Ladies Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Lari buat Kesehatan Tubuh

0
9

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Bagi sebagian wanita, olahraga lari membuat tubuh terasa lebih lelah. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari olahraga lari, baik kesehatan fisik maupun mental.

Buat Ladies yang suka malas-malasan berolahraga, sebaiknya membaca informasi berikut ini. Meskipun terasa berat, ternyata olahraga lari punya segudang manfaat luar biasa. Nggak percaya? So, keep reading this article, Ladies!

1. Menaikkan Kesehatan Jantung

Manfaat-Olahraga-Lari

Secara umum, olahraga lari adalah aktivitas kardio yang dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah serta jantung. Jadi, nggak heran kalau olahraga ini sangat direkomendasikan dokter untuk menjaga kesehatan jantung.

Saat berlari, oksigen dan darah akan dipompa ke seluruh tubuh oleh jantung. Peredaran darah yang lancar dapat menurunkan keberadaan kolesterol jahat atau LDL. Untuk merasakan manfaat berlari bagi jantung, kita dapat melakukannya selama 75 hingga 150 menit dalam tiap minggunya, tergantung kondisi fisik, Ladies.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat-Olahraga-Lari

Dilansir dari HelloSehat, orang yang berlari minimal seminggu sekali memiliki potensi risiko terkena kanker lebih rendah daripada orang yang tidak berlari sama sekali. Dalam penelitian dari British Journal of Sports Medicine, orang-orang disarankan setidaknya rutin berlari selama 50 menit per minggu.

Wanita sendiri punya risiko terkena kanker payudara paling tinggi. Oleh karena itu, para peneliti menyarankan agar wanita meluangkan waktu untuk berolahraga lari dengan intensitas sedang. Hal ini karena olahraga lari dapat membantu menekan risiko kanker tersebut.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat-Olahraga-Lari

Ladies, kebanyakan wanita pastinya ingin punya berat badan ideal bukan? Itu sebabnya banyak cara dilakukan wanita demi menurunkan bobot tubuhnya. Nah, ternyata olahraga lari memiliki manfaat menurunkan berat badan loh!

Saat berlari, kalori pada tubuh banyak yang terbakar. Jika rutin dilakukan, bobot tubuh kita dapat turun secara signifikan. Hanya saja, perlu diingat bahwa untuk menurunkan berat badan tentunya butuh asupan makanan yang seimbang juga ya, Ladies.

4. Memperbaiki Mood

Manfaat-Olahraga-Lari

Apakah Ladies sering mengalami perubahan mood yang drastis? Ada saja hal yang mengganggu mood, mulai dari pekerjaan, teman, hingga masalah sepele sehari-hari. Uniknya, olahraga lari dapat membantu kita memperbaiki mood jelek tersebut loh.

Nah, salah satu cara untuk memperbaiki mood adalah dengan berolahraga, misalnya berlari. Aktivitas ini membuat tubuh memproduksi endocannabinoid, hormon yang menghasilkan perasaan senang. Alhasil, suasana hati kita pun dapat ikut membaik setelah melakukan olahraga lari. Bahkan, stres jadi lebih mudah dikelola ketika kita rutin berlari setiap hari, Ladies!

5. Menjadikan Otot dan Tulang Lebih Kuat

Manfaat-Olahraga-Lari

Otot-otot pada kaki akan semakin kuat jika kamu rutin berolahraga lari. Selain itu, berlari membantu melatih postur tubuhmu loh, Ladies. Dengan begitu, risiko terkena osteoporosis pun dapat diminimalisasi. 

Meski begitu, kita mesti tetap berhati-hati saat berolahraga. Tetap ada risiko cedera yang akan muncul, misalnya cedera sendi. Oleh sebab itu, olahraga lari tidak disarankan rutin dilakukan bagi orang-orang yang punya bobot berlebih alias obesitas dan lakukan pemasan terlebih dahulu ya.

Apakah Ladies mulai tertarik rutin olahraga lari setelah mengetahui aneka manfaat di atas? Kita bisa memulai olahraga ini dengan jogging tiap pagi terlebih dahulu. So, keep healthy and happy, Ladies!

Baca Juga:

Olahraga Penurun Berat Badan Agar Tubuh Cepat Langsing  

5 Olahraga Ini Ampuh Mengencangkan Otot Payudara Loh!

5 Olahraga Ini Efektif Meninggikan Badan Loh, Cobain Yuk!