Baik untuk Kesehatan, Ini Dia 5 Manfaat Bawang Merah yang Super Ajaib!

0
133

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, kita tentu sangat familier dengan bawang merah bukan? Bumbu dapur ini ternyata tidak hanya membikin makanan lebih sedap loh. Bawang merah memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita juga.

Bawang merah sudah kerap dipakai sebagai bahan dalam penyembuhan tradisional. Misalnya untuk beberapa penyakit seperti batuk, pilek, hingga susah buang air besar. Nah, berikut ini beberapa manfaat bawang merah lainnya yang ternyata sangat baik buat kesehatan. Simak ya!

Berpotensi Meningkatkan Sistem Imunitas

Salah satu penyakit yang paling sering mampir ke tubuh kita adalah batuk dan pilek. Penyakit ini sebenarnya paling rentan menyerang sistem ketahanan tubuh yang agak lemah. Untuk meningkatkan sistem imunitas, kita butuh asupan gizi yang cukup untuk tubuh.

Nah, bawang merah sendiri dapat memberikan manfaat tersebut loh. Kandungan vitamin C pada bawang merah dapat merangsang leukosit menuju lokasi infeksi sekaligus mematikan mikroba yang menyerang tubuh. Dengan kata lain, sistem kekebalan di tubuh kita pun ikut meningkat.

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Dilansir dari Alodokter, kandungan nutrisi pada bawang merah dapat menekan risiko munculnya penggumpalan darah. Tak hanya itu, bawang merah juga berperan mengurangi tumpukan lemak jahat dalam pembuluh darah kita. Terakhir, kandungan allicin di dalamnya bisa memperlebar pembuluh darah.

Dari penjelasan tadi, dapat disimpulkan bahwa bawang merah memiliki manfaat baik bagi jantung kita, Ladies. Selain memperlancar sirkulasi darah, bawang merah dapat mencegah timbulnya penyakit jantung. Alhasil, jantung kita pun dapat terpelihara dengan baik dengan bahan dapur ini. 

Mencegah Munculnya Kanker

Radikal bebas menjadi salah satu faktor risiko yang menjadi penyebab kanker. Radikal bebas sendiri sumbernya beragam, mulai dari asap kendaraan, polusi udara, hingga paparan sinar matahari secara berlebihan, loh. Terkena radikal bebas dalam jangka waktu lama menyebabkan kerusakan sel yang nantinya makin tak terkendali hingga tumbuh menjadi tumor.

Bawang merah sendiri dikenal kaya akan antioksidan. Zat antioksidan sangat efektif untuk mencegah potensi munculnya kanker. Secara tidak langsung, bawang merah bermanfaat melindungi sel-sel tubuh kita dari stres oksidatif. So, enggak usah ragu untuk konsumsi bawang merah Ladies!

Meredakan Alergi

Selain berguna untuk mencegah kanker, kandungan antioksidan pada bawang merah juga bermanfaat untuk meredakan alergi. Antioksidan tersebut berperan sebagai antihistamin yang nantinya membantu melawan gejala alergi. Misalnya, mata berair dan gatal.

Namun, hingga saat ini keampuhan bawang merah sebagai pereda alergi masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Sejauh ini bawang merah masih disarankan dikonsumsi dengan menambahkannya pada makanan, seperti sup atau salad. 

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Dalam bawang merah juga terkandung kalsium yang ternyata punya manfaat menyehatkan tulang. Kalsium berperan menjaga tulang kita tetap kokoh. Selain itu, mineral ini efektif mengganti sel-sel tulang yang telah rusak.

Beberapa kandungan lain dalam bawang merah yang dapat memberikan manfaat sama antara lain fosfor, zat besi, serta tembaga. Ternyata bawang merah bukan cuma melezatkan makanan ya. Banyak kebaikan di dalamnya yang baru kita tahu!

Wah, kita jadi makin tahu nih kalau bawang merah bukan sekadar bumbu masak biasa. Dengan segudang manfaat untuk kesehatan tadi, ada baiknya kita gunakan bumbu dapur ini untuk jaga imunitas ya, Ladies!

Baca Juga:

Inilah 5 Fakta Manfaat Apel untuk Diet, Tertarik Mencobanya Ladies?

5 Jenis Diet Ini Ampuh Bikin Berat Badanmu Turun, Cobain Ya!

Olahraga Penurun Berat Badan Agar Tubuh Cepat Langsing