9 Makanan Khas Jawa Timur yang Menggoyang Lidah, Sudah Pernah Coba?

0
335

Penulis: Aufia | Editor: Agnes

Tak diragukan lagi, setiap daerah di Indonesia memiliki makanan tradisional yang menggoyang lidah, termasuk Jawa Timur. Di tengah gempuran makan kekinian, kuliner khas Jawa Timur tetap mempertahankan cita rasa legendarisnya. Makanya tak heran jika kuliner tersebut masih eksis hingga kini.

Dari sekian banyaknya makanan khas Jawa Timur, berikut Ladies Corner rangkumkan 9 makanan khas Jawa Timur yang terfavorit. Intip yuk, kira-kira ada apa saja!

1. Pecel Madiun

makanan khas jawa timur

Siapa yang tak kenal dengan pecel Madiun? Pecel yang disajikan dalam pincuk daun pisang ini memang sangat populer. Dalam satu porsinya terdapat kombinasi rebusan sayur, biasanya tauge, bayam, kangkung, sawi, dan kacang disajikan dengan rempeyek.

Yang membedakan pecel Madiun dengan daerah lain adalah cita rasa sambalnya yang khas. Ingin tahu seperti apa rasanya? Jika berwisata ke Madiun, Ladies harus coba hidangan ini.

2. Rujak Cingur

makanan khas jawa timur

Jawa Timur juga memiliki hidangan salad khas yaitu rujak cingur. Kuliner ini merupakan campuran sayuran rebus dan buah-buahan bercita rasa asam. Umumnya menggunakan potongan nanas, kedondong, tauge, kangkung, krai, dan kacang panjang.

Kemudian disajikan dengan lontong, tahu, tempe, dan yang tak kalah penting adalah irisan  hidung sapi atau cingur. Bumbu petis dan kacang diulek di cobek besar dicampur dengan semua bahan tadi. Rasanya yang gurih dengan perpaduan petis dijamin bikin nagih!

3. Lontong Balap

makanan khas jawa timur

Sama seperti rujak cingur, lontong balap juga berasal dari Kota Surabaya loh, Ladies. Kuliner ini berupa irisan lontong dan tahu yang disajikan dengan remasan lentho serta tauge setengah matang kemudian disiram kuah. Paling enak jika dimakan dengan sate kerang tusuk. Dinamai lontong balap karena dahulu kala para penjual harus berjalan cepat-cepat sehingga terkesan berpacu sesama penjual untuk berebut pembeli.

4. Soto Lamongan

makanan khas jawa timur

Rasa-rasanya hampir semua daerah di Indonesia memiliki makanan khas bernama soto. Tentunya soto Lamongan berbeda dengan soto kebanyakan. Perbedaan yang paling mencolok adalah aroma kuah kuning yang terbuat dari kunyit. Selain itu, soto ini juga ditaburi koya yang dibuat dari kerupuk udang dan bawang putih yang dihancurkan sehingga menghasilkan rasa yang semakin gurih.

5. Rawon

makanan khas jawa timur

Pasti Ladies sudah tahu dengan makanan yang satu ini! Rawon populer karena berkuah hitam agak kekuningan dan memiliki cita rasa khas. Warna dan rasa tersebut disebabkan oleh bumbu khas bernama kluwek.

Semangkuk hidangan rawon berisi potongan daging sapi dan tauge mentah yang disiram kuah. Makanan ini semakin nikmat jika disajikan dengan nasi hangat. Pokoknya harus coba makanan ini kalau liburan ke Jawa Timur, Ladies!

6. Pecak Lele

makanan khas jawa timur

Hidangan populer dari Kota Lamongan ini berupa lele yang digoreng kering. Kemudian diulek kasar di atas cobek yang berisi sambal tomat. Makanan ini dijamin menggoyang lidah, Ladies!

7. Sego Tempong

makanan khas jawa timur

Beralih ke kuliner asli Banyuwangi, sego tempong. Makanan ini berupa nasi yang disajikan dengan sayuran rebus, biasanya daun bayam dan kenikir. Dilengkapi lalapan dan beberapa lauk seperti jagung goreng, bakwan, serta ikan jambal. Tak lupa disajikan dengan sambal. Kuliner ini memiliki ciri khas bau kencur dari sambalnya

Ladies penasaran kenapa dinamakan tempong? Tempong sendiri berasal dari Bahasa Osing yang berarti ‘tamparan’. Dinamai tempong karena rasa pedasnya memberikan sensasi seperti habis ditampar.

8. Tahu Tek

makanan khas jawa timur

Surabaya memang terkenal sebagai surga kuliner. Satu lagi makanan khas Jawa Timur yang tak kalah terkenal adalah tahu tek. Hidangan ini berisi tahu dan kentang goreng disajikan dengan potongan lontong, tauge, serta acar mentimun yang kemudian disiram kuah petis.

9. Nasi Krawu

makanan khas jawa timur

Rekomendasi kuliner Jawa Timur yang terakhir adalah nasi krawu. Makanan khas Kota Gresik ini berupa nasi yang disajikan dengan sapi dan jeroan bercita rasa gurih. Dilengkapi dengan serundeng kelapa dan sambal terasi. Wah, pasti enak banget, apalagi jika dimakan pas masih hangat!

Nah dari list di atas mana yang sudah pernah Ladies coba? Kalau belum segera agendakan untuk wisata kuliner ke Jawa Timur ya!