Serba-Serbi Manfaat Sperma: Benarkah Baik untuk Kesehatan Wanita?

0
297

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, seks oral menjadi salah satu aktivitas seksual yang cukup familiar bagi beberapa pasangan. Alhasil, sebagian wanita pun merasa lumrah jika harus menelan sperma dari pasangannya. Apalagi banyak juga kabar yang mengatakan bahwa menelan sperma punya banyak manfaat buat wanita.

Lalu, sebenarnya baik tidak sih menelan sperma pasangan? Lagipula tidak semua wanita menyukai kegiatan seks tersebut. Sebelum menjawabnya, ada baiknya kita pahami dulu serba-serbinya berikut ini ya.

Fungsi dari Sperma

manfaat sperma

Kita coba pelajari dan dalami kembali tentang sperma itu sendiri. Dilansir dari Alodokter, tugas sperma adalah membuahi sel telur milik wanita. Jadi, fungsi utamanya tentu untuk proses pembuahan yang menjadikan manusia dapat melakukan fungsi reproduksi dengan baik.

Jika dilihat dari fungsinya, sperma memang tidak diperuntukkan untuk ditelan oleh wanita. Sejauh ini belum ada penelitian yang benar-benar pasti membuktikan manfaat menelan sperma. Setelah ini, kita akan mencermati kandungan apa saja yang ada di dalam sperma.

Sperma Merupakan Bagian dari Cairan Semen

manfaat sperma

Laki-laki akan mengalami ereksi saat melakukan hubungan seksual dengan wanita. Kala mencapai klimaks, laki-laki kemudian merasakan ejakulasi, yaitu keluarnya cairan semen. Nah, cairan semen ini sendiri terdiri dari 1% sperma serta 99% senyawa lain.

Senyawa tersebut antara lain kalsium, magnesium, asam amino, protein, dan lain-lain. Kandungan-kandungan inilah yang kemudian diartikan masyarakat umum sebagai bahan yang baik untuk tubuh. Banyak orang beranggapan menelan sperma ibarat memasukkan banyak manfaat ke dalam tubuh.

Sperma Mengurangi Gejala Depresi

manfaat sperma

Beberapa penelitian memang sempat menunjukkan manfaat sperma sebagai penurun depresi. Penelitian tersebut merujuk kepada sampel wanita yang jauh lebih berbahagia ketika melakukan hubungan seks tanpa kondom. Namun, hasil ini belum bisa dibuktikan lebih lanjut.

Selain itu, di dalam sperma sendiri memang mengandung zat antidepresan seperti endorfin, prolaktin, serta oksitosin. Sekali lagi, kebenaran sperma dapat meningkatkan suasana hati pun masih menunggu kajian lebih detail.

Amankah Menelan Sperma?

manfaat sperma

Sebagian wanita bisa mengalami alergi setelah menelan sperma. Alergi yang ditimbulkan antara lain gatal-gatal, perih, kulit kemerahan, hingga pembengkakan. Kondisi alergi seperti ini dikenal dengan human seminal plasma hypersensitivity (HSP).

Yang paling berbahaya dari aktivitas menelan sperma adalah risiko terkena penyakit seksual menular. Apalagi jika si laki-laki suka bergonta-ganti pasangan. Oleh sebab itu, jauh lebih aman jika kita memastikan pasangan kita tidak memiliki penyakit seksual saat ingin melakukan seks oral. 

Bagaimana dengan Manfaat Sperma untuk Kulit Wajah?

manfaat sperma

Di sisi lain, ada juga anggapan bahwa sperma juga punya manfaat untuk kulit wajah. Hal ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Apalagi jika merujuk pada risiko alergi yang muncul saat kulit terkena sperma.

Dokter sendiri tidak menyarankan wanita menggunakan sperma untuk menyehatkan kulit wajah. Ada baiknya rutin merawat wajah saja serta mengonsultasikan masalah kulit ke dokter. 

Baik tidaknya menelan sperma pada akhirnya akan kembali ke perilaku seks masing-masing wanita. Sah-sah saja melakukan oral seks asalkan kita sudah yakin kondisi seks pasangan kita pun benar-benar sehat.

Baca Juga:

Ampuh! Cerahkan Miss V dengan Perawatan Bahan Alami Ini

Hati-Hati, Ini Ciri-Ciri Kadar Kolesterol dalam Tubuhmu Tinggi!

6 Rekomendasi Serum yang Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

Sumber