Wajib Tahu! Inilah Manfaat Doa Nabi Yunus A.S

0
209

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Manusia dianjurkan untuk berusaha dan melengkapinya dengan berdoa. Hal itulah yang menjadikan doa menjadi begitu istimewa. Doa adalah salah satu bentuk ikhtiar sekaligus pengharapan manusia kepada Sang Pencipta untuk memohon segala sesuatu baik yang dikehendaki untuk terwujud.

Doa senantiasa dipanjatkan oleh seluruh hamba Allah SWT yang beriman, tidak terkecuali oleh para Nabi. Bahkan Nabi Yunus alaihisalam berdoa selama 40 hari tanpa henti saat terjebak di dalam perut seekor ikan paus dan tidak ada penolong lain selain dari Allah SWT.

Tentu doa memiliki banyak manfaat jika diamalkan sehari-hari. Berikut ini adalah manfaat doa Nabi Yunus AS yang dibaca dan diamalkan sehari-hari bagi kehidupan kita:

1. Memperoleh Ampunan dari Allah SWT

manfaat doa nabi yunus

Berikut doa yang dipanjatkan oleh Nabi Yunus AS yang berisi permohonan ampun kepada Allah SWT:

 لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin

Artinya: “Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang zalim.”

Doa Nabi Yunus AS mengandung makna menyadari kesalahan dan pertaubatan memohon pengampunan atas segala dosa yang telah diperbuat. Saat kita membaca doa tersebut dengan bersungguh-sungguh, Allah SWT akan menerima taubat yang dilakukan oleh umat-Nya. Apalagi jika dilengkapi pula dengan mengubah diri menjadi pribadi yang lebih baik setelahnya.

2. Harapan dan Keinginan Dikabulkan oleh Allah SWT

manfaat doa nabi yunus

Kita pasti memiliki harapan dan keinginan yang ingin terwujud, seperti Nabi Yunus AS yang berharap bisa terbebas dari situasi berbahaya yang dihadapi. Allah SWT akan mengabulkan segala doa yang diucapkan dengan penuh kesungguhan hati.

Hal ini seperti yang ada di dalam Hadis Riwayat At-Tirmidzi: “Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: “Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin”. (Artinya: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim/aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.”

3. Penguat Diri Saat Keadaan Sulit

Setiap doa yang kita panjatkan memiliki makna dan keistimewaan yang luar biasa. Doa Nabi Yunus AS juga menjadi pengakuan tauhid kepercayaan atas keagungan dari Allah SWT sehingga bisa menjadi penguat diri dalam menghadapi berbagai keadaan sulit dan segala ujian cobaan dari Allah SWT.

4. Mendapatkan Pahala Seperti Orang yang Mati Syahid

manfaat doa nabi yunus

Para ulama senantiasa mengamalkan membaca doa Nabi Yunus sebanyak 40 kali setiap setelah melaksanakan ibadah salat subuh tanpa putus sama sekali. Sementara ada juga yang membaca doa ini sebagai dzikir sebanyak 1000 kali setiap hari sebagai permohonan ampunan pada Allah SWT.

Di dalam riwayat al-Hakim dari Sa’ad bin Abi Waqash disebutkan bahwa bila ada seseorang membaca doa Nabi Yunus AS sebanyak 40 kali ketika sakit, lalu kemudian dia meninggal dunia, maka dia akan mendapat pahala orang yang meninggal syahid.

Itulah beragam manfaat dari mengamalkan membaca doa Nabi Yunus AS. Semoga Allah SWT senantiasa mengampuni dosa kita dan memberi pertolongan di dalam kehidupan kita semua.

Baca Juga:

Kumpulan Doa Islam untuk Pengantin Baru Agar Rumah Tangga Awet

Ingin Cepat Sembuh? Berikut Kumpulan Doa Meminta Kesembuhan

Kumpulan Doa Meminta Keselamatan, Pengampunan, dan Perlindungan