Intip 5 Manfaat Daun Kelor yang Ampuh buat Jaga Kesehatan

0
114

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Daun kelor selama ini cukup dikenal sebagai tanaman herbal yang dipakai pada beberapa pengobatan alternatif. Daun kelor memang punya banyak manfaat karena kandungan gizi di dalamnya cukup beragam. Mulai dari air, protein, serat, fosfor, natrium, hingga vitamin.

Ladies, berikut ini ada beberapa manfaat daun kelor yang ternyata sangat bagus untuk jaga kesehatan kita. Tanaman ini efektif juga buat mencegah munculnya penyakit dalam tubuh loh. Simak ya!

Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Dilansir dari Alodokter, sebuah penelitian pernah menunjukkan bahwa daun kelor mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Di saat bersamaan, tanaman ini juga efektif meningkatkan efektivitas dari hormon insulin. Maka, daun kelor punya potensi manfaat untuk mencegah diabetes.

Hanya saja, penelitian tersebut tentu butuh didalami lebih lanjut. Sampai sekarang belum ada bukti ilmiah kuat yang dapat menjadikan daun kelor sebagai media pengobatan alternatif diabetes. Tapi, tidak ada salahnya kan kita konsumsi daun kelor sebagai tindakan pencegahan diabetes. Jadi, Ladies enggak perlu khawatir mengonsumsi daun kelor.

Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker

Daun kelor kaya akan zat antioksidan. Inilah yang membuat tanaman ini kemudian dipercaya efektif menangkal radikal bebas penyebab kanker. Ingat, tingginya radikal bebas dapat membuat sel tubuh mengalami stres oksidatif tak tidak baik. Jadi, enggak heran kalau akhirnya daun kelor dijadikan alternatif pengobatan alami bagi penderita kanker.

Ekstrak dari daun kelor punya manfaat menghambat pertumbuhan sel kanker. Mulai dari kanker payudara, usus besar, hingga pankreas. Jelas bahwa peran antioksidan di sini sangat penting, yaitu mengontrol kerusakan sel lebih besar dalam tubuh.

Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson dan Alzheimer

Bukan cuma menangkal radikal bebas, antioksidan pada daun kelor juga berfungsi menjaga kesehatan otak. Daun kelor dipercaya amat bagus dikonsumsi untuk meningkatkan kerja serta memori otak. Bagi orang-orang yang masih produktif, daun kelor efektif menaikkan daya ingat dalam bekerja.

Karena punya manfaat baik untuk kesehatan otak, daun kelor akhirnya dapat pula membantu menurunkan potensi penyakit memori pada lansia. Di antaranya adalah parkinson dan alzheimer. Jadi, para lansia disarankan mengonsumsi daun ini agar daya ingat pada otak tetap terjaga.

Meningkatkan Daya Tahan

Manfaat dari daun kelor selanjutnya adalah melindungi tubuh dari bermacam-macam kuman. Misalnya, Escherichia coli  (penyebab diare), Staphylococcus aureus (penyebab infeksi pada kulit), serta Salmonella typhi (penyebab tifus). Dengan begitu, tanaman ini ampuh meningkatkan daya tahan tubuh akan berbagai penyakit.

Bukan hanya kuman, daun kelor ternyata efektif juga melawan serangan virus dalam tubuh, loh. Salah satu virus yang dapat dikendalikan kemunculannya adalah virus herpes simplex (HSV). Wah, bisa jadi alternatif pengobatan saat terkena herpes nih!

Menjaga Tekanan Darah

Bagi penderita hipertensi alias tekanan darah tinggi, mengonsumsi daun kelor dapat berguna loh. Kandungan kalium sekaligus antioksidan di dalam daun ini mampu menurunkan tekanan darah. Jika dimakan rutin, daun kelor berkhasiat juga menjaga tekanan darah tetap normal alias stabil.

Daun kelor juga pada akhirnya dijadikan pengobatan alternatif untuk orang yang terkena hipertensi. Tentu saja tekanan darah tidak langsung turun secara instan. Butuh mengonsumsi dalam jangka panjang agar efeknya juga terlihat, Ladies.

Mengonsumsi daun kelor bisa jadi alternatif buat kita yang ingin menjaga kesehatan. Namun, ada baiknya tetap memakannya di bawah pengawasan dokter bagi yang memiliki riwayat sakit tertentu ya, Ladies.

Baca Juga:

Inilah 5 Fakta Manfaat Apel untuk Diet, Tertarik Mencobanya Ladies?

Menakjubkan! Ini 5 Manfaat Suntik Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh!

Inilah 9 Manfaat Mengonsumsi Sari Kunyit untuk Kesehatan