Bukan Sekadar Simbol, Ternyata Ada Makna Filosofi dari Seserahan Pernikahan 

0
214

Penulis: Adriana | Editor: Agnes

Tradisi pernikahan di Indonesia sangatlah beraneka ragam. Tidak hanya sebagai bentuk untuk melestarikan budaya, tradisi pernikahan juga sarat akan makna. Salah satu tradisi yang sampai saat ini masih dilakukan adalah memberikan seserahan. 

Lantas, apa itu sebenarnya seserahan dan makna apa yang terkandung dalam tiap barangnya? Buat Ladies yang ingin tahu, yuk baca selengkapnya tentang makna filosofi dari seserahan pernikahan di bawah ini! 

Makna seserahan pernikahan 

makna filosofi seserahan pernikahan

Bagi pasangan yang menjalani pernikahan dalam adat Jawa, seserahan adalah satu tradisi penting yang harus disiapkan matang-matang. Seserahan sendiri memiliki makna keseriusan dan kesanggupan dari mempelai pria untuk menafkahi mempelai wanita saat sudah menikah nantinya. 

Biasanya, seserahan berisi berbagai barang yang bisa digunakan sehari-hari dengan beragam filosofi di dalamnya. Isi dari seserahan biasanya merupakan pilihan dari sang mempelai wanita. 

Filosofi isi seserahan 

makna filosofi seserahan pernikahan

  • Seperangkat alat sholat dan Al-Qu’ran

Satu benda yang bisa dibilang selalu ada di seserahan adalah seperangkat alat sholat dan Al-Qu’ran. Alat Sholat dan Al-Qu’ran sendiri memberi makna bahwa pernikahan yang akan dijalani berdasarkan tumpuan agama. 

  • Makeup serta skincare

Selanjutnya ada makeup dan skincare. Sesuai dengan fungsinya, makeup dan skincare diberikan sebagai seserahan agar senantiasa mempelai wanita selalu tampil cantik dan menawan di depan sang calon suami. 

  • Perhiasan  

Tidak boleh lupa, ada perhiasan yang bisa dijadikan seserahan. Memberikan perhiasan sebagai seserahan juga diharapkan menjadi doa agar sang mempelai wanita selalu bersinar dan berkilau sepanjang hidupnya. Perhiasan di sini bisa berupa cincin, gelang, hingga anting. 

  • Sepatu

Memberikan sepatu sebagai seserahan juga bisa loh, Ladies. Sepatu sendiri bermakna sebagai pengingat kalau rumah tangga yang baik akan terwujud apabila kedua pasangan saling mengerti satu sama lain dan jalan beriringan bersama. Layaknya sepatu yang selalu berjalan beriringan. 

  • Baju wanita 

Baju nyatanya juga kerap menjadi isi seserahan. Biasanya baju yang diberikan berupa satu set kebaya ataupun batik. Namun ada juga sekarang yang memberikan baju dalam, baju tidur, baju pesta, ataupun baju kerja. Untuk maknanya sendiri, baju diharapkan bisa menjadi simbol agar kedua pasangan menjaga rapat-rapat rahasia rumah tangga dengan baik. 

  • Buah-buahan

Tidak hanya benda, makanan seperti buah-buahan juga bisa dijadikan seserahan. Maknanya sendiri tidak kalah bagus loh, Ladies. Diketahui kalau memberikan buah-buahan sebagai seserahan, diharapkan pasangan yang akan menikah dapat membukakan pintu berkah bagi keluarga dan sekitarnya. Biasanya buah yang dipilih seperti apel, jeruk, pisang, hingga anggur. 

  • Daun Sirih 

Dalam Adat Jawa, ada daun sirih yang kerap dijadikan bahan seserahan sejak zaman dahulu. Konon katanya, daun sirih merupakan simbol untuk mengantar kedua mempelai menuju kebahagiaan dan keselamatan saat menjalani kehidupan rumah tangga. 

Nah, itu dia makna dan beberapa benda yang kerap dijadikan seserahan. Sekarang sudah paham kan maksud dari seserahan? 

Baca Juga:

Ini Dia 10 Rekomendasi Lagu Romantis untuk Pernikahan 

Kumpulan Kata-Kata Bijak untuk Sahabat yang Penuh Makna

Yuk Ketahui Arti Emoticon Love Berdasarkan Warnanya