Menakjubkan! Ini Manfaat Membaca Al-Quran

0
136

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Al-quran merupakan kitab suci umat muslim yang di dalamnya berisikan tentang firman-firman Allah SWT. Kitab ini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril untuk dibaca, dipahami, dan diamalkan sebagai pedoman hidup bagi umat manusia.

Sebagai pedoman hidup bagi manusia khususnya umat muslim, tentu saja ada manfaat-manfaat yang kita dapatkan jika mengamalkan Al-quran. Yuk, kita pelajari lebih jauh manfaat membaca Al-quran, Ladies.

1. Mendapatkan Ganjaran Pahala dan Karunia dari Allah SWT

Membaca Al-quran merupakan salah satu bentuk ibadah seperti halnya ibadah lainnya. Saat seorang membaca Al-quran maka dia mendapatkan ganjaran pahala dan mendapatkan karunia dari Allah.

Allah akan menyempurnakan pahala kepada orang-orang yang selalu beribadah, termasuk membaca Al-quran . Hal ini sesuai dengan ayat 29-30 dalam surah Fatir berikut ini:

Allah SWT juga memberikan pahala yang berlipat kepada mereka yang membaca Al-quran juga terdapat dalam hadis riwayat Bukhari berikut ini.

2. Mendapatkan Ketentraman Hati

Lafal-lafal dalam Al-quran yang kita baca akan memberi ketentraman hati. Apapun masalah kita banyak dibahas di dalam ayat-ayat Al-quran. Saat kita membaca kalimat demi kalimat yang ada di dalam Al-quran dan meresapinya, hati akan terasa damai serta menjauhkan kita dari kerisauan hati.

Inilah ayat Al-quran yang membahas tentang ketentraman hati didapat jika mengingat Allah SWT.

3. Obat Penawar Segala Penyakit Hati dan Fisik

Di dalam ayat Al-quran, Allah telah berfirman bahwa Al-quran adalah obat penawar dari segala macam penyakit dan juga rahmat bagi umat muslim yang beriman. Seperti yang terdapat dalam ayat-ayat berikut ini.

4. Membuat Kita Menjadi Jauh Lebih Mensyukuri Nikmat dari Allah SWT

Al-quran juga berisi tentang nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita. Membaca Al-quran juga dapat menjadi pengingat bagi kita agar senantiasa bersyukur kepada Allah.

Dengan mensyukuri segala nikmat yang telah Allah berikan, kita akan dilimpahkan nikmat dan karunia-Nya terus-menerus, seperti yang dijelaskan dalam ayat berikut.

5. Dijauhkan dari Kesesatan dan Terhindar dari Celaka

Dengan membaca Al-quran akan meningkatkan pemahaman dan usaha kita untuk terus di jalan yang lurus. Dengan begitu kita dapat terhindar dari kesesatan dan celaka dunia dan akhirat. 

6. Menjadi Manusia yang Mendapat Tempat Terbaik

Dengan mengamalkan kebaikan yang terkandung dalam Al-quran kita menjadi manusia yang mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Sebagaimana yang ada di hadis berikut ini.

7. Rumah Disinari Cahaya dan Terbebas dari Gangguan Gaib

Jika kita membaca Al-quran, rumah kita akan bersinar layaknya bintang, seperti yang ada di dalam hadis berikut ini.

Selain itu, kita yang sering membaca Al-quran di rumah akan menjadikan rumah terhindar dari gangguan gaib.

8. Memperoleh Syafaat Pada Hari Kiamat

Jika kita membaca Al-quran. kita akan mendapatkan syafaat di hari kiamat karena telah membaca, mempelajari, dan mengamalkan isi Al-quran.

9. Mendapatkan Tempat Terbaik di Surga Apabila Diamalkan dalam Kehidupan

Membaca, meresapi, dan mengamalkan Al-quran bisa menjadi bekal kita di akhirat nanti. Tidak hanya diri sendiri, tetapi orang tua kita juga akan mendapatkan manfaatnya.

Demikianlah manfaat membaca Al-quran yang perlu diketahui. Semoga informasi ini dapat meningkatkan semangat kita agar senantiasa membaca kitab suci. Jangan lupa amalkan ya, Ladies!

Baca Juga:

Nikah Siri: Hukum, Tata Cara, dan Syaratnya

5 Hukum Nikah dalam Islam yang Wajib Diketahui

Ingin Dimudahkan dalam Berkarir? Berikut Kumpulan Doa Meminta Rezeki