Manfaat Doa Nurbuat Bagi Kehidupan Agar Selamat dunia dan Akhirat

0
349

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Doa memiliki banyak keistimewaannya masing-masing. Saat kita berdoa, kita membaca dan memaknai berbagai kalimat-kalimat baik penuh harapan atas segala keinginan yang kita miliki di dalam kehidupan kita. Salah satu doa yang dinilai mustajab adalah doa nurbuat. 

Doa nurbuat atau disebut sebagai doa jibril ini juga dikenal dengan nama nurun nubuwwah yang memiliki arti cahaya kenabian. Doa nurbuat dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat.

Belum banyak orang yang tahu tentang doa ini, padahal doa ini menjadi doa pegangan bagi para santri. Biasanya doa Nurbuat ini ada di dalam kumpulan doa Majmu Syarif.

Doa Nurbuat

Berikut ini arti dari bacaan doa nurbuat:

“Ya Allah, Yang memiliki kekuasaan yang besar, Yang memiliki anugerah yang terdahulu, Yang memiliki Zat Yang Maha Mulia, Penguasa kalimat-kalimat yang sempurna dan doa-doa yang mustajab, Penanggung Al-Hasan dan Al-Husain dari jiwa-jiwa yang hak, pandangan kekuasaan dan orang-orang yang melihat dan dari pandangan jin, manusia dan setan. 

Dan sesungguhnya orang-orang kafir itu benar-benar hampir menggelincirkan kamu dengan pandangan mereka, tatkala mereka mendengar Al-Qur’an dan mereka berkata, “Sesungguhnya ia (Muhammad) benar-benar orang yang gila, dan Al-Qur’an itu tidak lain hanyalah peringatan bagi seluruh umat. Dan wahai yang memperkenankan melalui Al-Qur’an yang agung. Dan Sulaiman As dan Daud As (Dia) Maha Pengasih, Yang memiliki Arasy yang mulia. Panjangkanlah usiaku, sehatkanlah tubuhku, tunaikanlah keperluanku dan perbanyaklah harta dan anak-anakku, jadikanlah aku orang yang disukai seluruh manusia, dan jauhkanlah diriku dari segala permusuhan anak Adam yang masih hidup. Dan pastilah ketetapan (Azab) terhadap orang-orang kafir. Sesungguhnya Engkau Maha kuasa atas segala sesuatu.

Maha suci Tuhanmu, Tuhan yang memiliki kebesaran, dari apa yang digambarkan oleh mereka (orang-orang kafir), dan kesejahteraan semoga terlimpah kepada para rasul, dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Manfaat Doa Nurbuat

Selain para santri, doa Nurbuat banyak diamalkan para ulama dan kiai karena bermacam manfaat yang dapat diperoleh. Bila kita menelisik lebih dalam mengenai banyak makna baik yang ada pada doa ini.

Doa nurbuat mengandung harapan baik yang kita panjatkan kepada Allah SWT. Itulah yang membuat doa memiliki keistimewaannya sendiri.

Ada banyak sekali manfaat jika membiasakan membaca doa ini sehari-hari. Terlebih, jika kita memohon kepada Allah SWT dengan keikhlasan dan ketulusan hati

  1. Sebagai pengingat atas kebesaran, kekuasaan, dan keagungan Allah SWT.
  2. Bertemu dengan Rasulullah dan para nabi di dalam Mimpi saat kita membaca doa nurbuat ini sebanyak 1000 kali sebelum tidur.
  3. Menerima banyak kasih sayang dari orang lain jika rutin dibaca.
  4. Dimuliakan dan sukai banyak orang.
  5. Para malaikat memohon ampunan Allah SWT atas dosa-dosa kita jika kita membaca doa nurbuat ini.
  6. Dicukupkan dan diperbanyak rezekinya.
  7. Dikabulkan segala keinginan bila doa nurbuat ini dibaca rutin setelah salat fardu.
  8. Disembuhkan dari sakit.
  9. Memberi Kedamaian dan melenyapkan permusuhan, khususnya bagi yang sedang bertengkar jika membaca doa nurbuat ini sebanyak-banyaknya.
  10. Dipanjangkan umur dan diberi kesehatan.
  11. Dijauhkan dari Kekufuran apabila dibaca sebanyak 50 kali.
  12. Dilindungi dari gangguan jin dan sihir.
  13. Ditunjukan kebenaran dan keadilan.
  14. Ditingkatkan derajat kedudukannya.
  15. Dapat menyelamatkan tanaman kita dari serangan hama bila diletakan di dekat tanaman.
  16. Menundukan binatang liar.
  17. Dimudahkan dalam proses melahirkan bila dibaca saat akan melahirkan.

Itulah beragam manfaat doa nurbuat yang akan kita dapatkan jika membacanya rutin dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga Allah SWT selalu memudahkan kita dalam setiap urusan dan harapan yang kita miliki.

Baca Juga:

Inilah Tata Cara dan Doa Mandi Wajib Setelah Haid

Wajib Tahu! Inilah Manfaat Doa Nabi Yunus A.S

Agar Cepat Dipertemukan, Inilah Doa Agar Mendapatkan Jodoh Terbaik