Enggak Cuma Enak, Ini Nutrisi dan 5 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan

0
135

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Jengkol menjadi salah satu makanan kesukaan bagi orang Indonesia. Selain enak, ternyata jengkol punya segudang nutrisi serta manfaat buat tubuh loh, Ladies. Mau tahu apa saja manfaat jengkol bagi kesehatan, Ladies?

Yuk, simak beberapa manfaat dari jengkol lewat ulasan berikut ini. Ladies juga akan belajar tips mengonsumsi jengkol yang aman secara medis. Langsung saja, check this out!

Nutrisi dan Manfaat Jengkol

 

Jengkol banyak ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara. Contohnya di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Jengkol sendiri dapat kita makan hingga 95% dari buahnya. Meskipun rentan meninggalkan bau mulut, orang-orang sangat suka mengonsumsi jengkol ini loh.

Dalam setiap 100 gram jengkol, ada kandungan gizi seperti air, protein, lemak, karbohidrat, dan serat. Bahan-bahan lainnya antara lain kalsium, besi, fosfor, kalium, vitamin A, hingga vitamin C. Ternyata tidak hanya enak, jengkol juga penuh nutrisi ya!

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat jengkol yang baik buat kesehatan. Asal dikonsumsi secara bijak dan tidak berlebihan, kita dapat memperoleh keuntungan untuk kesehatan, loh.

1. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam jengkol berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas. Radikal bebas menjadi penyebab utama imunitas mudah menurun. Jadi, mengonsumsi jengkol ketika tubuh sedang tidak fit ternyata ada baiknya, loh.

2. Menjaga Gula Darah Terkontrol

Kalau Ladies punya riwayat diabetes dalam keluarga, enggak ada salahnya untuk mengonsumsi jengkol. Hal ini karena kandungan asam jengkolat dalam jengkol mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Namun, konsumsi jengkol bagi penderita diabetes hendaknya tetap di bawah pengawasan dokter ya, Ladies.

3. Mencegah Anemia

 

Selain kaya antioksidan, jengkol juga mengandung zat besi yang ampuh mencegah tubuh kekurangan darah. Alhasil, makanan ini baik juga untuk mengatasi anemia. Dengan kebutuhan zat besi yang tercukupi, tubuh dapat memproduksi hemoglobin secara maksimal. Keren banget kan, Ladies!

4. Mengurangi Peradangan

Dilansir dari HelloSehat, ekstrak jengkol dikatakan mempunyai sifat antimikroba. Beberapa jenis mikroba yang ampuh dibasmi ekstrak ini antara lain Staphylococcus aureus, Staphylococcus epidermis, dan Microsporum gypsum. Itu artinya, kandungan dalam jengkol efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang disebabkan bakteri-bakteri.

5. Mencegah Sakit Asam Lambung

Dalam studi Global Journal of Pharmacology menyatakan bahwa ekstrak jengkol juga bermanfaat dalam pengobatan berbagai penyakit pencernaan. Hasil ini diperoleh dari percobaan yang dilakukan pada tikus. Hewan yang diberi ekstrak jengkol cenderung terhindar dari sakit lambung maupun maag.

Tikus yang cukup banyak makan jengkol mempunyai enzim superoxide dismutase lebih banyak. Enzim ini bertugas melindungi dinding lambung ketika terluka karena asam lambung.

Tips Mengonsumsi Jengkol

Jengkol dapat diolah menjadi berbagai masakan atau bisa juga dimakan sebagai lalapan. Makan jengkol kadang menimbulkan rasa ketagihan saking enaknya. Namun, mengonsumsi dalam jumlah berlebihan ternyata berbahaya buat tubuh, loh.

Kandungan nitrogen yang terlalu tinggi dalam jengkol rentan menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Jadi, sebaiknya kita makan jengkol dalam porsi cukup dan tidak terlalu sering. Konsultasikan juga dengan dokter jika kita punya penyakit bawaan yang dapat memengaruhi kesehatan.

Masakan olahan jengkol apa sih yang paling enak? Semoga informasi seputar nutrisi serta manfaat jengkol di atas dapat menjadi pengetahuan baru yang berguna ya!

Baca Juga:

Inilah 5 Fakta Manfaat Apel untuk Diet, Tertarik Mencobanya Ladies?

Ajaib Banget! Ini 7 Ragam Manfaat Buah Tin bagi Kesehatan

Inilah 5 Manfaat Belimbing Wuluh yang Jarang Diketahui Banyak Orang