Wajib Tahu, Ini 7 Manfaat Propolis bagi Kesehatan dan Kecantikan!

0
106

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Selama ini kita mengenal lebah sebagai penghasil madu yang baik untuk kita konsumsi. Nah, ternyata ada banyak manfaat propolis untuk kesehatanmu, Ladies!

Mau tahu apa saja manfaat propolis ini bagi kesehatan dan kecantikanmu? Kita simak bareng-bareng yuk, Ladies!

1. Membantu Penyembuhan Herpes Genital

Dilansir dari HelloSehat, salep herbal dengan kandungan propolis dapat bermanfaat dalam penyembuhan herpes genital. Seseorang yang menderita herpes genital biasanya akan mengalami nyeri luar biasa di area kelamin. Mengoleskan salep herbal ini ternyata mampu meredakan nyeri tersebut.

Selain itu, kandungan propolis dalam salep juga sanggup melawan virus herpes sekaligus mencegahnya datang kembali. Wah, propolis dapat digunakan sebagai obat alami bagi para penderita herpes nih!

2. Dapat Mengobati Kanker

Dalam jurnal Clinical Review in Allergy and Immunity menyebutkan bahwa propolis mempunyai khasiat antikanker, loh. Efeknya adalah dapat mencegah dan menghambat sel kanker di dalam tubuhs, sehingga menurukan risiko terkena kanker, Ladies.

3. Mengobati Luka

Salah satu manfaat propolis yang paling mudah dirasakan adalah sebagai penyembuh luka kulit. Zat dalam propolis punya sifat sebagai antibakteri, antiradang, sekaligus antijamur loh. Hal inilah yang kemudian menyebabkan propolis memiliki kemampuan mempercepat pemulihan luka.

Saat ada luka di kulit, coba saja oleskan propolis secara perlahan, Ladies. Dalam beberapa hari, propolis akan menghambat kerja sel mast yang bekerja memperlambat penyembuhan luka. Alhasil, luka pun akan lebih cepat kering.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Buat Ladies yang mempunyai masalah tekanan darah tinggi, rutin mengonsumsi propolis mungkin dapat menjadi solusi. Sebuah studi dari Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menyebutkan bahwa meminum propolis dua kali sehari dalam tiga bulan dapat menurunkan tekanan darah, loh. Keren banget kan?

Namun, tetap saja hasil penelitian ini masih perlu dilakukan. Selain itu, bagi Ladies yang memiliki riwayat penyakit asma dan sedang menyusui, sebaiknya konsultasi dahulu dengan dokter, ya. 

5. Baik untuk Perawatan Gigi dan Mulut

Manfaat propolis lainnya adalah sebagai antibakteri dan antiinflamasi yang baik dipakai sebagai obat kumur, loh. Dua sifat propolis ini menghambat tumbuhnya bakteri candida dan streptococci. Keduanya berpotensi menyebabkan kerusakan pada gigi kita.

Dengan begitu, propolis otomatis punya manfaat baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Kita mungkin bisa mulai mencoba nih rutin berkumur pakai propolis tiap habis sikat gigi.

6. Membantu Menurunkan Gula Darah serta Kolesterol

Dilansir dari Alodokter, ada riset kecil yang menunjukkan bahwa propolis efektif dipakai sebagai obat penyembuhan bagi penderita diabetes. Propolis mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan menghambat munculnya resistensi insulin.

Di sisi lain, propolis juga menurunkan risiko terjadinya beberapa penyakit seperti stroke dan jantung. Tentu masih dibutuhkan studi ilmiah lebih lanjut guna menjamin efektivitas dan keamanan dari penggunaan propolis ini. Tapi tenang, propolis tetap aman kok, Ladies!

7. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Bagi para Ladies, propolis punya manfaat baik buat kecantikan wajah nih. Mulai dari membantu mengurangi pigmentasi, meningkatkan produksi kolagen, hingga menghilangkan sel kulit mati. Wah, manfaatnya sudah selengkap skin care yang kita pakai ya!

Kita bisa mengaplikasikan propolis langsung dengan mengoleskannya di wajah. Bisa juga mencampurnya dengan air terlebih dahulu. Sekarang ada juga suplemen dengan kandungan propolis yang dapat kita konsumsi sehari-hari.

Dengan segala manfaat propolis di atas, tidak ada salahnya kita mulai rutin mengonsumsinya nih. Biar lebih aman, ada baiknya tetap konsultasikan ke dokter dulu ya saat memakainya!

Baca Juga:

Ajaib buat Wanita, Ini 5 Manfaat Bio Oil untuk Kesehatan Kulit

Bagaimana Ukuran Penis Normal dari Segi Ilmu Kesehatan?

Inilah 9 Manfaat Mengonsumsi Sari Kunyit untuk Kesehatan