Ketahui Manfaat Tidak Memakai Celana Dalam Bagi Kesehatan Tubuh

0
225

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, kebiasaan melepas bra sebelum tidur sepertinya sudah menjadi hal yang biasa. Namun, pernahkah kita kepikiran untuk tidak memakai celana dalam saat malam hari? Sekilas terkesan jorok ya, apalagi kita terbiasa melindungi area kewanitaan dengan celana dalam.

Melepas celana dalam saat tidur memang terdengar cukup aneh. Namun ternyata kebiasaan tidak mengenakan celana dalam di malam hari punya manfaat buat kesehatan kita loh. Coba simak informasinya berikut ini, yuk.

Mengurangi Risiko Infeksi Jamur

manfaat tidur tidak pakai celana dalam

Organ reproduksi wanita rentan sekali terkena infeksi jamur. Penyebabnya pun beragam, mulai dari kelembapan di area celana, konsumsi gula berlebihan, hingga perubahan suhu. Penggunaan celana dalam yang terlalu ketat membuat risiko infeksi jamur semakin tinggi.

Celana dalam yang berbahan non katun membuat kulit susah bernapas. Hal ini menyebabkan area kewanitaan menjadi amat lembap. Itu sebabnya, sangat disarankan lebih baik para wanita melepas celana dalam di malam hari jelang tidur.

Melindungi Vulva

manfaat tidur tidak pakai celana dalam

Vulva dikenal juga dengan nama bibir vagina. Area ini cukup sensitif dan riskan mengalami lecet akibat gesekan berlebihan. Penggunaan celana dalam saat tidur sangat memungkinkan risiko gesekan pada vulva ini.

Saat vulva mengalami gesekan terus-menerus, bukan tidak mungkin vagina bisa terluka, berdarah, hingga infeksi. Saat memilih tidak menggunakan celana dalam, setidaknya kita bisa melindungi vulva dari hal-hal di atas. Patut kita coba nih ya!

Menghindari Kemungkinan Keputihan

manfaat tidur tidak pakai celana dalam

Ladies, pasti kesal rasanya ya ketika mengalami keputihan. Cairan yang keluar dari vagian ini memang dapat membuat area kewanitaan kita terasa tak nyaman.

Nah, ternyata salah satu penyebabnya bisa berasal dari penggunaan celana dalam yang ketat dan lembap. Celana yang lembap dan terlalu ketat membuat pertumbuhan bakteri dan jamur semakin tinggi. Hal itu yang menyebabkan ketidakseimbangan pH di area vagina.

Untuk menghindari hal itu, memilih melepas celana dalam di malam hari dapat menjadi opsi terbaik. Penting juga untuk selalu menjaga kebersihan area kewanitaan ya, Ladies.

Mencegah Aroma Tak Sedap

manfaat tidur tidak pakai celana dalam

Kelembapan tinggi di area reproduksi wanita bukan hanya menyebabkan infeksi dan keputihan. Dua hal tersebut lantas juga membuat vagina kita beraroma tak sedap. Apakah Ladies pernah mengalaminya juga?

Bagian vagina yang tertutup rapat oleh celana dalam membuat keringat dan panas terperangkap di sana. Alhasil, organ reproduksi kita pun menjadi bau dan tak jarang membuat kita risih. Oleh sebab itu, penting sekali melepas celana dalam saat tidur untuk mencegah aroma tak sedap muncul.

Memberi Ruang Organ Reproduksi “Bernapas”

manfaat tidur tidak pakai celana dalam

Area kewanitaan kita bisa dibilang hampir 24 jam tertutup oleh celana dalam. Kita hanya sesekali melepasnya saat mandi ataupun ke kamar kecil saja. Hal ini yang membuat kulit di area kewanitaan kita kurang ruang untuk bernapas.

Nah, kita bisa melepas celana dalam saat tidur agar kulit di area kewanitaan dapat bernapas. Cara mudah ini sudah dapat membantu menjaga kesehatan organ reproduksi kita. Mungkin awalnya kita risih, tetapi lama-lama pasti akan terbiasa juga kok.

Nah, sekarang Ladies sudah tahu manfaat dari melepas celana dalam di malam hari. Sekali lagi, bukannya jorok loh, tetapi memang banyak manfaat buat kesehatan.

Baca Juga:

Kumpulan Kata-Kata Bijak untuk Sahabat yang Penuh Makna

7 Rekomendasi Produk Lipcare untuk Mencerahkan Bibir

Kenali Karakteristik Kain Sutra yang Wajib Diketahui!