Makna Filosofi Warna Hitam, Benarkah Pertanda Duka dan Lara?

0
105

Penulis: Marcia | Editor: Agnes

Ketika kita melihat orang suka berpakaian serba warna hitam, apa yang ada di benak kita pertama kali? Apakah orang itu terlihat misterius? Penyendiri? Pendiam? Atau terkesan “rebel?”

Well, itulah pentingnya warna, Ladies. Selain menjadi elemen penting bagi kehidupan, warna juga akan menjadi bumbu kita dalam berpenampilan. 

Bicara soal warna hitam, apakah Ladies tahu banyak soal makna dan filosofi warna hitam itu sendiri? Apakah benar warna hitam melambangkan duka dan hal misterius? Daripada penasaran, simak dulu, yuk, penjelasan Ladies Corner di bawah ini!

Alasan Warna Hitam Lekat dengan Duka

Mengenakan pakaian serba hitam ke pemakaman adalah tradisi lama di banyak negara, terutama di Amerika Serikat dan negara-negara Barat. Mengenakan pakaian hitam menunjukkan bahwa kita berduka atas kehilangan seseorang dan dianggap sebagai tanda penghormatan terhadap almarhum.

Sejarawan percaya bahwa tradisi mengenakan pakaian hitam di pemakaman sudah ada sejak zaman Kekaisaran Romawi. Orang Romawi kuno akan mengenakan toga gelap untuk meratapi kehilangan orang yang dicintai. Queen Victoria dikenal mengenakan pakaian hitam ke pemakaman untuk menunjukkan martabat dan rasa hormat kepada mereka yang berkabung. Tradisi Eropa ini yang terbawa ke Amerika dan banyak negara. 

Namun, simbol hitam tidak semuanya dipakai oleh banyak negara. Contohnya di Tiongkok atau India, saat pemakaman, mereka justru akan mengenakan pakaian serba putih. 

Hitam Tidak Selalu Soal Duka

Di dalam psikologi warna, hitam memiliki banyak makna, positif ataupun negatif. Di satu sisi, hitam terkesan mengintimidasi dan tidak dapat didekati karena kekuatan yang dipancarkannya.

Di sisi lain, hitam menyerap energi negatif. Orang yang menyukai warna hitam mungkin terlihat serius atau menganggap diri mereka berbeda dari yang lain. Berikut ini makna warna hitam menurut psikologi:

  • Keanggunan

Bagi sebagian orang, hitam membangkitkan asosiasi positif, termasuk daya tarik dan keanggunan. Itu sebabnya banyak orang memilih untuk mengenakan pakaian hitam saat menghadiri acara mewah. 

  • Emosi

Banyak yang menggunakan warna hitam untuk melambangkan segala hal, membangkitkan perasaan marah, ketakutan, dan kesedihan yang kuat

  • Misterius

Orang yang mengenakan atau menyukai warna hitam biasanya memiliki kepribadian yang misterius. Sebab, warna hitam identik dengan emosi dan perasaan yang tersembunyi di baliknya. 

Ketika kita melihat orang sering berpakaian serba hitam, kita akan kesulitan menebak-nebak isi hatinya dan bagaimana sifat aslinya.

  • Kuat 

Penyuka warna hitam biasanya bersifat kuat, independen dan mandiri. Kekuatan dari dalam diri membuat mereka tidak mudah bergantung pada orang lain. Itu juga menjadi alasan mengapa mereka dicap misterius dan sulit mengekspresikan perasaan. 

  • Tenang

Hitam memiliki elemen air yang mempunyai efek ketenangan. Meski terlihat tenang, orang-orang yang identik dengan warna hitam biasanya menghanyutkan; membuat kita kagum untuk menebak karakternya. 

Itulah filosofi warna hitam dan kaitannya dengan berita duka. Apakah ladies penyuka warna hitam? Jangan takut untuk berekspresi, ya!

Baca Juga:

Cari Tahu Arti Warna Hitam Menurut Feng Shui

6 Jenis dan Manfaat Pohon Cemara yang Jarang Diketahui

Identik dengan Kematian, Berikut 9 Arti Mimpi Gigi Copot