5 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba Pelancong Saat Berlibur

0
6

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Bali terkenal sebagai daerah wisata yang terkenal akan keindahan alam dan budayanya. Selain pesona alamnya yang memanjakan mata, makanan khas Bali juga membuat kita bisa merasa ketagihan, loh. 

Makanan khas Bali juga menjadi daya tarik yang tak bisa ditemukan di daerah lainnya. Berdasarkan historinya, makanan khas daerah ini merupakan perpaduan dari berbagai budaya, mulai dari budaya Timur Tengah, India, hingga China.

Lantas apa saja makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Bali? Langsung saja simak artikel ini sampai habis, Ladies!

1. Makanan Khas Bali – Serombotan 

Makanan-Khas-Bali

Serombotan memiliki cita rasa yang unik dan sangat menggoda selera. Makanan ini cocok bagi kamu pecinta sayuran atau vegetarian. Makanan ini terbuat dari buncis, pare, tauge, terong bulat, bayam, kangkung, dan kacang panjang. 

Berbagai macam sayuran tersebut disiram dengan bumbu kalas yang terbuat dari beragam rempah seperti santan, ketumbar, kunyit, lengkuas, kencur, bawang putih dan merah. Tidak hanya itu, ada juga bumbu kacang yang ditambahkan sehingga membuat cita rasa makanan ini semakin lezat.

2. Makanan Khas Bali – Lawar 

Makanan-Khas-Bali

Lawar terdengar seperti kelelawar sehingga banyak orang yang menilai bahwa makanan ini terbuat dari hewan tersebut. Namun, kenyataannya tidak seperti itu, Ladies. Makanan ini berasal dari sayur yang kaya gizi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. 

Lawar terbuat dari beragam sayuran seperti kelapa parut, sayur nangka, dan kacang panjang yang dicampurkan dengan bumbu rempah khas Bali. Makanan ini bahkan memiliki banyak jenis mulai dari lawar kunir berisi daging entok, lawar babi, hingga lawar ayam. 

3. Makanan Khas Bali – Laklak 

Makanan-Khas-Bali

Laklak adalah jajan tradisional Balu yang mirip dengan surabi . Makanan ini diolah menggunakan kendi yang diletakan di atas api membara. Ketika sudah matang, camilan ini memiliki tekstur yang renyah dan lembut. Supaya semakin nikmat dan gurih, tambahkan kuah santan, taburan kelapa parut, serta gula merah.

4. Makanan Khas Bali – Rujak Buleleng 

Makanan-Khas-Bali

Makanan ini terbuat dari berbagai buah-buahan yang dipotong kecil lalu disiram dengan bumbu rujak. Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas dan segar, sehingga cocok dimakan di siang hari.

Bumbu rujak yang digunakan terbuat dari pisang batu, cabai rawit, terasi, garam, cuka, dan gula aren asli buleleng. Pisang batu ditambahkan agar menghasilkan rasa yang tepat dari rujak ini.

5. Makanan Khas Bali – Sate Lilit 

Makanan-Khas-Bali

Sate adalah hidangan populer khas Indonesia yang tersebar di setiap daerah, termasuk Bali. Sate lilit adalah makanan khas Bali yang terbuat dari daging ayam atau ikan.

Daging tersebut digiling lalu dikepal pada sebuah batang serai. Daging yang digunakan juga dicampur dengan kelapa parut agar rasanya semakin gurih dan nikmat. Pokoknya makanan yang satu ini dijamin bikin lidah kamu bergoyang, Ladies.

Demikian lima rekomendasi makanan khas Bali yang kamu coba saat mengunjungi Bali. Selain objek wisatanya yang indah, makanan khas Bali juga membuat kita ketagihan. Dijamin bikin kamu betah di Bali, Ladies!

Baca Juga:

5 Makanan Khas Sumatera Barat yang Wajib Dinikmati Pelancong

14 Menu Makanan Sehat untuk Diet, Enak dan Bernutrisi Tinggi!

5 Makanan Khas Lampung Paling Lezat, Tak Boleh Dilewatkan