Inilah 5 Manfaat Belimbing Wuluh yang Jarang Diketahui Banyak Orang

0
107

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Belimbing wuluh menjadi buah yang cukup banyak dijumpai di Indonesia. Buah ini sendiri memang tumbuh amat baik di negara-negara beriklim tropis, terutama di daerah Asia Tenggara. Hal ini karena belimbing wulu mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, loh.

Mau tahu apa saja manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan? Simak sampai habis ya, Ladies!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Antioksidan, vitamin C, serat, dan kalium di dalam belimbing wuluh membuat buah ini sangat bagus untuk menjaga jantung kita. Vitamin C di sini dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Sementara, kalium dan serat pada buah belimbing wuluh bermanfaat buat menurunkan tekanan darah serta kolesterol dalam gula darah.

Dengan adanya antioksidan di dalam buah ini, pertumbuhan sel kanker dan kerusakan sel lain di dalam tubuh pun bisa dicegah. Jika kandungan di dalam belimbing wuluh saja memiliki segudang manfaat, tidak ada salahnya kita memasukkan buah ini sebagai menu sehat kita.

2. Mengontrol Gula Darah

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi buah belimbing wuluh sangat disarankan karena mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini disebabkan oleh keberadaan flavonoid yang bantu mencegah kenaikan gula setelah makan. Tidak heran nih, buah ini juga jadi pilihan dalam penyembuhan diabetes.

Bahkan, belimbing wuluh baik juga untuk pencegahan diabetes loh. Kita dapat rutin meminum jus buah ini setiap hari. Namun, jangan tambahkan gula ke dalamnya ya Ladies, cukup diolah jadi jus saja.

3. Membantu Mengatasi Obesitas

Belimbing wuluh juga membantu mengatasi obesitas. Sebuah penelitian yang tercantum dalam The Indonesian Biomedical Journal menyebutkan kalau buah ini perlu dikeringkan sekaligus dibekukan. Dilansir dari HalloSehat, kandungan yang paling berperan dalam hal ini adalah antioksidan.

Penyebab obesitas sendiri beragam, salah satunya adalah adanya stres oksidatif. Nah, antioksidan di dalam belimbing wuluh dapat mengatasi stres tersebut. Bahkan, agen anti-hiperlipidemik pada buah ini efektif mencegah kenaikan berat badan secara drastis.

4. Obat Alami Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek menjadi penyakit musiman yang hampir setiap tahun dirasakan orang. Alih-alih langsung minum obat pereda batuk atau pilek, ada baiknya kita coba obat lebih alami. Dengan kandungan vitamin C tinggi, belimbing wuluh punya manfaat baik dalam menjaga daya tahan tubuh.

Wah, bisa jadi alternatif suplemen alami terbaik buat kita nih. Saat memasuki musim pancaroba, sebaiknya kita mulai rutin mengonsumsi buah ini. Bukankah jauh lebih baik mencegah datangnya pilek dan batuk daripada mengobatinya?

5. Baik untuk Kesehatan Tulang

Sampai di sini, manfaat dari buah belimbing wuluh sudah sangat beragam ya. Mulai dari kesehatan jantung, gula darah, hingga ketahanan tubuh. Terakhir, siapa sangka buah ini juga bagus untuk kesehatan tulang kita.

Kandungan kalsium pada buah belimbing wuluh mampu meningkatkan kepadatan tulang kita. Tak hanya itu, kalsium juga membantu menjaga struktur kerangka di tubuh kita agar tetap kokoh. Makin bertambah usia, sepertinya kian baik nih kalau rajin makan belimbing wuluh.

Wow, ternyata belimbing wuluh memiliki ragam manfaat untuk kesehatan ya! Kita bisa nih mulai memasukkan buah ini ke dalam menu makanan untuk menjaga daya tahan tubuh juga.

Baca Juga:

5 Merk Vitamin Lokal untuk Jaga Kesehatan Mata Keluarga

Biar Tetap Sehat, Ini Daftar Suplemen Vitamin C yang Bagus

Menu Makanan Sehat dan Simpel, Cocok Buat Kamu yang Belajar Memasak!