Ladies, Ini Loh 7 Ragam Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan

0
111

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, kita tentu sudah enggak asing ya sama bunga telang? Jenis tanaman yang punya warna keunguan menarik ini ternyata tidak sekadar cantik loh. Ternyata, ada banyak manfaat bunga telang bagi kesehatan tubuh kita, loh. 

Bunga ini sebenarnya berasal dari negara-negara di Asia Tenggara. Namun, orang India justru banyak memakainya dalam pengobatan tradisional. Berikut beberapa manfaat bunga telang yang bisa kita pelajari. Simak ya!

1. Menyembuhkan Luka

Bunga telang biasa dipakai dalam salah satu pengobatan tradisional. Lebih tepatnya untuk menyembuhkan luka pada tubuh. Flavonol glikosida dan senyawa fenolik, yang terdapat pada ekstrak biji dan tumbuhan bunga telang, efektif menekan peradangan pada luka.

Dilansir dari SehatQ, sebuah penelitian dilakukan pada hewan dengan mengoleskan ekstrak tersebut ke area luka. Hasilnya, penyembuhan luka meningkat secara drastis. Kita dapat mencobanya juga, baik dengan diminum atau pun langsung dioles.

2. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh kakunya arteri di jantung. Senyawa antosianin pada bunga telang efektif mengurangi kekakuan arteri tersebut. Alhasil, risiko penyakit jantung pun dapat berkurang.

Rutin mengonsumsi ekstrak bunga telang membantu kondisi tekanan darah tetap stabil alias tidak mudah meningkat. Sangat cocok diminum oleh para penderita tekanan darah tinggi yang riskan terkena berbagai macam penyakit lain.

3. Membantu Meringankan Depresi

Kandungan lain dari bunga telang yang baik untuk kesehatan adalah asam palmitat. Senyawa ini mirip dengan asam linoleat yang berperan dalam mengontrol kolesterol di dalam darah. Di dalam asam palmitat sendiri mengandung antidepresan alami yang dapat mencegah munculnya depresi pada manusia.

Jadi, secara tidak langsung bunga telang punya manfaat untuk memelihara kesehatan mental. Rutin meminum ekstrak bunga ini dapat membantu menenangkan hati kita loh.

4. Mengurangi Peradangan

Asam oleat menjadi kandungan bunga telang dengan porsi cukup besar, yakni 51%-52%. Asam oleat ini terbukti baik mengatasi berbagai jenis peradangan.

Manfaat lain dari bunga telang adalah efektif menurunkan peradangan. Segala bentuk demam dan nyeri karena peradangan di dalam tubuh dapat dikurangi dengan minum ekstrak bunga telang. Bunga ini memiliki efek antiradang yang punya efek baik bagi tubuh kita.

5. Baik untuk Kesehatan Mata

Bunga telang juga bermanfaat dalam pengobatan tradisional pada masalah kesehatan mata. Misalnya, katarak, kerusakan retina, mata kabur, hingga glaukoma. Jadi, kita dapat mengonsumsi buah telang untuk menjaga kesehatan mata juga nih.

Dalam bunga telang, terdapat senyawa antioksidan bernama proanthocyanidin yang berguna menaikkan aliran darah ke kapiler-kapiler mata. Bagi orang dengan gangguan mata, konsumsi bunga ini dapat dijadikan opsi selain pengobatan rutin dari dokter.

6. Membantu Mengatasi Gangguan Kecemasan

Dalam jurnal Ancient Science of Life, dituliskan bahwa meminum teh bunga telang dalam sesi yoga dapat membantu meringankan gejala anxiety alias kecemasan. Bunga telang sendiri memang dapat berubah sifat menjadi adaptogenik dalam jumlah tertentu. Inilah yang membantu tubuh mengatasi rasa stres atau frustrasi.

Sejauh ini konsumsi bunga telang sebagai pereda kecemasan perlu dibarengi dengan aktivitas seperti olahraga. Selain itu, tetap mesti dikonsultasikan ke dokter demi menjamin keamananya ya, Ladies.

7. Meningkatkan Daya Ingat

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada otak tikus, bunga telang terbukti meningkatkan kadar asetilkolin pada otak. Zat ini berfungsi menjaga kesehatan otak, termasuk di dalamnya menekan hilangnya memori serta meningkatkan daya ingat.

Secara tidak langsung, manfaat dari bunga telang juga termasuk dalam meningkatkan kemampuan berpikir. Selain itu, konsumsi ekstrak bunga telang dapat dijadikan alternatif bagi para lansia agar tidak mengalami demensia. Gimana? Keren banget ya, Ladies!

Kalau Ladies kebetulan memelihara bunga telang di rumah, coba deh rutin mengonsumsinya. Caranya dengan merendam kelopaknya dalam secangkir air panas dan Ladies akan mendapatkan segudang manfaat bunga telang dalam secangkir gelas. Jangan lupa disaring dulu sebelum diminum ya!

Baca Juga:

Ketahui Manfaat Tidak Memakai Celana Dalam Bagi Kesehatan Tubuh

Menakjubkan! Ini 5 Manfaat Suntik Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh!

Serba-Serbi Manfaat Sperma: Benarkah Baik untuk Kesehatan Wanita?