Jangan Sembarangan Pakai, Ini Letak Cincin Tunangan dan Artinya

0
245

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Setiap hubungan, tentunya berharap untuk berakhir bahagia dengan menikah. Berbicara soal nikah, tak lepas dari adat istiadat maupun kebiasaan keluarga. Mulai dari acara pertunangan, pesta pernikahan, hingga masalah cincin.

Ada yang menggunakan cukup 1 cincin untuk digunakan saat pertunangan dan pernikahan. Ada pula yang menggunakan 2 cincin, masing-masing 1 dikenakan saat pertunangan dan satu lagi saat pernikahan. Pertanyaan yang paling sering diajukan adalah di manakah letak cincin tunangan yang benar? Yuk kita kulik berdasarkan beberapa poin penting.

1. Sejarah penggunaan cincin

Sejak zaman dulu, cincin digunakan sebagai simbol cinta sejati. Hal tersebut disebabkan oleh bentuk cincin yang melingkar serta tidak memiliki awal ataupun akhir.

Menurut kepercayaan Romawi Kuno, jari manis kiri perempuan adalah satu-satunya jari yang memiliki pembuluh darah atau nadi yang langsung mengalir ke jantung. Hal ini sesuai dengan istilah dalam bahasa Latin vena amoris yang memiliki arti ‘vena cinta’. Itulah sebabnya saat bertunangan, cincin dipakai di jari manis kiri karena kita menyatakan kesediaan untuk saling mencintai dan bersedia hidup terikat.

Kemudian setelah resmi menikah, cincin tunangan dipindahkan ke jari manis kanan. Ini diartikan sebagai adanya perubahan status yang sah.

2. Kebiasaan menggunakan cincin di beberapa negara

Banyak yang beranggapan mengenakan cincin tunangan di jari manis kiri membantu menumbuhkan ikatan emosional dengan calonnya. Selain itu, bisa juga menunjukkan bahwa orang yang ada di hatimu adalah Si Dia yang memberikan cincin.

Namun, di beberapa negara seperti Kolombia, Rusia, dan Yunani, terbiasa mengenakan cincin tunangan di jari manis kanan. Hal tersebut bukan didasari karena tradisi, melainkan karena kebiasaan umum dan faktor kenyamanan pribadi.

Beberapa orang juga memilih untuk mengenakan cincin tunangan di jari manis kiri, lalu saat menikah mengenakan cincin baru di jari manis kanan sembari memindahkan cincin yang di jari manis kiri. Jadi saat menikah, sang mempelai perempuan mengenakan 2 cincin yang ditumpuk di jari manis kanan.

3. Kesimpulan

Memang tidak ada aturan baku mengenai di mana letak cincin tunangan sebaiknya digunakan. Begitu pun dengan cincin pernikahan. Sebaiknya Ladies konsultasikan dengan kebiasaan keluarga sendiri dan keluarga si calon.

Hal yang tak kalah penting untuk didiskusikan adalah cincin cukup 1 untuk pertunangan dan pernikahan, atau harus 2 agar di setiap acara berbeda. Mengingat harga cincin yang cukup mahal, semuanya patut diperhitungkan dengan baik, ya.

Ladies bisa ikut mengenakan cincin di jari manis, namun tidak menutup kemungkinan jika Ladies bisa mengenakannya di jari yang lain. Semuanya balik ke kenyamanan dan preferensi sendiri. Yang penting kamu dan dia telah sepakat dan berkomitmen untuk saling mencintai satu sama lain hingga akhir hayat, ya!

Baca Juga:

Tips Ciuman Bibir Romantis yang Bikin Mabuk Kepayang 

Bikin Doi Mabuk Kepayang, Coba 5 Trik Ciuman Bibir Romantis

Bikin Sedih, Ini Kisah Cinta Nyata yang Berakhir Memilukan