Ajaib Banget! 8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Setiap Hari

0
123

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Selain enak, madu juga punya banyak manfaat. Apalagi sepanjang pandemi ini orang-orang mulai getol meningkatkan imunitas tubuh. Salah satu cara untuk meningkatkan imun adalah dengan rutin mengonsumsi madu setiap hari.

Kandungan nutrisi yang beragam dalam madu membuat bahan ini juga populer sebagai obat tradisional. Tidak heran jika hingga sekarang banyak orang tua menasihatkan anak-anak muda untuk mengonsumsinya. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat madu jika dikonsumsi setiap hari, Ladies!

Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

Terkenal dengan rasanya yang manis, ternyata madu juga mengandung banyak gizi, loh. Ini karena madu mengandung zat antibakteri dan antinflamasi yang baik untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi madu secara rutin yang perlu Ladies tahu.

1. Meredakan Batuk

Buat Ladies yang mudah terkena batuk, rutin minum madu ada manfaatnya, loh. Dilansir dari Alodokter, madu dapat merangsang produksi air liur yang nantinya akan membantu melembapkan tenggorokan. Saat rasa gatal muncul di tenggorokan, hal ini otomatis dapat dikurangi sehingga mencegah munculnya batuk.

Madu sendiri sudah sering dipakai untuk meredakan batuk sejak dulu. Sebagai obat alami, madu dinilai jauh lebih aman daripada obat batuk kebanyakan. Bahkan, ibu menyusui maupun anak-anak aman meminum madu.

2. Menaikkan Daya Tahan Tubuh

Selama masa pandemi ini, madu efektif untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan fitonutrien di dalam madu efektif menguatkan sel-sel tubuh. Alhasil, badan kita pun tidak mudah terkena infeksi dari luar.

Dengan demikian, rutin minum madu setiap hari secara tidak langsung membentuk badan kita lebih kuat secara alami. Kita dapat mengonsumsinya dengan mencampurkan pada minuman ataupun kita pakai sebagai pengganti gula, Ladies.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Dilansir dari HelloSehat, madu ternyata mempunyai senyawa bersifat antikanker, loh. Seperti yang kita tahu, kanker terjadi karena pertumbuhan sel-sel tubuh yang tidak terkendali dan menumpuk hingga membentuk tumor.

Nah, senyawa aktif dalam madu bertugas mencegah pertumbuhan sel berlebihan sekaligus mematikan sel yang tidak dibutuhkan. Jadi, selain baik untuk menjaga daya tahan tubuh, madu pun ampuh mencegah kanker.

4. Sebagai Pengganti Gula

Untuk para penderita diabetes, madu dapat digunakan sebagai alternatif pengganti gula yang lebih menyehatkan. Dengan kandungan nutrisi lebih baik, madu jauh lebih aman diminum dibandingkan gula pasir. Kita tidak perlu lagi mengonsumsi gula berlebih yang nantinya hanya menjadi kalori tanpa nutrisi bagi tubuh.

Namun, tetap hati-hati ya karena madu bersifat manis dan mengandung gula alami, jadi tetap harus dibatasi. Cukup masukkan ¾ takaran madu dalam sendok ke minuman untuk mendapatkan rasa manis lebih aman.

5. Membantu Penyembuhan Luka

Manfaat minum madu lainnya adalah membantu proses penyembuhan luka. Madu memiliki sifat antibakteri dengan pH asam yang efektif mematikan pertumbuhan bakteri, loh. Dengan begitu, luka pun dapat terhindar dari infeksi bakteri secara berlebihan.

Di sisi lain, efek antiradang pada madu ampuh menyamarkan bekas-bekas luka secara perlahan. Selain itu, madu juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang nantinya akan berpengaruh pada perbaikan kulit setelah muncul luka.

7. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Radikal bebas berpotensi memicu asam lambung pada pencernaan kita, loh. Untuk mencegahnya, Ladies dapat mengonsumsi madu. Ini karena kandungan antioksidan pada madu bagus untuk melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh kita. 

Alhasil, kerusakan sel-sel di saluran pencernaan kita pun dapat dicegah dan berkurang. Jadi, jangan heran banyak orang tua yang menyarankan meminum madu saat maag sedang kambuh. Ternyata hal ini secara medis memang benar kok, Ladies.

8. Merawat Kesehatan Kulit

Selain baik untuk kesehatan pencernaan, madu juga bagus untuk kulit, loh. Kita dapat memanfaatkan madu untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena antioksidan dalam madu dapat melawan radikal bebas sehingga kulit kita pun terjaga sehat dan tidak mudah terkena penuaan dini. Dilansir dari HelloSehat, semakin gelap warna madu, maka semakin tinggi pula kandungan antioksidannya.

Ladies dapat menggunakan madu dengan mengoleskannya ke kulit seperti lulur. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Kulti jadi terlihat cerah dan lebih halus pastinya, Ladies!

Wah, ternyata ada banyak manfaat madu yang dapat kita rasakan jika dikonsumsi secara rutin. Yuk, mulai sekarang kita campur beberapa sendok madu ke minuman untuk meningkatkan imun dan sebagai pengganti gula!

Baca Juga:

5 Merek Madu Kesehatan yang Bagus buat Jaga Kesehatan

Wajib Tahu, Ini 7 Manfaat Propolis bagi Kesehatan dan Kecantikan!

Inilah 9 Manfaat Mengonsumsi Sari Kunyit untuk Kesehatan