Macam-Macam Arti dan Jenis Talak dalam Islam

0
138

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Tidak ada manusia yang menginginkan perpisahan dalam rumah tangga. Dalam Islam, perpisahan ini disebut talak. Talak merupakan suatu proses perceraian untuk melepaskan ikatan perkawinan sah sesuai syariat agama Islam.

Perpisahan ini terjadi karena berbagai sebab jelas yang memberikan mudarat bagi keduanya. Hukum talak adalah makruh (diperbolehkan dengan syarat), tetapi perbuatan ini dibenci oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mengetahui jenis-jenis talak dalam Islam untuk menambah pengetahuan. Selain itu, sebagai upaya kita dan pasangan untuk mencegah terjadinya perpisahan dalam rumah tangga.

Talak Berdasarkan Cara Pengucapannya

Ciri-Ciri Istri Selingkuh

1. Talak dengan Cara Sharih (Tegas dan Langsung)

Ucapan talak yang langsung diucapkan oleh suami akan tetap berlaku, meskipun dalam hati tidak ada niatan untuk menalak istri. Misalnya, “Aku menalakmu, istriku, fulanah” atau “Aku mencerakian kamu!” Oleh karena itu, penting untuk kita agar tidak sembarangan mengucapkan kata talak sekalipun hanya gurauan karena talak yang diucapkan langsung akan tetap berlaku.

2. Talak dengan Cara Kinayah (Sindiran atau Tidak Langsung)

Ucapakan kata talak yang tidak langsung dikatakan oleh suami, biasanya berupa sindiran. Contohnya, “Aku sudah tidak butuh kamu lagi jadi istriku. Kembali saja kamu ke rumah orang tuamu.” Meskipun berbentuk sindiran, talak ini tetap berlaku apabila disertai dengan niat menceraikan istri dalam hati. Jadi, berhati-hatilah untuk para suami.

Talak Berdasarkan Siapa yang Melakukannya

1. Talak yang Dilakukan oleh Suami kepada Istri

Berikut ini adalah jenis-jenis talak yang dilakukan suami kepada istrinya:

  • Talak Raj’i (talak pertama dan talak kedua)

Talak raj’i dijatuhkan oleh suami kepada istrinya selama masa iddah istri. Talak ini diucapkan pertama kali atau kedua kalinya dan suami masih memiliki hak untuk kembali rujuk dengan istrinya selama masa iddah istri.

  • Talak Ba’in

Talak ba’in adalah talak yang dilakukan oleh suami kepada istrinya yang masa iddah istrinya telah berakhir atau atas permintaan istrinya. Talak ba’in terbagi menjadi ba’in sugra dan kubra. 

Untuk pasangan yang telah talak ba’in sugra tetap bisa melakukan rujuk kembali, namun harus melalui akad nikah kembali. Sementara, talak ba’in kubra adalah talak suami kepada istri yang sudah ketiga kalinya, sehingga suami tidak bisa rujuk dengan istri. Namun, rujuk dapat dilakukan jika mantan istrinya pernah menikah lagi dengan laki-laki lain lalu bercerai dengan suami barunya.

  • Talak Sunni (berdasarkan sunah nabi)

Talak sunni adalah talak yang dilakukan oleh suami kepada istrinya saat kondisi istri sedang suci dari haid atau pun belum disetubuhi kembali.

  • Talak Bid’i (talak yang dilarang)

Talak bid’i adalah talak yang dilakukan oleh suami kepada istrinya yang sedang dalam masa haid, nifas, atau dalam keadaan suci, tapi sudah disetubuhi kembali oleh suami.

2. Talak yang Dilakukan oleh Istri Kepada Suami

Inilah jenis-jenis talak yang bisa diajukan istri kepada suami.

  • Talak Khuluk (talak tebus)

Talak khuluk adalah proses perpisahan yang diinginkan oleh istri karena melihat perbuatan suaminya yang tidak diridhai oleh Allah SWT, sementara suami merasa tidak mau menceraikan istrinya. Istri dapat mengajukan talak khuluk dengan memberikan kompensasi ganti rugi kepada suami. Suami tidak dapat meminta rujuk kembali kepada sang istri, kecuali melalui proses akad nikah yang baru setelah masa iddah istri selesai.

  • Talak Fasakh

Talak fasakh adalah proses perpisahan yang diinginkan oleh istri karena kondisi tertentu tanpa adanya kompensasi ganti rugi yang diberikan istri kepada suami. Misalnya suami yang pergi meninggalkan istrinya atau karena adanya penyakit tertentu yang mengganggu hubungan rumah tangga.

Demikian informasi tentang arti dan jenis talak dalam Islam. Semoga Allah SWT memberikan jalan penyelesaian terbaik agar menjauhkan kita dari pahitnya perpisahan ya, Ladies.

Baca Juga:

Inilah Kumpulan Doa untuk Orang Tua Terkasih

6 Cara Ampuh untuk Tambah Subscribers di YouTube

8 Aplikasi Pembuat Stiker WhatsApp Lucu dan Unik