7 Manfaat Tamanu Oil Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Ampuh Atasi Jerawat!

0
107

Penulis: Rina  | Editor: Agnes

Pernah dengar tamanu oil kah Ladies? Minyak yang satu ini berasal dari pohon kacang tamanu yang punya segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Enggak kalah dari minyak zaitun atau minyak kelapa, tamanu oil bisa merawat kulit hingga rambutmu, loh

Sebenarnya tamanu oil ini sudah digunakan sejak dahulu oleh masyarakat Asia Tenggara untuk mengobati luka dan perawatan kulit. Mau tau apa aja manfaat minyak tamanu? Keep reading Ladies!

1. Menghambat penuaan dini

Salah satu bahan aktif yang ada dalam tamanu oil adalah antiaging. Banyaknya asam lemak yang terkandung dalam minyak ini efektif menjaga kelembapan kulit, memperbaiki dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. 

Berdasarkan penelitian, tamanu oil mampu menyerap sinar UV dan menghambat kerusakan kulit akibat radiasi hingga 85%. Selain itu produksi kolagen juga dapat meningkat sehingga mencegah kerutan.

2. Pelembap alami

Tingginya kandungan lemak dalam tamanu oil membuat minyak ini efektif meningkatkan kadar kelempan kulit. Nah, buat Ladies yang punya masalah kulit kering, coba aplikasikan tamanu oil untuk menjaga kelembapan kulit. 

3. Mengatasi masalah jerawat dan bekasnya

Minyak tamanu memiliki kandungan antibakteri yang melawan berbagai bakteri termasuk penyebab jerawat. Minyak ini akan merawat peradangan pada jerawat sehingga mengurangi efek kemerahan yang muncul saat jerawat sedang matang. 

Enggak hanya itu, tamanu oil juga akan merawat kulit Ladies dari bekas jerawat. Regenerasi kulit akan terangsang lebih cepat karena kandungan glycosaminoglycan dan kolagen sehingga memudarkan luka bekas jerawat.

4. Menyamarkan mata panda

Asam lemak yang tinggi dalam tamanu oil yang melembapkan membuat minyak yang satu ini cocok diaplikasikan pada bagian kulit yang tipis. Salah satunya adalah bagian bawah mata yang rawan menghitam. Apabila kelembapan bagian bawah mata terjaga, maka bisa menyamarkan warna hitam pada lingaran bawah mata. Say goodbye to mata panda!

5. Menyamarkan stretch marks

Minyak tamanu mengandung antiradang, antioksidan dan zat pelembap yang mampu meminimalisir tampilan stretch marks. Manfaat yang satu ini sudah banyak diketahui oleh banyak orang loh Ladies. Dibanding menggunakan krim penghilang stretch marks, coba deh minyak alami yang satu ini.

6. Mengurangi kerontokan rambut

Selain bisa dipakai untuk perawatan kulit, tamanu oil juga bisa diaplikasikan pada rambut. Belum ada penelitian khusus terkait efektivitas tamanu oil untuk mengurangi kerontokan rambut, namun banyak orang percaya akan manfaat yang satu ini. Yang pasti sih minyak ini melembapkan rambut dengan efektif.

7. Obat vaginitis

Berdasarkan penelitian, minyak tamanu berpotensi menjadi obat untuk penyakit vaginitis atau peradangan pada area vagina. Hal ini dikarenakan minyak tamanu bersifat antiseptik, antimikroba, antiinflamasi dan alagesik. 

Meskipun tamanu oil memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, beberapa orang memiliki alergi terhadap minyak yang satu ini. Apabila muncul gejala alergi pasca penggunaan, segera hentikan pemakaian ya Ladies. 

Baca Juga:

Menakjubkan! Ini 5 Manfaat Suntik Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh!

Kulit Kamu Sensitif? Pakai Rekomendasi 7 Body Lotion Terbaik Ini

Ini Dia Cara Mencerahkan Kulit Tubuh yang Ampuh