iznik berbentuk tulip dan pohon cemara seolah-olah membawa kita kembali ke abad-14. Di dalam masjid juga terdapat makam pendirinya, Syams El-Din Aqsunqur beserta beberapa putranya.

4. Masjid Jama – Agra, India

Masjid yang juga menjadi salah satu situs warisan dunia Fatehpur Sikri ini didirikan pada abad ke-16 di era kepemimpinan Kaisar Shah Jahan. Didesain dengan ornamen warna-warni pada gerbang utama masjid. Lantai masjid terbuat dari marmer hitam dan putih yang dihiasi warna mencolok layaknya hamparan sajadah. Indah banget kan Ladies!

5. Masjid Jami-Ul-Alfar atau Masjid Merah – Kolombo, Sri Langka

Jika di Turki terdapat Masjid Biru, di Kolombo terdapat Masjid Merah, Ladies. Disebut Masjid Merah karena konstruksi batu batanya dicat merah dan putih. Masjid yang juga landmark Kolombo ini didesain dengan kubah berbentuk delima.

6. Masjid Hassan II – Casablanca, Maroko

Dinding masjid yang terletak di garis Pantai Atlantik ini dilapisi marmer halus. Memiliki menara setinggi 210 meter dan dilengkapi laser yang mengarah ke Mekah. Uniknya, lantai di aula utama masjid terbuat dari kaca, sehingga memungkinkan pengunjung untuk melihat dasar Laut Atlantik.

7. Masjid Al Aqsa – Yerusalem

Keindahan Masjid Al-Aqsa tercermin dari arsitektur timur klasiknya yang dilengkapi 121 jendela kaca patri dan kubah perak yang terbuat dari lapisan timah. Masjid yang menjadi salah satu situs warisan budaya UNESCO ini juga memiliki nilai sejarah tinggi loh. Karena menjadi tempat singgah Rasulullah dalam perjalanan Isra Mi’raj dan pernah menjadi kiblat pertama umat Muslim sebelum Ka’bah.

8. Masjid Agung Xi’an – China

Dibangun pada tahun 700-an Masehi, Masjid Agung Xi’an mengusung perpaduan arsitektur tradisional Tiongkok dan Islam. Desainnya terinspirasi dari desain masjid Timur Tengah dan Persia. Namun tetap mempertahankan gaya infrastruktur masa Dinasti Ming dan Qing.

9. Masjid Wazir Khan – Lahore, Pakistan

Masjid yang berdiri sejak abad ke-17 ini dihiasi lukisan dan ubin fresco dengan warna kobalt, biru, hijau, kuning, dan ungu. Lantai atas masjid merupakan salah satu titik pandang penting di Lahore. Di mana pengunjung bisa melihat area Kashmiri Bazaar.

10. Masjid Nasir Al-Molk – Iran

Bak memasuki negeri dongeng, keindahan interior masjid yang dibangun pada tahun 1888 ini memang tak ada duanya. Didesain dengan pilar ukir dan permadani Persia untuk menutup lantai. Tak hanya itu, jendelanya dihiasi kaca patri warna-warni yang akan memantulkan bias cahaya matahari ke lantai masjid.

Itulah list 10 masjid terindah di dunia. Bagaimana Ladies, tertarik mengunjungi yang mana?

Baca Juga:

Sangat Indah, Yuk Pergi ke 10 Tempat Wisata Religi

Piknik ke 11 Tempat Wisata Bandung yang Ramai dan Kece Ini!

Sangat Indah, Yuk Berwisata ke 5 Negara Terkecil di Dunia!