Macam-Macam Tanaman Puring Beserta Harganya

0
155

Penulis: Marcia | Editor: Agnes

Apakah Ladies sedang rajin-rajinnya merawat tanaman? Jika iya, tak ada salahnya membeli tanaman puring. Meski tak berbunga, corak dan warna daun tanaman puring memiliki daya tarik tersendiri. 

Tak jarang orang-orang membeli tanaman puring untuk menghias sudut ruangan indoor maupun outdoor. Selain daunnya yang cantik, tanaman bernama latin Codiaeum Variegatum BI ini juga tahan banting, loh!

Tanaman puring memiliki lebih dari 100 varietas yang bisa dijadikan pilihan dengan harga terjangkau. Berikut ini Ladies Corner akan bagikan 8 jenis tanaman puring beserta harganya. Simak, ya!

1. Gold Dust Puring (Mulai dari Rp15 ribu)

Macam-Macam Tanaman Puring

Gold Dust adalah tanaman favorit karena daunnya yang berwarna hijau tua bertabur titik-titik emas berkilau. Meski tumbuh agak lambat, tanaman ini dapat mencapai tinggi maksimal hingga 1 meter.  

Perawatannya sangat mudah dan tidak menghabiskan waktu. Cukup tanam di halaman atau pot dengan rutin penyiraman, Gold Dust akan tumbuh maksimal. 

2. Mammy Puring (Mulai dari Rp20 ribu)

Macam-Macam Tanaman Puring

Mammy memiliki tampilan menarik dengan warna daunnya yang kuning cerah, merah, hijau, ungu, dan coklat. Mudah tumbuh di mana saja, Mammy akan menghasilkan daun yang besar, tebal dan mengkilat. 

Mammy lebih cocok dijadikan tanaman hias di dalam ruangan. Jika ingin di luar ruangan, hindari meletakkannya di bawah sinar matahari langsung, ya!

3. Petra Puring (Mulai dari Rp20 ribu)

Macam-Macam Tanaman Puring

Tanaman dari Asia Tenggara ini memiliki daun yang besar dan lebar berwarna kuning, oranye, hijau dan merah anggur. Petra dapat ditanam di dalam ruangan dengan wadah besar di bawah sinar matahari langsung.  Jika dirawat dengan baik, Petra dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 1,5 meter. 

4. Mother and Daughter Puring (Mulai dari Rp50 ribu)

Macam-Macam Tanaman Puring

Dari semua jenis puring, Mother and Daughter memiliki daun yang paling antik dan eksotis. Bentuk daunnya yang memanjang dan runcing memancarkan keindahannya tersendiri. 

Mother and Daughter tumbuh dengan warna hijau tua atau ungu tua dengan bintik kuning yang mendominasi. Agar tumbuh maksimal, pastikan tanaman ini mendapat lahan atau pot yang luas dan disiram secara rutin.

5. Red Iceton Puring (Mulai dari Rp15 ribu)

Macam-Macam Tanaman Puring

Red Iceton juga mudah tumbuh dengan minim perawatan sehingga cocok untuk menghiasi tanaman depan rumah. Daunnya yang berwarna hijau, emas, oranye dan merah burgundy sangat cantik dengan guratan warna cerah di setiap sisi. Di area outdoor, tanaman ini bisa tumbuh maksimal mencapai 6 meter loh, Ladies!

6. Magnificent Puring (Mulai dari Rp20 ribu)

Macam-Macam Tanaman Puring

Tanaman puring Magnificent memiliki bentuk daun yang mirip dengan Gold Dust. Bentuk daunnya yang besar, lebar dengan nuansa hijau dan ungu ini dapat tumbuh hingga 1,5 meter di area outdoor. 

Jika ingin warnanya tetap mencolok, Ladies dapat meletakkan tanaman ini di tempat teduh. Pastikan tanahnya tidak kering dan disiram setiap hari, ya!

7. Eleanor Roosevelt Puring (Mulai dari Rp20 ribu)

Macam-Macam Tanaman Puring

Beda dengan kebanyakan jenis puring, Eleanor Roosevelt memiliki daun yang panjang meruncing berwarna hijau atau ungu dengan corak kuning cerah. Tingginya bisa mencapai 1 meter jika ditanam di area outdoor. Cantik banget kan!

8. Zanzibar Puring (Mulai dari Rp15 ribu)

Macam-Macam Tanaman Puring

Zanzibar juga memiliki bentuk daun yang memanjang dan runcing seperti Eleanor Roosevelt. Warna daunnya bervariasi, mulai dari hijau, ungu, merah, kuning dan oranye. 

Zanzibar bisa menjadi penghias area indoor, seperti di area samping meja kerja atau di ambang jendela Anda. Namun jika ditanam di area outdoor, tinggi tanaman ini bisa mencapai 1,5 meter. Yang terpenting, pastikan Zanzibar mendapat cahaya matahari yang cukup, baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Well, itulah beragam jenis tanaman puring yang bisa dijadikan referensi. Setelah mendapat puring yang diinginkan, sebaiknya rawat tanaman dengan media tanam sekam, tanah gembur atau cocopeat. Siramlah puring setiap pagi dan sore hari untuk mempertahankan keindahan warnanya. 

So, jangan bingung lagi memilih tanaman hias untuk mempercantik rumah ya, Ladies! Selain murah dan mudah dirawat, tanaman puring cocok banget untuk menambah koleksi tanaman hiasmu.

Baca Juga:

Ini Cara Merawat Tanaman agar Tidak Layu dan Subur

7 Jenis Tanaman Anthurium Paling Populer dan Cantik

Mudah dan Murah! Begini Cara Stek Tanaman Bagi Pemula