Inilah 5 Fakta Manfaat Apel untuk Diet, Tertarik Mencobanya Ladies?

0
103

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Kebanyakan wanita mendambakan berat badan yang ideal. Buah apel kerap dipilih wanita sebagai menu utama dalam diet alias menurunkan berat badan. Apakah Ladies juga salah satunya? Selain enak, ada banyak manfaat apel yang bagus untuk kesehatan.

Secara medis, buah apel memang punya manfaat yang baik untuk diet. Yuk, kita cek fakta manfaat apel lewat ulasan singkat ini, Ladies!

1. Kaya Akan Serat

Risiko dari obesitas ataupun kenaikan badan dapat dikendalikan dengan rutin mengonsumsi makanan tinggi serat. Kandungan serat dalam apel memang cukup tinggi. Dalam tiap satu buah apel berukuran sedang, terdapat 4 gram serat.

Jumlah 4 gram serat tersebut hampir sama dengan 16% kebutuhan serat pada wanita. Dengan serat tinggi ini, kondisi pencernaan kita pun menjadi jauh lebih sehat. Buang air besar lancar dan tidak ada penumpukan banyak lemak di perut.

2. Kandungan Air Tinggi

Bukan hanya kaya serat, buah apel juga memiliki kandungan air amat tinggi, yaitu sekitar 86%. Jadi, jangan sepelekan bentuk buah ini yang kecil ya. Sama halnya seperti serat, kadar air yang banyak membuat apel memberikan manfaat baik dalam sistem pencernaan kita.

Selain itu, rutin mengonsumsi apel membikin kita terhindar dari godaan makan camilan loh. Saking besarnya kadar air di buah ini, perut kita tidak akan mudah lapar. Wah, pantas saja apel dijadikan buah wajib saat diet ya!

3. Memberikan Efek Kenyang Lebih Lama

Paduan serat dan air di dalam buah apel memberikan manfaat rasa kenyang lebih lama. Efek dari rasa ini dapat membantu menahan nafsu makan sekaligus menurunkan berat badan. Pasalnya, keberadaan serat dapat memperlambat proses pencernaan makanan sehingga perut kita terasa masih penuh dalam jangka waktu lama.

Selain itu, kulit pada apel juga berguna memperkecil munculnya risiko penyakit lain. Indeks glikemik pada apel juga cukup rendah sehingga sangat bagus untuk mengontrol gula darah dalam tubuh kita. Wajar kalau buah apel juga disarankan dikonsumsi sebagai pencegahan dari diabetes.

4. Rendah Kalori dan Banyak Nutrisi

Bagaimana buah apel bisa memberikan banyak manfaat buat tubuh? Salah satunya karena buah ini nyaris tidak mengandung lemak, natrium, dan kolesterol. Berbagai kandungan apel yang baik untuk kita antara lain vitamin C, vitamin B kompleks, serat, kalsium, kalium, fosfor, dan fitonutrien. Kandungan tersebut yang membuat manfaat apel sangat luar biasa.

Dengan tingginya kandungan air di dalam apel, buah ini otomatis menutup kekurangan asupan kalori pada tubuh. Dilansir dari SehatQ, jauh lebih baik mengonsumsi apel untuk menurunkan berat badan daripada memakan roti yang terbuat dari gandum.

5. Cara Melakukan Diet Apel yang Tepat

Segudang manfaat buah apel membuat para wanita gemar melakukan diet apel untuk menjaga berat badan tetap ideal. Pertanyaannya, diet apel yang benar tuh yang seperti apa sih? Perlu dicatat ya, tidak semua wanita cocok dengan pola diet ini loh. Kita tentu butuh konsultasikan ke dokter jika ingin melakukannya.

Dalam diet apel, kita cukup makan apel di waktu tertentu dengan porsi dan jeda makan yang berbeda-beda. Ini bukan berarti kita hanya makan apel saja loh. Kita mesti tetap penuhi kebutuhan gizi lain agar tetap seimbang. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, serta air putih harus seimbang.

Jadi, gunakan apel sebagai makanan pendamping dalam menu diet kita. Misalnya, sebagai pengganti camilan di sela-sela jeda kerja.

Banyaknya manfaat apel sangat bagus untuk diet dan kesehatan. Jika Ladies tertarik melakukan diet apel, jangan lupa konsultasikan juga dengan dokter ya. 

Baca Juga:

Ketahui Fakta Soal Masturbasi dan Jenis Alat Bantu Seks buat Pria

4 Cara Merangsang Klitoris Wanita, Bikin Hubungan Jadi Nikmat