Inilah 9 Manfaat Mengonsumsi Sari Kunyit untuk Kesehatan 

0
208

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Beberapa rempah alami terkenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu yang dikenal kaya akan manfaat adalah kunyit.

Tidak hanya berfungsi sebagai penambah cita rasa dalam masakan, kunyit dipercaya sangat baik untuk kesehatan, loh. Berikut ini Ladies Corner sajikan sejumlah manfaat dari mengonsumsi sari kunyit. Apa saja sih memangnya? Langsung disimak ya!

1. Menjaga kesehatan jantung

manfaat kunyit untuk kesehatan

Manfaat pertama dari mengonsumsi sari kunyit adalah menjaga jantung kita tetap sehat. Kurkumin dalam kunyit dapat meningkatkan fungsi jantung dan pembuluh darah. Sehingga tubuh kesehatan tubuh terjaga dan mengurangi risiko penyakit jantung.  

2. Mencegah dan mengobati penyakit kanker

manfaat kunyit untuk kesehatan

Selain jantung, sari kunyit juga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam kurkumin dipercaya dapat menurunkan risiko kerusakan sel-sel tubuh. Dalam sebuah penelitian, kunyit juga mampu memperlambat penyebaran sel tumor.

3. Mengobati dan mencegah diabetes

manfaat kunyit untuk kesehatan

Senyawa kurkumin dalam kunyit mampu mengontrol kadar gula darah, sehingga baik untuk penderita diabetes. Selain itu, juga ampuh mencegah peradangan. Konsumsi sari kunyit secara teratur dan dapatkan khasiatnya.

4. Berperan dalam mengobati depresi

manfaat kunyit untuk kesehatan

Buat Ladies yang merasa mudah stres bisa konsumsi sari kunyit. Meskipun sejumlah penelitian menyatakan hasil yang beragam, tetapi para ilmuwan melihat kurkumin memiliki potensi untuk meredakan depresi dan membantu antidepresan bekerja lebih baik.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

manfaat kunyit untuk kesehatan

Sudah bukan hal yang baru kalau bicara khasiat yang satu ini. Yup! Berkat kandungan antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidannya, sari kunyit menjadi obat efektif untuk mengatasi masalah kulit. Misalnya jerawat, eksim, photoaging, dan psoriasis. 

6. Menjaga tubuh dari radikal bebas

manfaat kunyit untuk kesehatan

Radikal bebas dapat mengacaukan lemak, protein, serta DNA dalam tubuh sehingga menimbulkan penyakit. Untuk mencegah hal itu, sebaiknya Ladies mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan. 

Antioksidan membantu melindungi tubuh kita dari kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Kandungan antioksidan dalam kunyit mampu menangkal berbagai jenis radikal bebas dan mengontrol enzim dalam tubuh sehingga imunitas tubuh meningkat.

7. Menjadi suplemen alami untuk anti penuaan

manfaat kunyit untuk kesehatan

Selain mengatasi berbagai masalah kulit, mengonsumsi sari kunyit juga efektif untuk anti penuaan. Kunyit mampu melawan peradangan dan melindungi tubuh dari radikal bebas, sehingga membuat tubuh tetap terlihat muda. Jadi, buat Ladies yang ingin memiliki perawatan dengan biaya terjangkau, coba deh untuk rajin mengonsumsi sari kunyit.

8. Mencegah masuknya infeksi virus

manfaat kunyit untuk kesehatan

Maraknya penyebaran virus belakangan ini membuat kita risau ketika harus menjalankan aktivitas sehari-hari. Tetapi Ladies, tidak perlu khawatir karena mengonsumsi sari kunyit bisa mencegah masuknya virus, loh!

Kurkumin dipercaya mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan sifat antioksidan, antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri. Kurkumin juga terbukti membantu menaikkan imun dalam tubuh.

9. Membantu menunda atau membalikkan penyakit alzheimer

manfaat kunyit untuk kesehatan

Terakhir, kandungan dalam kunyit terbukti mampu mencegah penyakit degeneratif seperti alzheimer. Nah, dengan mengonsumsi sari kunyit bisa menjaga sel-sel saraf tetap sehat serta mengatur komunikasi antar sel saraf.

Bagaimana Ladies? Sekarang sudah tahu kan kalau sari kunyit itu banyak manfaatnya!

Baca Juga:

Kenali Jenis dan Cara Menghilangkan Komedo yang Efektif

7 Rekomendasi Skincare dari Brand Lokal Atasi Kulit Berjerawat

7 Rekomendasi Lipstik Nude yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang