Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Bawang Putih Tunggal dari Sisi Medis

0
100

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Bawang putih tunggal punya nama lain berupa “bawang lanang.” Bawang putih tunggal ini hanya tumbuh dalam satu bonggol dengan bentuk bulat serta warna cenderung lebih putih.

Selain itu, bawang putih tunggal dipercaya memiliki khasiat lebih banyak, loh. Apalagi jika kita ingin menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami. Kali ini Ladies Corner akan membahas beberapa manfaat bawang putih tunggal buat daya tahan dan kesehatan.

1. Membantu Mengobati Diabetes

Vitamin B pada pada bawang putih tunggal mampu merangsang pankreas menghasilkan insulin buat tubuh. Hal ini cukup efektif untuk melawan diabetes yang akan muncul. Bawang putih tunggal dalam kadar tertentu ampuh mengontrol kadar gula darah dalam tubuh kita.

Jadi, konsumsi bawang putih tunggal dianggap baik untuk membantu pengobatan diabetes. Untuk mendampingi proses penyembuhan diabetes, kita dapat memakan bawang putih tunggal sebanyak dua hingga tiga buah per hari.

2. Mengurangi Kolesterol Jahat

Manfaat bawang putih tunggal lainnya adalah mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya senyawa allicin di dalam bawang ini. Jika dikonsumsi selama seminggu, kadar kolesterol jahat dapat turun hingga 12%.

Agar dapat merasakan manfaat ini, kita dapat mengonsumsi bawang putih tunggal sebanyak tiga hingga empat buah per hari. Namun, pastikan memakannya saat perut masih kosong alias sebelum makan ya.

3. Mencegah Komplikasi Kehamilan

Di sisi lain, bawang putih tunggal juga baik dikonsumsi oleh para ibu hamil. Dilansir dari Halodoc, jenis bawang ini efektif mencegah terjadinya kehamilan. Keberadaan bawang putih tunggal di dalam tubuh dapat membantu memaksimalkan kerja enzim yang cenderung turun saat sedang hamil.

Tak hanya itu, bawang ini juga bagus dalam pencegahan preeklampsia. Hanya saja, ibu hamil tetap harus mengonsultasikan penggunaan bawang putih tunggal ke dokter kandungan. Ibu hamil perlu tahu berapa kadar yang tepat dan aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

4. Sebagai Antioksidan Alami

Konsumsi bawang putih tunggal secara rutin setiap hari juga berefek baik pada pembentukan antioksidan alami dalam tubuh. Alhasil, ketahanan tubuh pun menjadi lebih baik. Kita jadi tidak mudah terserang penyakit.

Dilansir dari SehatQ, bawang puting tunggal memiliki manfaat menurunkan berbagai risiko kanker. Salah satunya adalah kanker yang berhubungan dengan pencernaan ataupun usus. Selain itu, bawang ini cukup banyak membantu detoksifikasi tubuh.

5. Meningkatkan Stamina

Orang tua zaman dulu meyakini bahwa bawang putih tunggal mampu meningkatkan stamina alias mendongkrak energi. Hal ini pun pernah dibuktikan melalui studi yang termuat dalam Journal of Pharmaciana. Oleh sebab itu, hingga sekarang banyak orang rutin memakan bawang jenis ini untuk membantu menaikkan tenaga sehari-hari.

Tentu saja butuh banyak penelitian serta bukti lanjut mengenai hal ini. Setidaknya kita dapat mengonsumsi bawang putih tunggal bersamaan dengan kebiasaan berolahraga juga ya.

Itulah tadi manfaat dari bawang putih tunggal. Ada baiknya kita pastikan ke dokter dulu jika ingin mengonsumsinya agar kadarnya tepat alias tidak berlebihan.

Baca Juga:

Intip 5 Manfaat Daun Kelor yang Ampuh buat Jaga Kesehatan

Inilah 9 Manfaat Mengonsumsi Sari Kunyit untuk Kesehatan 

Ajaib buat Wanita, Ini 5 Manfaat Bio Oil untuk Kesehatan Kulit